in: News | February 26, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Compulab Perkenalkan Airtop2 Inferno

Compulab terkenal sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mendesign fanless Small Form Factor (SFC) dari tahun 2007. Perusahaan ini telah lama menjual PC fanless untuk workstation dengan branding Airtop dan berencana untuk mengembangkan sayapnya kearea PC gaming. Langkah pertama adalah dengan memperkenalkan produk yang mereka namakan Airtop2. Produk ini adalah versi workstation dengan sistem pendingin yang lebih baik. Airtop2 Inferno adalah AirTop2 dengan sistem pendingin yang lebih baik lagi.

Compulab Airtop2 Inferno menggunakan basis motherboard dengan chipset Intel C236 dan dilengkapi dengan Core i7 7700K dan sebuah NVIDIA GTX 1080 Ti. Sistem ini dapat dilengkapi dengan memory hingga 64 GB DDR4-2400, dua buah NVMe SSD dan empat buah 2.5″mm SATA storage. Untuk I/O, Inferno dilengkapi dua USB 3.1 Gen 2 (USB-A dan USB-C), tujuh buah USB 3.0 header, dua buah Gigabit Ethernet, optional 802.11ac Wi-Fi, bluetooth, audio connector, DisplayPort 1.2 dan HDMI. Kemampuan ekspansi dari sistem ini mengandalkan FACE expansion modules.

Perbedaan paling besar antara Airtop2 dan Airtop2 Inferno adalah sistem yang dinamakan enhanced natural air-flow (NAF) cooling technology yang diklaim mampu menghilangkan panas hingga 300 watt. Masing-masing komponen yang merupakan sumber panas yaitu prosesor dan graphic card,diletakkan pada dua sisi yang berbeda. Masing-masing mengandalkan sistem pendingin pasif yang terhubung dengan bagian sisi casing. Masing-masing sisi casing berfungsi layaknya heatpipe dan akan mendinginkan prosesor dan graphic card.

Compulab Airtop2 Inferno akan hadir kepasaran pada bulan Juni 2018. Menurut pihak Compulab, harga akan sangat bergantung dengan konfigurasi memory dan storage yang akan digunakan. Mereka menyatakan bahwa harga akan kurang lebih sama dengan Airtop2 yang dibanderol mulai USD$1500.

Tags: