in: News | January 29, 2018 | by: Yufianto Gunawan

TSMC Bangun Fasilitas Produksi Chip 5 nm!

Salah satu perusahaan manufaktur chip ternama dunia, TSMC, baru saja memulai pembangunan faslilitas produksi chip terbaru mereka. Fasilitas produksi ini dibangun di Southern Taiwan Science Park di dekat Tainan, salah satu kota besar di Taiwan. Menariknya, fasilitas produksi ini akan dioptimasi untuk produksi chip dengan litografi 5 mm!

Fasilitas Produksi 5 nm Pertama di Taiwan

Nantinya, fasilitas produksi baru TSMC, yang disebut sebagai Fab 18 ini akan menjadi fasilitas produksi chip 5 nm pertama di Taiwan. Pembangunan Fab 18 ini sendiri akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dari Fab 18 ini mulai dibangun di awal Januari 2018 ini, dengan target produksi awal di paruh awal tahun 2020. Sementara pembangunan tahap kedua akan mulai dilakukan akhir tahun 2018 ini, dan tahap ketiga di paruh kedua tahun 2019. Fab 18 akan beroperasi penuh di tahun 2021.

TSMC menargetkan Fab 18 ini bisa memproduksi sekitar 1 juta wafer 12 mm per tahun dengan litografi 5 nm saat beroperasi penuh nanti. Mereka juga menyebutkan fasilitas produksi ini akan membuka hingga 4000 lapangan pekerjaan baru, dan membuat total karyawan mereka di area Southern Taiwan Science Park menjadi sekitar 14 ribu. Fab 18 ini disebut memiliki ukuran tanah sekitar 25x luas lapangan sepak bola.

Juga Mulai Siapkan Produksi 3 nm

Di area yang sama, Southern Taiwan Science Park, TSMC juga berencana membangun fasilitas produksi lain lagi untuk litografi yang lebih modern, 3 nm. Saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut dari TSMC terkait fasilitas produksi tersebut. Namun, menurut rencana awal, mereka sudah mulai melakukan penelitian dan pengembangan untuk produksi chip 3 nm sejak tahun 2016 lalu, dan hasilnya diharapkan segera terlihat.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES