in: News | February 28, 2018 | by: Dian Syarifuddin

F5 Network: Cloud Merupakan Fondasi Dari Transformasi Digital

Di era digital yang semakin modern ini membuat banyak perusahaan harus memiliki strategi demi mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan dapat menjadi lebih lincah dalam mengembangkan model bisnis mereka lebih modern dan juga memiliki layanan yang jauh lebih baik terhadap para konsumen mereka.

Perubahan model bisnis di atas mungkin bisa termasuk ke dalam kategori transformasi digital. Beberapa perusahaan saat ini tengah berlomba-lomba dalam menerapkan strategi bisnis mereka ke dalam layanan cloud untuk mempermudah tujuan mereka. F5 Network sebagai perusahaan terkemuka dalam membuat aplikasi dan solusi-solusi berbasis cloud mengatakan kalau tren transformasi digital yang berkembang saat ini begitu pesat.

Fetra Syahbana, Country Manager F5 Network Indonesia

Fetra Syahbana, selaku Country Manager Indonesia untuk F5 Network menjelaskan bahwa transformasi digital merupakan bisnis yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya. Namun cloud sangat berperan penting dalam terjadinya tren transformasi digital yang berkembang saat ini dan oleh karenanya, cloud bisa dikatakan sebagai fondasi dari tren tersebut.

Mengenai tren transformasi digital di Indonesia sendiri, Fetra pun menyatakan bahwa tren tersebut boleh dikatakan meningkat sangat pesat. “Pemerintah sebenarnya memiliki perhatian lebih terhadap tren transformasi digital yang berkembang. Seperti yang sempat dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, dimana beliau menginginkan agar Indonesia memiliki kota-kota yang sudah masuk ke dalam kategori Smart City“, ujar Fetra.

Meskipun ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menyatakan masih khawatir untuk beralih ke transformasi digital dikarenakan apakah nantinya dapat lebih efisien, Fetra menjelaskan bahwa hal tersebut hanyalah berupa kekhawatiran semata. Cloud sendiri sebenarnya sudah menjadi bagian dari efisiensi bagi perusahaan yang ingin beralih ke transformasi digital dalam pengembangan bisnisnya.

Dengan demikian, perusahaan pun dapat terdorong untuk menghadirkan lebih banyak lagi aplikasi layanan yang lebih menjangkau banyak konsumennya. Selain itu, transformasi digital juga dapat menginspirasi munculnya arsitektur dan inisiatif optimalisasi TI baru.

Tags: