in: News | January 8, 2018 | by: Dedy Irvan

Solusi AMD untuk Laptop Kencang, Tipis, dan Murah: Ryzen 3 Mobile

Dalam event AMD Tech-day 2018 di Las Vegas, AMD mengumumkan keberadaan APU kelas terjangkau yang menggunakan basis Ryzen dan GPU Vega. Ya, Setelah Ryzen versi mobile seri 7 dan 5, kini AMD menghadirkan Ryzen Mobile seri 3. Seperti diketahui, laptop dengan Ryzen 5 dan 7 sudah diumumkan. Akan tetapi, kisaran harganya memang masih agak tinggi. Ini dikarenakan seri laptop yang menggunakan APU Ryzen pertama tersebut memang masuk ke kelas menengah ke atas. Jadi, kehadiran Ryzen 3 ini seharusnya akan memicu hadirnya laptop berbasis APU Ryzen dengan harga terjangkau.

Ryzen 3 2300U: Performa Quad-core yang terjangkau

Meski memiliki penamaan dengan angka 3, bukan berarti AMD akan membiarkan performa Ryzen mobile seri terjangkau ini menjadi tertinggal jauh. Ryzen 3 2300 tetap memiliki 4 core. Akan tetapi, jumlah thread-nya pun 4. Ini mirip seperti yang dimiliki oleh prosesor Intel Core i5 seri HQ. Kecepatannya akan bisa mencapai 3.4 GHz dengan base clock di 2 GHz. Sementara itu, untuk GPU, AMD tetap menyematkan Vega, dengan 6 CU.

R3 2300U menyematkan cache memory sebesar 6MB. GPU-nya bekerja di kecepatan 1.1 GHz. Melihat ini, kemungkinan besar, masih akan banyak game yang bisa dimainkan, meski dalam resolusi HD. Meski demikian, cTDP APU ini tetap dirancang di kisaran 15W.

Ryzen 3 2200U: Tetap bertenaga dengan 4 Thread

Untuk mencapai harga yang lebih rendah lagi, AMD menyediakan Ryzen 3 2200U. Konfigurasi core yang dimilikinya memang hanya 2 core. Akan tetapi, jumlah thread yang tersedia adalah 4 thread. Jadi, multitasking tetap akan terjaga performanya. Uniknya, meski memiliki kecepatan maksimum yang sama dengan Ryzen 2300U, versi 2200U ini memiliki base clock yang lebih tinggi, 2.5 GHz. Mungkin ini dirancang agar kenyamanan penggunaan kesehariannya bisa mendekati “kakaknya”.

Sayangnya, kali ini jumlah CU yang tersedia dalam GPU Vega Ryzen 3 2200U hanya 3 CU. Sementara itu, kecepatannya GPU-nya menc Mungkin seri ini memang tidak ditargetkan untuk gaming. Akan tetapi, konten 4K seharusnya dapat dengan mudah “dilahapnya”.

Saat tulisan ini dibuat, AMD belum mengungkap siapa saja produsen yang akan memproduksi laptop dengan Ryzen 3. Akan tetapi, AMD menyatakan bahwa laptop berbasis Ryzen 3 ini seharusnya akan bisa hadir di kuartal kedua 2018. Jadi bersiaplah, laptop dengan APU AMD berbasis Ryzen akan segera hadir dengan harga terjangkau di tahun 2018 ini.

Tags: