in: News | February 20, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Intel Siapkan NUC Murah dengan Prosesor Gemini Lake

NUC, Mini PC dari Intel, selama ini dihadirkan dalam berbagai varian untuk menjangkau kebutuhan berbagai kalangan. Awal tahun 2018 ini, Intel sudah memperkenalkan salah satu NUC baru mereka yang ditujukan untuk kelas high-end, dengan prosesor Core 8th Gen. with Radeon RX Vega M. Namun, tidak hanya kelas high-end saja yang diincar oleh Intel, mereka juga menyiapkan NUC baru untuk kelas entry-level.

Tawarkan Gemini Lake di NUC Entry-Level

Intel sebelumnya telah beberapa kali merilis NUC untuk kelas entry-level, dengan menggunakan prosesor kelas entry-level mereka, seperti dari keluarga Bay Trail, Braswell, serta Apollo Lake. Kini, Intel menyiapkan NUC baru, dari lini NUC 7th Gen., dengan menggunakan prosesor Gemini Lake. Terdapat dua buah NUC baru yang akan segera mereka tawarkan, yaitu NUC7PJYH dan NUC7CJYH.

Kedua NUC Gemini Lake itu mengusung spesifikasi dasar yang kurang lebih serupa, dengan perbedaan hanya di prosesor saja. NUC7PJYH mengusung prosesor Pentium Silver J5005 dengan konfigurasi quad-core serta pengolah grafis Intel UHD Graphics 605. Sementara NUC7CJYH mengusung Celeron J4005 dengan konfigurasi dual-core serta pengolah grafis Intel UHD Graphics 600.

Gunakan DDR4 di NUC Entry Level

Berbeda dengan NUC entry-level dari generasi sebelumnya, Intel kali ini menawarkan dukungan untuk RAM DDR4 di kedua NUC baru ini. NUC7PJYH dan NUC7CJYH sama-sama mendukung RAM DDR4-2400 dengan kapasitas maksimal 8 GB. Kedua NUC ini juga dilengkapi dukungan untuk drive SATA 2.5″ untuk storage. Intel menawarkan konektor display output 2x HDMI 2.0a untuk kedua NUC tersebut.

Empat port USB 3.0 tersedia untuk kedua NUC baru tersebut, dua di depan, dan dua di belakang. Tersedia juga slot SDXC untuk penggunaan SD Card di NUC ini. Konektor stereo audio tersedia di NUC ini, melalui konektor yang ada di sisi depan dan belakang. Tidak ketinggalan, NUC ini menawarkan konektor Gigabit Ethernet, serta WiFi AC dan Bluetooth 5 untuk konektivitas ke perangkat lain. Kedua NUC ini seharusnya akan tersedia dalam waktu dekat ini.

Tags: