in: News | February 21, 2018 | by: Tim Hardware Jagat Review

ASUS Umumkan Headset Mixed Reality HC102

ASUS, salah satu perusahaan top dari Taiwan, baru saja mengumumkan produk terbaru mereka, sebuah headset mixed reality yang disebut sebagai HC102. Headset ini merupakan produk yang ditujukan sebagai pendukung Windows Mixed Reality, yang tentu saja mendukung fitur digital image overlaid, untuk menambahkan objek virtual di tampilan dunia nyata. Produk ini bukan merupakan standalone headset, sehingga saat digunakan harus dihubungkan ke PC.

Headset HC102 disebut ASUS menawarkan desain unik dan inovatif, dengan corak 3D dan konstruksi yang dititik beratkan ke bobot yang seimbang, sehingga nyaman saat digunakan, tidak berat ke satu sisi saat dipasang di kepala. Bagian dalam bodi dari headset ini dilengkapi juga dengan bahan anti-bacterial. Untuk sisi desain ini, ASUS tampaknya ingin menunjukan bahwa headset ini tidak hanya stylish tetapi juga sangat nyaman digunakan untuk jangka waktu panjang.

Windows Mixed Reality Headset HC102 menawarkan fitur yang berbeda dari headset lainnya. HC102 ini tidak memerlukan external sensor, membuat setup perangkat ini jadi sangat mudah, tidak memerlukan waktu lebih dari 10 menit. Selain itu, headset ini memiliki dukungan lebih dari 20000 aplikasi Windows dan lebih dari 2000 aplikasi di Steam VR. Headset ini juga memiliki komptibilitas yang cukup luas dan memungkinkan siapa saja merasakan Mixed Reality dengan harga yang terjangkau.

Mixed Reality sendiri adalah gabungan antara AR dengan VR. VR sendiri sudah mulai populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Berbeda dengan VR yang menerapkan prisip ‘self contained’, di mana lingkungan digital yang ada benar-benar virtual, tidak ada unsur real, MR berusaha menambahkan unsur real ke dalam dunia virtual. Penggunaan headset Mixed Reality, seperti ASUS HC102 ini, mengizinkan pengguna untuk melihat dunia baru di sekitarnya. Hal ini bisa dilakukan karena pada headset Mixed Reality terdapat built-in camera. Dengan digital image overlaid kita bisa membuat dunia virtual dan menambahkan objek nyata ke dalamnya.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES