in: Notebook / Laptop | February 27, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Dell Inspiron Gaming 15 7577

The Notebook

Warna dark grey sukses memberikan kesan premium pada penampilan Dell Inspiron Gaming 15 7577. Lekuk bodi laptop gaming ini memang mirip dengan Dell Inspiron Gaming 7567 yang kami uji sebelumnya dengan bentuk menyerupai jajaran genjang saat dilihat dari samping. Hanya saja pada Dell Inspiron Gaming 15 7577, desain grille depan dan belakang diubah dari segitiga menjadi garis horizontal memanjang yang memberikan kesan klasik. Cukup disayangkan, desain bodi ini menghasilkan sudut meruncing pada sisi depan kanan dan kiri yang memberikan sensasi menusuk saat disentuh.

Ukuran bodi Dell Inspiron Gaming 15 7577 adalah sebesar 38,9 x 27,47 cm untuk sisi panjang dan lebar. Tidak banyak berbeda dibandingkan ukuran bodi laptop gaming 15,6 inci lainnya seperti Dell Inspiron Gaming 7567 (38,5 x 27,5 cm).

Sementara ketebalan bodi Dell Inspiron Gaming 15 7577 saat layar ditutup adalah sebesar 24,95 mm saja atau kurang dari 1 inci, tidak terlampau tebal atau terlalu tipis. Memang cukup disayangkan penggunaan graphics card GTX 1060 Max-Q tidak diikuti desain bodi yang tipis dengan ketebalan 18 mm misalnya. Akan tetapi, penggunaan bodi tebal membuat Dell dapat menggunakan pendingin ukuran besar yang biasanya menawarkan performa lebih baik. Dell tampaknya lebih menginginkan graphics card mereka memiliki temperatur kerja serendah mungkin.

Sedangkan bobot unit laptop Dell Inspiron Gaming 15 7577 sendiri mencapai 2,8 kg. Memang cukup berat untuk sebuah laptop gaming 15,6 inci tetapi tergolong wajar mengingat Dell menggunakan bahan logam magnesium alloy pada sasisnya.

Unit pengujian Dell Inspiron Gaming 15 7577 kami datang dengan layar LCD LED ukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K/Ultra HD/3840 x 2160 piksel (tersedia pula dengan varian resolusi Full HD). Jumlah piksel semasif itu membuat tingkat kepadatan piksel layar Dell Inspiron Gaming 15 7577 menjadi sangat tinggi, 282 PPI, yang membuat kualitas tampilan pada layar menjadi sangat tajam. Istimewanya lagi, Dell tidak melakukan kompromi dengan menggunakan panel TN tetapi menggunakan panel IPS yang dikenal mampu menampilkan warna lebih kaya dan akurat serta memiliki viewing angle sangat luas hingga 178 °. Permukaan layar pun diberi lapisan anti-glare sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

Akan tetapi cukup disayangkan layar dengan resolusi semasif itu akan kurang cocok dipasangkan dengan GeForce GTX 1060 di skenario gaming, terlebih untuk varian Max-Q. Di resolusi 4K, GTX 1060 akan kesulitan menghasilkan frame rate tinggi dengan setting kualitas grafis maksimal. Kualitas visual harus dikorbankan agar game tetap nyaman untuk dimainkan. Solusi lainnya adalah menggunakan resolusi lebih rendah untuk mendapatkan kualitas visual maksimal dan game tetap nyaman dimainkan dengan kompensasi tampilanlayar menjadi tidak setajam saat menggunakan resolusi native. Untunglah saat kami coba memainkan game di resolusi lebih rendah, kualitas tampilan layar Dell Inspiron Gaming 15 7577 masih tetap dapat dinikmati dengan nyaman. Layar 4K akan lebih cocok untuk mereka di bidang content creator seperti untuk mendesain gambar, video editing, 3D-modelling, dan lainnya. Tentu saja spesifikasi Dell Inspiron Gaming 15 7577 memungkinkan untuk melaksanakan pekerjaan seperti itu.

Pada sisi kiri Dell Inspiron Gaming 15 7577 dapat ditemukan konektor lubang Noble Lock Security Slot, 1X DC-IN, 1X RJ45 (Gigabit Ethernet), 1X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan memory card reader.

Sementara pada sisi kanan dapat ditemukan headphone microphone combo jack, 2X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X Type-C USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3 (40 Gbps), dan 1X HDMI.

Keyboard Dell Inspiron Gaming 15 7577 tampak memiliki bentuk dan tata letak identik dengan Dell Inspiron Gaming 7567. Tombol Chiclet memiliki ukuran mencukupi untuk pengguna dengan jari besar sekalipun kecuali untuk tombol di deretan paling atas dan arrow keys. Tombol terasa empuk saat ditekan dengan travel distance pendek hanya sejauh 1,4 mm saja.

Komponen touchpad tampak menggunakan area sentuh yang menyatu dengan tombol klik kiri dan kanan yang membuat sensasi penggunaan tidak seperti saat memakain mouse konvensional. Posisi touchpad ditempatkan tepat sejajar dengan tombol spacebar membuat sesi mengetik menjadi lebih nyaman.

Keyboard Dell Inspiron Gaming 15 7577 dilengkapi lampu backlit yang memudahkan pengguna mengenali tombol dalam kondisi gelap. Warna backlit hanya tersedia warna putih dengan pengaturan dua tingkat kecerahan cahaya.

Tombol Power On/Off memiliki fungsi ganda sebagai fingerprint scanner. Jarang sekali kami menemukan sebuah laptop gaming memberikan fitur keamanan dengan sidik jari seperti ini.

Penampang sisi bawah Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan ukiran logo “inspiron”. Tampak lubang ventilasi ditempatkan tepat di area sistem pendingin memudahkan kipas menarik masuk udara segar untuk mendinginkan komponen.

Salah satu kelebihan laptop gaming Dell Inspiron 15 Gaming 15 7577 dan seri lainnya adalah kemudahan untuk mengakses komponen internal. Pengguna cukup melepaskan satu baut saja dan penutup sisi bawah dapat langsung dibuka. Tidak hanya memudahkan saat meng-upgrade komponen tetapi juga saat melakukan perawatan seperti pembersihan debu.

Terlihat pada gambar di atas bagian dalam bodi Dell Inspiron 15 Gaming 15 7577 diperkuat kerangka logam dari bahan magnesium alloy sehingga tidak aneh jika bobot laptop gaming ini mencapai 2,8 kg. Penggunaan kerangka logam tersebut membuat bodi Dell Inspiron 15 Gaming 15 7577 menjadi lebih kokoh.

Terlihat pula Dell menempatkan komponen baterai menjauh dari area prosesor dan graphics card yang menghasilkan panas tinggi. Hal tersebut membuat efek buruk akibat panas tinggi pada baterai dapat dikurangi.

Sistem pendingin Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan dua heatpipe dirancang untuk menerima panas sekaligus dari baseplate prosesor dan graphics card. Desain seperti ini memang memiliki resiko dimana komponen dengan temperatur kerja lebih tinggi akan memanaskan komponen dengan temperatur kerja lebih rendah. Walaupun begitu desain seperti ini membuat setiap area pelepasan panas memiliki beban kerja yang sama sehingga performa pendinginan lebih optimal. Komponen baseplate sistem pendingin Dell Inspiron Gaming 15 7577 tampak tidak hanya mendinginkan komponen prosesor dan graphics card tetapi juga komponen VRM sekaligus chip memori/VRAM.

Panas yang diterima heatpipe mengalir menuju area pelepasan panas pada sisi belakang kanan dan kiri laptop. Dua kipas blower akan membantu panas dapat dilepaskan dan dibuang dengan cepat ke udara bebas dari sirip-sirip heatsink. Desain lubang pembuangan panas ke arah belakang membuat tangan pengguna aman dari resiko paparan udara panas, terlebih saat memainkan game.

Dell Inspiron Gaming 15 7577 dilengkapi dua slot SO-DIMM tipe DDR4 dengan dukungan kapasitas satu keping memori/RAM hingga 16 GB dan kecepatan 2400 MHz. Unit pengujian kami dilengkapi satu keping memory/RAM DDR4 @16 GB 2400 MHz. Tentu Anda dapat menambahkan keping kedua di slot yang belum diisi untuk konfigurasi dual channel atau untuk memaksimalkan kapasitas memori/RAM sistem hingga 32 GB.

Dell Inspiron Gaming 15 7577 menyediakan satu slot M.2 PCIe 3.0 x4 dan satu port SATA III 6 Gbps. Unit pengujian kami datang dengan konfigurasi 512 GB SSD NVMe PCIe 3.0 x4 dari Samsung dan SSHD 1 TB 5400 RPM, Seagate FireCuda. Tampak pula di sebelah SSD sebuah wireless card Atheros/Qualcomm QCA6174 yang menyediakan konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.1.

Perangkat catu daya Dell Inspiron Gaming 15 7577 ini mampu menyuplai daya listrik ke laptop hingga sebesar 180 Watt. Kemampuan suplai daya yang cukup masif mengingat laptop dengan spesifikasi seperti ini umumnya memakan listrik tidak sampai 150 Watt. Power adapter 150 Watt seharusnya mencukupi untuk menjalankan laptop seperti ini pada kecepatan standar.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES