in: Direct Release | February 13, 2018 | by: Jagat Review

Direct Release: Alibaba Group Tampilkan Teknologi dan Visi Masa Depan Pertandingan di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018

 

GANGNEUNG, SOUTH KOREA – FEBRUARY 10: The opening of the Alibaba Group Olympic Showcase at the PyeongChang 2018 Winter Olympic Games on February 10, 2018 in Gangneung, South Korea. (Photo by Marianna Massey/Getty Images)

Pyeongchang, Korea Selatan dan Hangzhou, Tiongkok, 12 Februari 2018 Alibaba Group (NYSE:BABA), perusahaan perdagangan ritel terbesar di dunia dan mitra utama Olimpiade, menunjukkan teknologi terbarunya yaitu “The Olympic Games on the Cloud” di Gangneung Olympic Park pada 10 Februari lalu. Acara ini dihadiri oleh pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma, Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach, serta tamu kehormatan dan beberapa atlet senior Olimpiade seperti Yao Ming (basket) dan Michelle Kwan (figure skating).

Teknologi Alibaba memberikan pengalaman interaktif yang menunjukkan visi Alibaba pada penerapan teknologi cloud secara menyeluruh untuk Olimpiade di masa depan. Pengunjung dapat melihat berbagai skenario tentang Olimpiade di masa depan sebagai dampak dari layanan cloud serta platform e-commerce dari Alibaba.

“Kemitraan jangka panjang dengan Olimpiade menegaskan visi Alibaba sebagai perusahaan dan bagaimana penggunaan teknologi kami dapat mengubah Olimpiade di era digital,” ujar Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma. “Seperti setiap pertandingan Olimpiade, Alibaba percaya bahwa kita harus memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang untuk berkompetisi secara adil di panggung global.”

“IOC memasuki era baru digitalisasi melalui kemitraan dengan Alibaba,” tutur Presiden IOC Thomas Bach. “Alibaba menawarkan kami platform unik untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat pada Olimpiade, sekaligus mendekatkan penggemar kami. Saya sangat terkesan dengan cara kerja Alibaba yang efisien dan selalu berpandangan ke depan. Saya tidak sabar melihat kesuksesan-kesuksesan dari kerja sama ini di sepuluh tahun yang akan datang.”

Sejak Januari 2017, Alibaba Group dan IOC secara resmi menjadi mitra straregis jangka panjang untuk mentransformasi Olimpiade di era digital. Alibaba akan berperan sebagai mitra resmi layanan cloud dan platform e-commerce, serta mitra pendiri Olympic Channel, kanal khusus Olimpiade,  sampai dengan Olimpiade Los Angeles 2028.

 

Alibaba Cloud ET Sports Brain

Pada 10 Februari kemarin, Chief Marketing Officer (CMO) Alibaba Group Chris Tung juga menunjukkan Alibaba Cloud ET Sports Brain, sebuah solusi berbasis komputasi awan dan artificial inteligence (AI). Teknologi ini akan mendorong transformasi digital Olimpiade yang akan memberikan nilai lebih bagi penggemar, penonton, atlet, tempat pelaksanaan, dan penyelenggara.

Fondasi Alibaba Cloud ET Sports Brain adalah infrastruktur pusat data dengan standar internasional, jaringan pengantaran konten (content delivery networks) dan layanan keamanan. Teknologi ini akan menggabungkan data intelligence serta machine learning untuk mendefinisikan ulang hubungan antara penggemar, penyelenggara, tempat pelaksanaan, dan atlet. Penerapan teknologi ini dapat dilakukan pada:

  • Peningkatan Pengalaman Pertandingan Olimpiade: Penggunaan big data yang didorong oleh komputasi awan akan membuat pengalaman yang menyeluruh baik secara offline dan online. Sebagai contoh, penggemar dan atlet dapat memperoleh panduan perjalanan untuk menjelajahi kota dan mencari lokasi acara Olimpiade, mengetahui ramalan cuaca, serta menonton pertandingan dengan cara baru.
  • Perencanaan Kota Pintar bagi Penyelenggara: Alibaba Cloud dapat menggunakan teknologi AI untuk melakukan analisis geospasial dan membantu tuan rumah Olimpiade berikutnya dalam memilih tempat pelaksanaan.
  • Keselamatan dan Keamanan selama Olimpiade: Identifikasi biometrik berbasis cloud di tempat pelaksanaan dapat meningkatkan kontrol terhadap akses, keamanan, dan pengaturan massa.
  • Meningkatkan Efisiensi Pelatihan Atlet: Machine learning dapat membantu membuat perencanaan pelatihan atlet dengan mengukur kualitas tidur, nutrisi, dan intensitas latihan. Data ini juga dapat digabungkan dengan perubahan temperatur, kecepatan angin, dan berbagai kondisi alam guna memaksimalkan performa para atlet.
  • Meningkatkan Jaringan dan Akses Konten Pertandingan Olimpiade: Teknologi cloud dapat meningkatkan kapasitas, pencarian, dan personalisasi keragaman konten. Hal ini akan memudahkan para pemegang hak siar untuk meliput pertandingan dan memberikan akses kepada penggemar untuk mencari dan membagikan momen-momen penting Olimpiade di mana saja dan kapan saja.

“Teknologi memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mengubah dan membentuk pengalaman Olimpiade secara positif. Apa yang kami sampaikan sekarang baru menyentuh permukaannya saja,” ujar CMO Alibaba Group Chris Tung. “Selama sepuluh tahun ke depan, layanan Alibaba Cloud akan berperan sebagai fondasi dari usaha kami mentransformasi Olimpiade secara digital dan menciptakan pengalaman yang efisien serta menyenangkan untuk semua orang.”

 

Untuk mengikuti perkembangan Alibaba Group dan kegiatan Olimpiade, silakan kunjungi:  www.alizila.com/2018-winter-olympics/

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Alibaba Cloud’s ET Sports Brain silakan kunjungi: olympics.alibabacloud.com

Tags: