Sekilas Teknologi di Balik Intel Core Gen 8 dengan Radeon RX Vega M

Reading time:
January 8, 2018

Prosesor yang baru dirilis oleh Intel, Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M, bisa dikatakan prosesor yang menarik. Selain karena prosesor ini lahir dari kolaborasi Intel dengan Radeon Technologies Group, prosesor ini juga menawarkan beberapa teknologi yang terbilang menarik. Penasaran dengan teknologi tersebut? Kami akan membahasnya secara singkat di artikel kali ini.

Core 8th Gen with Radeon RX Vega M 1

Andalkan Teknologi EMIB

Sebelum membahas empat varian Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M ini, kami akan sedikit membahas teknologi yang diusung prosesor ini terlebih dahulu. Intel menjelaskan bahwa salah satu teknologi baru yang digunakan di prosesor ini adalah EMIB (Embedded Multi-Die Interconnect Bridge). Teknologi ini memungkinkan komunikasi high speed antar chip dengan biaya yang masuk akal, sehingga bisa diterapkan untuk prosesor untuk produk konsumen akhir.

EMIB

Di prosesor Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M ini, Intel dan Radeon Technologies Group menggunakan EMIB untuk koneksi antara chip GPU dengan HBM2. Hal ini disebut memungkinkan ketebalan prosesor secara keseluruhan masih terbilang tipis, memungkinkan untuk penggunaan di laptop thin & light. Sementara untuk koneksi dari chip CPU Core 8th Gen. ke GPU, Intel menggunakan PCIe 3.0 x8.

Dua Pengolah Grafis: IGP dan GPU Radeon RX Vega M

Satu hal yang menarik, Intel tidak hanya menyertakan GPU Radeon RX Vega M di prosesor Core 8th Gen untuk perangkat mobile baru ini. Mereka masih menyertakan IGP HD Graphics 630, yang merupakan IGP di Core i 8th Gen. yang lain, di prosesor ini. Jadi, Intel menyertakan dua graphics subsystem di dalam prosesor ini, yang keduanya bisa dimanfaatkan secara penuh, termasuk dukungan Intel Quick Sync Video di HD Graphics 630 yang juga masih bisa digunakan.

Dua Varian Radeon RX Vega M

Intel dan Radeon Technologies Group menyediakan dua varian Radeon RX Vega M untuk Core 8th Gen. baru ini. Kedua varian itu adalah Radeon RX Vega M GL Grahics dan Radeon RX Vega M GH Graphics. Kedua GPU tersebut dibedakan oleh jumlah Compute Unit yang diusung, di mana Radeon RX Vega M GL Graphics hadir dengan 20 CU dengan 1280 Shader Processor, sementara Radeon RX Vega M GH Graphics memiliki 24 CU dengan 1536 Shader Processor. Radeon RX Vega M GL Graphics dikonfigurasi memiliki base clock 931 MHz dengan boost clock 1011 MHz, sementara Radeon RX Vega M GH Graphics dibekali dengan base clock 1063 MHz dengan boost clock 1190 MHz.

Radeon RX Vega M in Core 8th Gen

Kedua GPU tersebut hadir dengan HBM2 dengan kapasitas 4 GB. HBM2 di Radeon RX Vega M GL menawarkan bandwidth 179.2 GB/s, sementara di Radeon RX Vega M GH mencapai 204.8 GB/s. Intel menyebutkan bahwa penggunaan HBM2 di prosesor ini, untuk Radeon RX Vega M, adalah yang pertama di produk yang ditujukan untuk perangkat mobile.

Radeon RX Vega M

Gunakan Intel Dynamic Tuning

Mengakomodasi kebutuhan daya dari prosesor Core 8th Gen dengan Radeon RX Vega M ini, dengan package TDP 65 Watt untuk prosesor dengan Radeon RX Vega M GL atau 100 Watt untuk prosesor dengan Radeon RX Vega M GL, Intel memperkenalkan apa yang disebut sebagai Intel Dynamic Tuning. Teknologi ini memungkinkan power sharing yang lebih efisien, sesuai dengan beban kerja, antara CPU dan GPU dari prosesor ini. Intel menyebutkan bahwa teknologi inilah yang memungkinkan penggunaan prosesor ini di perangkat thin & light.

Intel Dynamic Tuning

Intel Dynamic Tuning ini akan terus mengambil informasi dari sistem terkait kondisi yang ada, baik untuk suhu maupun tingkat penggunaan, dan melakukan penyesuaian daya sesuai informasi tersebut. Menurut Intel, teknologi ini bisa menawarkan efisiensi 18% lebih tinggi dari prosesor serupa tanpa Intel Dynamic Tuning. Pemanfaatan Intel Dynamic Tuning ini diharapkan bisa menjadi dasar lahirnya produk-produk dengan desain inovatif yang menggunakan prosesor baru ini.

“Masih” Usung Arsitektur Kaby Lake

Core 8th Gen with Radeon RX Vega M

Satu hal yang perlu diperhatikan dari Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M ini, Intel masih menggunakan arsitektur Kaby Lake untuk prosesor ini, dengan sebutan “Kaby Lake G”. Empat prosesor yang disiapkan Intel untuk lini ini masing-masing hadir dengan konfigurasi prosesor quad-core dengan Hyper Threading, sehingga menawarkan delapan thread. Informasi spesifikasi awal dari keempat prosesor tersebut akan kami bahas di artikel terpisah.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…