in: News | February 19, 2018 | by: Tim Hardware Jagat Review

Gigabyte Luncurkan Motherboard Z370 Aorus Ultra Gaming 2.0

Motherboard Z370 sudah dirilis sejak bulan Oktober 2017 lalu, bertepatan dengan rilis prosesor Intel Coffee Lake. Salah satu produsen motherboard ternama dunia, Gigabyte, sudah merilis beberapa produk, salah satunya Z370 Aorus Ultra Gaming. Menariknya, saat kabar terkait chipset baru untuk platform mainstream Intel sudah mulai bermunculan, Gigabyte justru menghadirkan “refresh” dari motherboard Z370 itu. Tanggal 16 Februari 2018 lalu, Gigabyte meluncurkan Z370 Aorus Ultra Gaming 2.0 untuk menggantikan Z370 Aorus Ultra Gaming.

Refresh ini tidak hanya memberikan penanda “Rev 2.0” di PCB untuk motherboard baru ini. Gigabyte melakukan beberapa perubahan di motherboard baru tersebut untuk membedakannya dari versi standar dari Z370 Aorus Ultra Gaming 2.0. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah mengganti VRM 7 Phase dengan VRM 11 Phase yang menggunakan ferrite choke yang lebih baik. Hal ini mereka lakukan untuk mencegah terjadinya ‘coil whine’ saat VRM motherboard diberikan beban yang cukup berat.

Kejadian ‘coil whine’ ini juga merupakan hal yang sering terjadi pada motherboard, terutama ketika prosesor memberikan beban daya yang sangat besar terhadap VRM. Perubahan desain VRM dari 7 Phase menjadi 11 Phase ini akan sangat membantu untuk mengurangi panas pada VRM motherboard, serta mengurangi kemungkinan terjadinya ‘coil whine’.

Selain dari perubahan di atas, Z370 Aorus Ultra Gaming 2.0 ini juga hadir dengan satu komponen tambahan, yaitu heatspreader untuk slot M.2 pertama. Tidak ada perbedaan lain di motherboard baru ini dibanding versi pertamanya selain kedua hal itu. Berbagai komponen, termasuk RGB LED diffuser, RGB header terintegrasi dengan fitur RGB Fusion, dua slot PCIe 3/0 x16, Gigabit Ethernet, dan premium onboard audio yang sama dengan pendahulunya masih tersedia juga di motherboard ini. Sementara untuk harga, motherboard Z370 Aorus Ultra Gaming 2.0 ini akan dijual dengan harga $150 – $170, harga yang sama dengan kisaran harga dari Z370 Arous Ultra Gaming.

Tags: