in: News | January 2, 2018 | by: Yufianto Gunawan

VIA Kembali ke Dunia Prosesor x86?

Bila Anda sudah mengikuti perkembangan komputer dari tahun 1990-an, atau setidaknya awal 2000-an, Anda mungkin tidak asing lagi dengan VIA Technologies. Perusahaan ini sempat memproduksi chipset untuk sistem dengan prosesor Intel dan AMD. Selain itu, mereka juga sempat memiliki lini prosesor x86, seperti Eden, C3, dan C7. Walaupun masih memproduksi prosesor x86 hingga sekitar tahun 2011, VIA sempat tidak terlalu terdengar namanya, hingga beberapa saat lalu, di mana mereka dikabarkan akan kembali memanaskan lagi dunia prosesor x86!

Kerja Sama dengan Shanghai Zhaoxin Semiconductor

VIA Technologies disebut mendapatkan dana pengembangan dari Shanghai Zhaoxin Semiconductor untuk lini prosesor x86 baru. Berdasarkan kabar yang beredar, kedua perusahaan itu mengembangkan prosesor yang disebut sebagai ZX Series, yang tahap awalnya sudah dirilis di akhir tahun 2017 kemarin. Mereka juga masih menggarap prosesor ZX Series ini, dengan fabrikasi 16 nm, untuk rilis di tahun 2018 ini, yang akan coba digunakan untuk menantang prosesor entry-level hingga menengah dari Intel dan AMD.

Prosesor ZX Series ini dipasarkan dengan nama KX-5000 untuk varian yang diluncurkan akhir tahun 2017 lalu, serta KX-6000 dan KX-7000 untuk varian yang akan datang. Berdasarkan informasi spesifikasi yang ada di Internet, KX-6000 akan hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 core dengan clock speed hingga 3.0 GHz, dukungan DDR4 serta PCIe 3.0. Sementara KX-7000 akan mengusung dukungan DDR5 dan PCIe 4.0, yang akan disandingkan dengan prosesor dengan desain baru. Semua prosesor ini akan hadir dalam bentuk System on a Chip, dengan chipset terintegrasi.

Incar Pasar Kelas Entry-Level?

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, bisa jadi VIA Technologies akan memposisikan prosesor mereka ini sebagai alternatif dari produk Intel dan AMD di kelas entry-level. Hanya saja, belum diketahui apakah VIA dan partner mereka dari China tersebut benar-benar akan memasarkan prosesor mereka secara global, atau hanya terbatas di negara-negara tertentu saja. Bila mereka benar-benar memasarkan prosesor itu secara global, hal itu tentu saja akan jadi hal yang menarik di pasar prosesor dunia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES