in: Notebook / Laptop | January 22, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: HP Omen 15-ce085TX

The Notebook

Desain bodi HP Omen 15-ce085TX tampak sangat identik dengan laptop gaming HP Omen 15-ce087TX yang kami ulas beberapa waktu lalu. Tampaknya HP hanya melakukan perubahan pada komponen internal untuk menyesuaikan dengan spesifikasi yang ditargetkan. Tentu hal tersebut membuat penampilan HP Omen 15-ce085TX tetap se-“gahar” varian lain dengan harga lebih tinggi.

HP Omen 15-ce087TX Omen Logo 01

Desain permukaan sisi belakang layar dengan motif carbon fibre dan metal brush finish yang dikombinasikan dengan logo Omen dan tanda X merah tetap dipertahankan pada HP Omen 15-ce085TX.

HP Omen 15-ce085TX memiliki ukuran bodi sebesar 38,85 x 27,55 cm untuk sisi panjang dan lebar. Sedikit lebih besar dibandingkan laptop gaming dengan layar 15,6 inci lain yang pernah kami jumpai.

Saat layar ditutup, tebal bodi HP Omen 15-ce085TX mencapai 2,48 cm. Meskipun cukup tebal, ukuran bodi seperti itu membuat HP dapat memasukkan sistem pendingin ukuran besar dengan kemampuan lebih baik dalam menangani komponen dengan tingkat TDP tinggi. Untunglah dengan ukuran bodi seperti itu HP Omen 15-ce085TX masih memiliki bobot yang tergolong wajar dikisaran 2,5-2,6 kg. Tidak terlampau berat meskipun bukan menjadi yang paling ringan untuk laptop gaming 15,6 inci.

HP Omen 15-ce085TX dilengkapi layar LCD LED ukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD/1920 x 1080 piksel yang menghasilkan kepadatan piksel mencapai 141 PPI. Seperti varian laptop gaming Omen by HP dengan harga lebih tinggi, layar HP Omen 15-ce085TX menggunakan panel IPS yang telah dikenal mampu menampilkan warna lebih kaya dan akurat serta memiliki viewing angle sangat luas hingga 178 °. HP juga merancang permukaan layar dengan lapisan tidak mengilap sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

Pada sisi kiri HP Omen 15-ce085TX dapat ditemukan konektor 1X microphone-in jack, 1X headphone microphone combo jack, 1x Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X RJ45 (Gigabit Ethernet), 1X HDMI, 1X mini Display Port, dan lubang security slot. Kedua konektor USB pada sisi ini mendukung teknologi HP Sleep and Charge.

Sementara di sisi kanan dapat ditemukan konektor DC-IN dengan lampu indikator kondisi power adapter sekaligus baterai di sebelahnya. Terdapat pula 2X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), memory card reader, dan lampu indikator aktivitas storage.

Komponen keyboard HP Omen 15-ce085TX tampak identik dengan varian laptop gaming Omen by HP lain dengan ukuran layar 15,6 inci. Huruf/simbol dan sisi pinggir tombol diberi warna merah kecuali untuk tombol ASDW. Warna berbeda untuk tombol ASDW membuatnya mudah dibedakan dengan tombol lain. Setiap tombol keyboard dirancang dengan ukuran besar sekaligus memiliki jarak berjauhan antar tombol. Bahkan HP menempatkan kumpulan tombol panah dan numpad menjauh dari keyboard utama sehingga mengurangi resiko kesalahan penekanan tombol akibat jarak yang terlalu berdekatan.

Keyboard HP Omen 15-ce085TX terasa nyaman saat digunakan baik saat memainkan game ataupun mengetik. Tombol terasa kokoh saat ditekan dengan sensasi feedback yang tegas dan cepat. HP telah mengimplementasikan teknologi 26-key rollover dan anti-ghosting membuat gamer dapat memasukkan input secara sempurna dengan menggunakan 26 tombol keyboard secara bersamaan.

Sisi pinggir area sentuh touchpad tampak dihiasi motif diamond cutting. Komponen touchpad dilengkapi tombol terpisah untuk melakukan klik kiri dan kanan. Tersedianya tombol konvensional klik kiri dan kanan membuat pengguna lebih mudah saat menggunakan fungsi tombol tersebut, seperti menggunakan mouse.

Keyboard HP Omen 15-ce085TX dilengkapi lampu backlit yang memudahkan pengguna mengenali tombol dalam kondisi gelap. Terdapat dua jenis warna cahaya lampu backlit yaitu putih untuk tombol ASDW dan merah tombol lainnya. Lampu backlit pun dapat diatur untuk menyala di seluruh tombol atau di tombol ASDW saja dengan menggunakan sebuah tombol Fn+F4. Cukup disayangkan warna dan efek lampu backlit tidak dapat dikostumisasi yang mungkin akan menjadi nilai minus untuk kalangan pengguna tertentu.

Tombol power on/off.

Meskipun jarang sekali dipamerkan terlebih saat digunakan, desainer HP Omen 15-ce085TX tampak serius dalam menggarap penampilan sisi bawah laptop. Terlihat unik tetapi tetap memancarkan kesan “gahar”. Tampak dua lubang ventilasi udara masuk dengan desain trapesium mengapit logo Omen pada sisi tengah.

Desain baru bodi laptop gaming Omen by HP memudahkan akses menyeluruh ke komponen internal HP Omen 15-ce085TX. Laptop gaming ini tampak menggunakan sistem pendingin dengan dua area pelepasan panas terpisah untuk komponen prosesor dan graphics card. Dua area pelepasan panas terpisah membuat beban kerja setiap sirip-sirip heatsink lebih ringan sehingga performa pendinginan menjadi lebih optimal. Terlihat pula HP menempatkan komponen baterai menjauh dari area prosesor dan graphics card yang menghasilkan panas tinggi. Hal tersebut membuat efek buruk akibat panas tinggi pada baterai dapat dikurangi.

Sisi dalam penutup sisi bawah HP Omen 15-ce085TX tampak dilapisi lempengan logam dengan bahan plastik untuk sisi luar.

Berbeda dengan HP Omen 15-ce087TX yang dilengkapi tiga heatpipe, sistem pendingin HP Omen 15-ce085TX hanya memiliki dua heatpipe. Penggunaan graphics card dengan TDP lebih rendah tampaknya membuat HP melakukan pengurangan tanpa berimbas buruk pada performa pendinginan.

Tampak satu heatpipe memiliki diameter lebih besar membuatnya mampu menerima kalor lebih banyak. Dua heatpipe dirancang untuk menerima panas sekaligus dari baseplate prosesor dan graphics card. Desain seperti ini memang memiliki resiko dimana komponen dengan temperatur kerja lebih tinggi akan memanaskan komponen dengan temperatur kerja lebih rendah. Walaupun begitu desain seperti ini membuat setiap area pelepasan panas memiliki beban kerja yang sama sehingga performa pendinginan lebih optimal. Sistem pendingin HP Omen 15-ce085TX tampak tidak hanya digunakan untuk mendinginkan die prosesor dan graphics card tetapi juga komponen VRM sekaligus chip memori/VRAM GTX 1050.

Panas yang diterima heatpipe memgalir menuju area pelepasan panas pada sisi belakang kanan dan kiri laptop. Dua kipas blower akan membantu panas dapat dilepaskan dan dibuang dengan cepat ke udara bebas dari sirip-sirip heatsink. Desain lubang pembuangan panas ke arah belakang membuat tangan pengguna aman dari resiko paparan udara panas, terlebih saat memainkan game.

HP Omen 15-ce085TX dilengkapi dua slot SO-DIMM tipe DDR4 dengan dukungan kapasitas satu keping memori/RAM hingga 16 GB dan kecepatan 2400 MHz. Varian ini hanya dilengkapi satu keping memory/RAM DDR4 @8 GB 2400 MHz. Tentu Anda dapat keping kedua di slot yang belum diisi.

HP Omen 15-ce085TX mendukung penggunaan storage SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 dan/atau HDD/SSD 2,5 inci SATA III 6 Gbps. Varian ini dilengkapi storage utama HDD 2,5 inci 1 TB 7200 RPM dari Hitachi tanpa SSD di slot M.2. Tampak slot M.2 langsung dilengkapi dengan thermal pad yang membantu proses pendinginan SSD sehingga performa selalu optimal.

HP Omen 15-ce085TX menghadirkan solusi audio dari produsen ternama Bang & Olufsen dengan dua komponen speaker pada sisi samping depan laptop.

Komponen chipset/PCH Intel HM175 dan wireless card Realtek RTL8822BE yang menyediakan konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.2.

Kapasitas baterai HP Omen 15-ce085TX tergolong besar dengan rating 70,07 Wh.

Perangkat catu daya HP Omen 15-ce085TX tampak memiliki desain elegan dan ramping dengan permukaan glossy di sisi luar. Komponen ini dapat menyuplai daya listrik hingga 150 Watt.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES