in: News | February 26, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Canon Perkenalkan EOS M50, Sahabat Baru Vlogger?

Canon menyambut kehadiran kamera baru dilini mirrorless mereka. Kamera yang menyandang nama EOS M50, diposisikan sebagai kamera untuk photographer yang membutuhkan kamera yang mudah digunakan sehingga mampu mewujudkan kreatifitas dengan lebih bebas.

EOS M50 mengusung sensor APS-C sebesar 24.1 megapixel dengan teknologi Dual Pixel AutoFocus untuk photo dan video. Kamera ini merupakan kamera pertama yang menggunakan Digic 8 Processor. Dilengkapi dengan 2.36M-dot OLED Electronic ViewFinder dan 1.04M-dot vari-angle LCD membuat pengambilan gambar untuk photo atau pun video menjadi lebih mudah. Untuk pengambilan photo, kamera ini mampu mengambil gambar dengan 7.4 fps burst dalam continous atau 10 fps dalam mode single. Untuk kapasitas baterai. kamera ini diklaim mampu menghasilkan 235 gambar sebelum diharuskan penggantian.

Tentunya yang bisa menjadikan kamera ini idola baru sebagai kamera vlogging adalah kemampuan mengambil video diresolusi 4K. Ini adalah kamera seri M pertama yang diberikan kemampuan ini. Selain mampu mengambil video dengan resolusi 4K di 24 fps, M50 dapat juga mengambil video 60 FPS di resolusi 1080 dan 120 FPS di 720P. Digabungkan dengan swivel screen khas Canon dan kemampuan Touch to focus membuatnya ideal untuk mengambil video vlog. Sedikit catatan, kamera ini memiliki crop factor 1.6x untuk pengambilan video 4K dan mode focus yang bisa digunakan hanya contrast detect autofocus, tidak menggunakan Dual Pixel AutoFocus.

EOS M50 merupakan kamera pertama yang menggunakan format RAW CR3. Format baru ini memberikan opsi untuk menghasilkan format RAW yang lebih memprioritaskan size sehingga menghasilkan file yang 50% lebih kecil dengan resolusi yang sama. Tentunya dengan pengurangan size file, terdapat pula penuruan kualitas. Canon mengklaim penurunan kualitas yang terjadi cukup minimal.

Kamera ini juga dilengkapi Wi-fi dan NFC dengan Bluetooth. Selain memudahkan memindahkan gambar, EOS M50 merupakan kamera Canon pertama yang memungkin memindahkan gambar ke smartphone langsung setelah gambar diambil. Tentunya ini membuat sharing ke social media menjadi lebih cepat bahkan realtime.

Posisi dari M50 adalah diatas OES M100. Bisa dikatakan ini adalah kamera advance entry-level untuk keluar EOS M. OES M50 sendiri akan hadir dipasaran pada bulan April 2018 mendatang dengan harga USD 780 untuk body only dengan pilihan warna hitam atau putih atau USD$ 900 dengan lensa kit EF-M 15-45mm. Terdapat juga kit dual lens dengan EF-M 15-45mm dan EF-M 55-200mm dengan harga USD 1250.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES