in: Notebook / Laptop | January 15, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Acer Aspire E5-476G: Laptop Murah Untuk Gaming & Editing

The Notebook

Penampilan Acer Aspire E5-476G tampak sangat identik dengan pendahulunya E5-475G yang menandakan tidak ada perubahan desain bodi meskipun terjadi peningkatan dari segi spesifikasi. Bodi Acer Aspire E5-476G dibuat dari bahan plastik dengan permukaan metal brush finish warna hitam matte di area sekitar keyboard sekaligus motif seperti kain dengan warna abu-abu untuk sisi belakang layar dan sisi bawah laptop. Bekas sentuhan tangan masih dapat dengan mudah tertinggal di area sekitar keyboard.

 

Acer Aspire E5-476G memiliki dimensi bodi 34,3 x 24,8 cm untuk sisi panjang dan lebar dengan ketebalan mencapai 3 cm saat layar ditutup. Untunglah dengan ukuran bodi seperti itu, Acer Aspire E5-476G tidak terlampau berat saat dibawa dengan bobot 2,3 kg (laptop+charger) saja.

Acer Aspire E5-476G menggunakan layar LCD LED ukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel yang menghasilkan tingkat kepadatan piksel 111 PPI. Tipe panel yang digunakan adalah TN (Twisted Nematic) yang memang jamak ditemukan pada laptop dengan harga ekonomis. Meskipun tidak sehebat panel IPS untuk akurasi warna dan viewing angle, kemampuan layar Acer Aspire E5-476G dalam menampilkan warna masih tergolong cukup baik untuk kelas panel TN. Karakteristik viewing angle panel TN yang sempit juga menguntungkan jika membutuhkan privasi lebih.

Cukup disayangkan layar laptop ini menggunakan permukaan glossy yang dapat mengganggu kenyamanan pakai akibat pantulan bayangan lingkungan sekitar. Menaikkan tingkat kecerahan layar hingga maksimal dapat mengurangi gejala tersebut meskipun tidak menghilangkannya sama sekali.

Pada sisi kiri Acer Aspire E5-476G dapat ditemukan konektor DC-IN, 1x D-Sub, 1x RJ45 (Gigabit Ethernet), 1x HDMI, dan 2x Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps). Acer menempatkan lubang ventilasi pembuangan udara panas pada sisi ini yang menandakan sirip-sirip heatsink ditempatkan di area dekat keyboard.

Sementara di sisi kanan dapat ditemukan headphone microphone combo jack, USB 2.0, dan lubang kensington security lock.

Acer Aspire E5-476G masih menyediakan perangkat optical drive tipe DVD Writer untuk mengakomodir pengguna yang masih membutuhkannya.

Pada sisi depan sebelah kiri dapat ditemukan slot memory card reader dan dua lampu indikator,

Acer Aspire E5-476G menggunakan keyboard dengan tombol chiclet. Ukuran setiap tombol tergolong luas (kecuali tombol deretan paling atas sekaligus panah atas dan bawah) sehingga tidak menimbulkan kendala berarti untuk mereka yang memiliki jari besar sekalipun. Terdapat tambahan satu kolom tombol keyboard pada sisi kanan untuk fungsi Home, End, Page Up, Page Down yang dapat digunakan tanpa perlu menggunakan tombol Fn (Function). Satu kolom tambahan tersebut juga membuat tombol panah kanan dan kiri tidak menjadi sekecil tombol panan atas dan bawah.

Keyboard Acer Aspire E5-476G tidak dilengkapi lampu backlit yang dapat membantu mengetik dalam kondisi gelap jika disediakan.

Tombol power on/off ditempatkan membaur dengan tombol keyboard lainnya. Untunglah penekanan tombol secara singkat tidak langsung membuat laptop mengalami proses ShutDown/Sleep/Hibernate.

Penampang sisi bawah Acer Aspire E5-476G dengan sejumlah lubang ventilasi udara masuk yang memperlihatkan komponen sistem pendigin baseplateheatpipe, dan sirip-sirip heatsink dari bahan tembaga. Komponen speaker tampak ditempatkan tepat disebelah kaki penyangga laptop. Terlihat pula jika Acer Aspire E5-476G menggunakan baterai yang ditanam di dalam bodi.

Salah satu daya tarik Acer Aspire E5-476G kemudahan upgrade untuk komponen storage dan memori/RAM. Pengguna cukup melepaskan satu penutup untuk mengakses komponen-komponen tersebut. Menurut pihak Acer, merusak segel garansi yang dipasang di penutup ini tidak membatalkan garansi. Segel itu merupakan jaminan jika komponen di dalam laptop tidak mengalami perubahan hingga sampai ditangan konsumen. Tentu saja komponen bukan bawaan saat membeli/yang ditambahkan sendiri oleh pengguna tidak akan mendapatkan garansi dari Acer.

Acer Aspire E5-476G menyediakan dua slot memori/RAM DDR4 yang mampu menampung kapasitas hingga 32 GB dengan kecepatan maksimal 2400 MHz. Tepat di sebelahnya adalah slot M.2 untuk memasang SSD.

Seperti inilah kondisi Acer Aspire E5-476G saat menggunakan dua keping memori/RAM dan SSD M.2.

Pengujian kami dengan SSD Samsung 960 Pro 2 TB menunjukkan slot M.2 pada Acer Aspire E5-476G mendukung SSD tipe NVME. Akan tetapi tampaknya slot M.2 tersebut memiliki tingkat bandwidth hanya setara PCIe 3.0 x2 dengan melihat hasil benchmark yang hanya separuh dibandingkan saat menggunakan slot M.2 PCIe 3.0 x4.

Acer Aspire E5-476G menyediakan storage bawaan HDD 2,5 inci 1 TB 5400 RPM dari Toshiba. HDD dapat dijadikan primary storage atau secondary storage jika menggunakan SSD M.2. Tentu saja HDD ini dapat diganti dengan SSD 2,5 inci jika diinginkan.

Perangkat catu daya Acer Aspire E5-476G memiliki kemampuan suplai listrik hingga 65 Watt. Untunglah perangkat charger ini hanya memiliki bobot hanya sekitar 323 gram saja sehingga tidak membebani saat dibawa bersama laptop.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES