in: Power Supply | January 12, 2018 | by: Tim Jagat Review

Unboxing: Corsair AX1600i Power Supply

Berbicara mengenai Power Supply Unit (PSU), Corsair merupakan salah satu vendor ternama yang dikenal cukup handal dalam menangani berbagai unit PSU high-performance. Salah satu Power Supply mereka yang tertinggi beberapa tahun lalu yakni Corsair AX1500i bahkan dipercaya menjadi unit testbed bagi rekan-rekan kami yang gemar melakukan overclocking ekstrim di JagatOC.

Pada awal tahun 2018 ini, Corsair merilis unit flagship yang akan menjadi PSU terbaik dari Corsair, yakni Corsair AX1600i dengan kapasitas 1600W bersertifikasi 80Plus Titanium. Berikut ini sebuah sesi unboxing singkat dari kami untuk melihat PSU ‘monster’ ini lebih dekat :

Kemasan & Kelengkapan

Magnetic side label(kanan)

 

Kemasan AX1600i tentunya hadir dengan sejumlah kelengkapan ekstra layaknya produk premium. Selain kabel modular dan beberapa user manual, ada part menarik dimana si pengguna diberi kebebasan untuk memasang magnetic side label berwarna merah, biru, atau putih.

 

PSU Unit

Salah satu hal unik dari tampilan unit AX1600i adalah bagaimana ia berukuran lebih kecil dari pendahulunya, AX1500i.

 

Cables

Setiap modular cable yang datang bagi AX1600i datang dengan kompartemen-nya masing-masing, membuat kemasannya terlihat rapi.

Berikut daftar kabel/konektor yang disertakan:

  • ATX 24-pin (20+4) : 1 pc
  • EPS/ CPU 8-Pin 12V (4+4) : 2 pcs
  • PCI-E Cable 8-pin (6+2), 1 konektor per kabel : 6 pcs
  • PCI-E Cable, 8-pin (6+2), 2 konektor per kabel: 2 pcs
  • SATA Cable, 2 konektor per kabel: 2 pcs
  • SATA Cable, 4 konektor per kabel: 3 pcs
  • Peripheral/4-pin Molex, 3 konektor per kabel: 3 pcs
  • 4-pin Molex to floppy converter: 1 pc
  • USB Cable untuk Corsair Link: 1pc

 

 

Monitoring Tool

Corsair Link *klik untuk memperbesar* Sumber: Corsair Youtube Channel

Sebagai salah satu nilai tambah yang menarik bagi pengguna, AX1600i akan kompatibel dengan software Corsair Link, yang akan mengijinkan penggunanya untuk memonitor efisiensi, regulasi voltage, hingga melakukan logging bagi berbagai data yang ada, dan meng-export-nya langsung ke format xls/ Excel.

 

Dirilisnya unit AX1600i nampak menunjukkan bahwa Corsair serius menggarap pasar PSU untuk kebutuhan PC kelas Enthusiast. Saat AX1500i rilis, tidak banyak yang mengira bahwa akan ada unit yang bisa memberikan peningkatan lebih tinggi lagi daripadanya. AX1600i diciptakan untuk mengungguli AX1500i dari berbagai sisi, mulai dari efisiensi dan regulasi voltage lebih baik, serta noise output yang lebih rendah. Tidak lupa juga, Corsair berusaha memberikan peningkatan kapasitas pada AX1600i, sembari mengecilkan ukuran PSU unit tersebut (yang bisa terjadi berkat penggunaan GaN /Gallium Nitride FET di beberapa sirkuitnya).

 

 

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES