in: News | January 28, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Rayakan Setahun Brand Legion, Lenovo Rilis Laptop Gaming Y520 Anniversary Edition

Tahun 2018 menandakan satu tahun umur brand Legion dari Lenovo dan untuk merayakannya mereka menghadirkan sebuah produk spesial, Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition. Laptop gaming tersebut menggunakan basis produk Lenovo Legion Y520 Laptop yang telah ada selama ini. Oleh karena itu tidak aneh jika penampilan versi “ulang tahun” tersebut sangat mirip dengan versi standar. Lenovo sendiri memiliki alasan mengapa versi Anniversary Edition menggunakan basis Lenovo Legion Y520 Laptop. Dengan menggunakan basis laptop gaming kelas entry level dengan harga ekonomis, tampaknya Lenovo menginginkan versi Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition untuk dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin kalangan pengguna atau gamer.

Pada versi Anniversary Edition, Lenovo menghadirkan dua pilihan warna baru yaitu Black Gold dan Red. Versi dengan warna Red memberikan perubahan penampilan yang signifikan dengan warna merah pada sisi luar bodi dan tombol keyboard. Sementara versi dengan warna Black Gold tetap menggunakan warna hitam seperti versi standar dengan elemen warna emas pada bagian bodi tertentu.

Bertepatan dengan undangan dari Lenovo untuk menghadiri ajang Legion of Champions Series II, kami mendapatkan kesempatan langka untuk melihat dari dekat seperti apakah wujud Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition versi Black Gold. Tampak warna emas menghiasi logo yang menjadi ciri khas Legion dan komponen speaker grill cover. Sayang sekali kami tidak menemukan bagian bodi lain dengan warna logam mulia tersebut.

Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition ditenagai prosesor Core i7 dan graphics card GeForce GTX 1050 Ti 4 GB GDDR5. Varian prosesor yang digunakan tampaknya adalah Core i7 7700HQ yang populer digunakan pada kebanyakan laptop gaming. Sementara untuk dukungan memori/RAM adalah maksimal 16 GB untuk kapasitas dan 2400 MHz untuk kecepatannya. Laptop gaming ini mendukung konfigurasi dual storage SSD M.2+2,5 inci SATA storage.

Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition hadir dengan menggunakan layar IPS ukuran 15,6 inci dengan tingkat resolusi 1920×1080 piksel @60 Hz. Permukaan layar pun dirancang dengan lapisan anti glare sehingga tidak memantulkan bayangan yang membuat penggunaan menjadi lebih nyaman.

Komponen keyboard Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition dirancang khusus dengan travel distance hanya sejauh 1,7 mm sehingga menghasilkan respon penekanan yang cepat.

Keyboard Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition dilengkapi lampu backlit sehingga memudahkan penggunaan saat gelap. Layout tombol tampak tidak biasa dengan tombol panah diletakkan pada sisi sebelah bawah tombol numpad.

Kelengkapan konektor Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition mencakup 1X security lock, 1X DC-IN, 1X RJ45 (Gigabit Ethernet), 1X USB 2.0, dan 1X headphone microphone combo jack pada sisi kiri.

Sementara pada sisi kanan dapat ditemukan 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X memory card reader, 2X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan 1X HDMI.

Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition dilengkapi dua speaker dengan rating 2 Watt RMS yang ditutupi grill cover warna emas. Komponen speaker telah disertifikasi oleh produsen audio ternama Harman dan mendukung teknologi Dolby Audio Premium.

Penampang sisi bawah laptop Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition dengan lubang ventilasi besar membuat udara segar dalam jumlah besar dapat masuk dengan lancar.

Sistem pendingin Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition terdiri dari dua buah heatpipe. Tidak seperti laptop gaming pada umumnya, dua kipas pendingin di laptop gaming ini ditempatkan berdampingan di area agak ke tengah.

Komponen sirip-sirip heatsink dibuat dari bahan tembaga yang terkenal sangat baik dalam menyerap panas. Lubang ventilasi pembuangan diarahkan ke belakang yang mencegah tangan pengguna terkena paparan panas yang membuat tidak nyaman selama sesi penggunaan.

Lenovo Legion Y520 Laptop Anniversary Edition juga dilengkapi utility Nerve Center yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan network sehingga game mendapat bandwidth besar dengan tingkat latency rendah, mengatur kecepatan kipas, mematikan fungsi tertentu pada sistem yang dapat mengganggu permainan, mengaktifkan teknologi audio dari Dolby, dan juga merekam permainan dengan sekali menekan tombol.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES