in: Storage Devices | January 5, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD Hikvision E100I 256 GB

Nama Hikvision mungkin masih terdengar cukup asing di ranah pasar storage, khususnya SSD (Solid State Drive). Namun, produsen asal China ini sudah memiliki nama yang cukup besar di industri surveillance dengan menawarkan beragam produk solusi kamera CCTV. Akan tetapi, Hikvision tampaknya ingin mencoba terjun ke industri storage dengan meluncurkan SSD untuk kalangan consumer dengan nama seri Hikvision E100I. Ingin tahu seperti apa wujud serta performa yang ditawarkan SSD Hikvision ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Sebelum kita memasuki segmen soal performa dari SSD ini, terlebih dulu kami sajikan mengenai paket penjualan yang ditawarkan pada SSD Hikvision S100I 256 GB yang mampir ke meja pengujian kami ini.

Kemasan tampilan depan
Kemasan tampilan belakang

 

Kemasan pada SSD ini tampil cukup sederhana dan layaknya kemasan SSD standar entry-level pada umumnya dengan beragam informasi seputar terkait SSD. Hikvision mengemas SSD consumernya ini dengan kemasan cukup apik dengan menyertakan informasi seputar kapasitas SSD dan juga interface SSD yang digunakan, yaitu SATA III 6Gbps.

SSD Hikvision E100I tampak depan
SSD Hikvision E100I tampak belakang
Paket penjualan yang tersedia

 

Pada paket penjualan yang tersaji, kami hanya mendapatkan sebuah unit SSD Hikvision E100I 2.5” ini. Sang produsen tidak menyertakan buku panduan penggunaan, informasi garansi dan juga adapter 2.5mm yang mungkin di antaranya pengguna cukup berguna bila digunakan pada PC yang hanya memiliki drive bay 9.5mm.

SSD Hikvision E100I 256 GB

Dibalut dengan material alumunium dengan warna hitam yang lebih dominan, Hikvision menawarkan SSD 2.5” untuk kalangan consumer pertamanya ini ke pasaran. SSD Hikvision E100I ini memanfaatkan interface SATA III 6Gbps sebagai konektornya. Performa yang dijanjikan SSD Hikvision E100I ini diklaim mampu menawarakan kecepatan Read/Write cukup tinggi, 560 MB/s dan 510 MB/s. Kecepatan Read/Write pada Random 4K mencapai 70.000/32.000 IOPS serta diklaim memiliki durabilitas TBW (Terabyte Written) mencapai 88 TB. Dilihat dari performa yang ditawarkan SSD Hikvision ini tidak lepas dari spesifikasi yang dimilikinya, yaitu 3D NAND flash tipe TLC (Tri-Level-Cell) yang dipadankan dengan kontroler besutan Maxiotek, yakni MK8115.

SSD yang memiliki MTBF 1 juta jam ini dilengkapi dengan beberapa fitur esensial seperti SSD yang ada di pasaran saat ini seperti sistem enkripsi hardware AES 256-bit, SMART, TRIM dan DevSleep. Soal kapasitas yang ditawarkan saat ini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas mulai dari 128 GB, 256 GB dan 512 GB. Tentunya, sang produsen juga melengkapi SSD yang ditujukan untuk kalangan entry-level ini dengan garansi selama 3 tahun. Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami lakukan pada SSD entry-level milik Hikvision yang satu ini? Sebelum menuju ke halaman berikutnya, simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan di bawah ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Motherboard Z270
  • RAM DDR4 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU 550 watt
  • Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES