in: News | February 22, 2018 | by: Yufianto Gunawan

AMD Perkenalkan Ryzen V1000 dan EPYC 3000

AMD tampaknya ingin arsitektur prosesor terbaru mereka, Zen, bisa digunakan di lebih banyak perangkat lagi. Sebelumnya, arsitektur Zen sudah hadir dalam bentuk CPU dan APU Ryzen untuk desktop, APU Ryzen Mobile untuk laptop, serta prosesor EPYC 7000 untuk server. Kini, mereka kembali menawarkan prosesor dengan arsitektur Zen baru, untuk pasar embedded.

Dua Prosesor Embedded dengan Arsitektur Zen

Prosesor embedded dengan arsitektur Zen yang diperkenalkan oleh AMD adalah Ryzen V1000 dan EYPC 3000. Ryzen V1000 ditujukan untuk perangkat-perangkat industri dan medical imaging, serta thin client untuk berbagai kebutuhan. Sementara EPYC 3000 lebih ditujukan untuk penggunaan di perangkat networking serta storage server. AMD menyebutkan bahwa kedua prosesor tersebut bisa menawarkan performa tinggi ala Ryzen dan EPYC yang dikenal selama ini.

Zen + Vega di Kelas Embedded

Ryzen V1000 sendiri merupakan sebuah APU yang mengusung core Zen dan GPU Vega untuk kelas embedded. AMD menyebutkan bahwa Ryzen V1000 ini akan tersedia hingga konfigurasi prosesor quad-core/8 thread, serta GPU 11 EU. APU Ryzen V1000 ini akan hadir dengan TDP 12 W hingga 54 W, dengan dukungan DDR4 dual-channel, 16 lane PCIe, USB 3.0/USB 3.1, SATA & NVMe, serta opsi konektivitas lain.

Prosesor Embedded 16 Core

Sementara untuk EPYC 3000, AMD menawarkan opsi prosesor quad-core hingga 16-core. Prosesor ini menawarkan hingga 64 lane PCIe. EYPC 3000 ini menawarkan TDP 30 W hingga 100 W. AMD menyebutkan bahwa prosesor ini akan mendukung hingga empat channel memori yang bisa dioperasikan secara independen.

Kerja Sama Tawarkan Zen di Perangkat Embedded

Saat memperkenalkan Ryzen V1000 dan EPYC 3000, AMD menyebutkan bahwa mereka sudah memiliki rencana tersendiri untuk menghadirkan prosesor-prosesor baru tersebut ke perangkat embedded. Mereka telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti produsen perangkat medical imaging, mesin game untuk kasino, digital signage, network appliance, serta industry automation. AMD juga menyebutkan bahwa prosesor Zen di kelas embedded ini akan membuka era baru untuk kelas tersebut.

Tags: