in: News | January 8, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Sekilas Teknologi di Balik Intel Core Gen 8 dengan Radeon RX Vega M

Prosesor yang baru dirilis oleh Intel, Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M, bisa dikatakan prosesor yang menarik. Selain karena prosesor ini lahir dari kolaborasi Intel dengan Radeon Technologies Group, prosesor ini juga menawarkan beberapa teknologi yang terbilang menarik. Penasaran dengan teknologi tersebut? Kami akan membahasnya secara singkat di artikel kali ini.

Andalkan Teknologi EMIB

Sebelum membahas empat varian Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M ini, kami akan sedikit membahas teknologi yang diusung prosesor ini terlebih dahulu. Intel menjelaskan bahwa salah satu teknologi baru yang digunakan di prosesor ini adalah EMIB (Embedded Multi-Die Interconnect Bridge). Teknologi ini memungkinkan komunikasi high speed antar chip dengan biaya yang masuk akal, sehingga bisa diterapkan untuk prosesor untuk produk konsumen akhir.

Di prosesor Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M ini, Intel dan Radeon Technologies Group menggunakan EMIB untuk koneksi antara chip GPU dengan HBM2. Hal ini disebut memungkinkan ketebalan prosesor secara keseluruhan masih terbilang tipis, memungkinkan untuk penggunaan di laptop thin & light. Sementara untuk koneksi dari chip CPU Core 8th Gen. ke GPU, Intel menggunakan PCIe 3.0 x8.

Dua Pengolah Grafis: IGP dan GPU Radeon RX Vega M

Satu hal yang menarik, Intel tidak hanya menyertakan GPU Radeon RX Vega M di prosesor Core 8th Gen untuk perangkat mobile baru ini. Mereka masih menyertakan IGP HD Graphics 630, yang merupakan IGP di Core i 8th Gen. yang lain, di prosesor ini. Jadi, Intel menyertakan dua graphics subsystem di dalam prosesor ini, yang keduanya bisa dimanfaatkan secara penuh, termasuk dukungan Intel Quick Sync Video di HD Graphics 630 yang juga masih bisa digunakan.

Dua Varian Radeon RX Vega M

Intel dan Radeon Technologies Group menyediakan dua varian Radeon RX Vega M untuk Core 8th Gen. baru ini. Kedua varian itu adalah Radeon RX Vega M GL Grahics dan Radeon RX Vega M GH Graphics. Kedua GPU tersebut dibedakan oleh jumlah Compute Unit yang diusung, di mana Radeon RX Vega M GL Graphics hadir dengan 20 CU dengan 1280 Shader Processor, sementara Radeon RX Vega M GH Graphics memiliki 24 CU dengan 1536 Shader Processor. Radeon RX Vega M GL Graphics dikonfigurasi memiliki base clock 931 MHz dengan boost clock 1011 MHz, sementara Radeon RX Vega M GH Graphics dibekali dengan base clock 1063 MHz dengan boost clock 1190 MHz.

Kedua GPU tersebut hadir dengan HBM2 dengan kapasitas 4 GB. HBM2 di Radeon RX Vega M GL menawarkan bandwidth 179.2 GB/s, sementara di Radeon RX Vega M GH mencapai 204.8 GB/s. Intel menyebutkan bahwa penggunaan HBM2 di prosesor ini, untuk Radeon RX Vega M, adalah yang pertama di produk yang ditujukan untuk perangkat mobile.

Gunakan Intel Dynamic Tuning

Mengakomodasi kebutuhan daya dari prosesor Core 8th Gen dengan Radeon RX Vega M ini, dengan package TDP 65 Watt untuk prosesor dengan Radeon RX Vega M GL atau 100 Watt untuk prosesor dengan Radeon RX Vega M GL, Intel memperkenalkan apa yang disebut sebagai Intel Dynamic Tuning. Teknologi ini memungkinkan power sharing yang lebih efisien, sesuai dengan beban kerja, antara CPU dan GPU dari prosesor ini. Intel menyebutkan bahwa teknologi inilah yang memungkinkan penggunaan prosesor ini di perangkat thin & light.

Intel Dynamic Tuning ini akan terus mengambil informasi dari sistem terkait kondisi yang ada, baik untuk suhu maupun tingkat penggunaan, dan melakukan penyesuaian daya sesuai informasi tersebut. Menurut Intel, teknologi ini bisa menawarkan efisiensi 18% lebih tinggi dari prosesor serupa tanpa Intel Dynamic Tuning. Pemanfaatan Intel Dynamic Tuning ini diharapkan bisa menjadi dasar lahirnya produk-produk dengan desain inovatif yang menggunakan prosesor baru ini.

“Masih” Usung Arsitektur Kaby Lake

Satu hal yang perlu diperhatikan dari Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M ini, Intel masih menggunakan arsitektur Kaby Lake untuk prosesor ini, dengan sebutan “Kaby Lake G”. Empat prosesor yang disiapkan Intel untuk lini ini masing-masing hadir dengan konfigurasi prosesor quad-core dengan Hyper Threading, sehingga menawarkan delapan thread. Informasi spesifikasi awal dari keempat prosesor tersebut akan kami bahas di artikel terpisah.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES