in: Notebook / Laptop | February 27, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Dell Inspiron Gaming 15 7577

Konsumsi Daya

Note: Total system power consumption (In Watts)

Pada pengujian kami, konsumsi daya listrik Dell Inspiron Gaming 15 7577 tercatat berada di kisaran 125 Watt saja. Jauh lebih rendah daripada kemampuan power adapter yang mampu menyuplai daya hingga 180 Watt. Selisih besar antara konsumsi daya dan kemampuan suplai daya memang membuat beban kerja perangkat power adapter menjadi lebih ringan saat mamasok listrik. Akan tetapi penggunaan komponen power adapter dengan kemampuan suplai listrik lebih rendah seperti varian 150 Watt seharusnya dapat memangkas bobot perangkat catu daya laptop ini.

Battery Life

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 50% | Speaker Volume – 25 % | Airplane Mode – On (Video Playback) | WiFi On & Bluetooth Off (YouTube)

Siapa menyangka dengan kapasitas 56 Wh dan layar 4K daya tahan baterai Dell Inspiron Gaming 15 7577 di skenario gaming masih mencatatkan daya tahan sekitar 4-5 jam. Terlebih ia kami uji di tingkat brightness 50% yang cukup tinggi. Menariknya di skenario gaming, Dell Inspiron Gaming 15 7577 mampu mencatatkan daya tahan lebih dari 90 menit bahkan tanpa mengaktifkan fitur penghemat daya Battery Boost. Hasil yang memuaskan mengingat level performa gaming yang ditawarkan.

Kesimpulan

Core i7 7700HQ – Dengan kecepatan kerja 3,4 GHz (4-core Turbo Boost) dan delapan thread di dalamnya, prosesor dengan basis arsitektur CPU Kaby Lake ini membuat Dell Inspiron Gaming 15 7577 siap menangani komputasi berat baik di skenario gaming ataupun non-gaming. Cocok sekali untuk mereka yang berkutat di dunia 3D-modellingediting kelas profesional untuk gambar/video/audio, pembuatan animasi, CAD, dan masih banyak lagi. Performa Core i7 7700HQ di Dell Inspiron Gaming 15 7577 pun terasa begitu optimal berkat penggunaan memori/RAM kecepatan tinggi dengan kapasitas besar yang dipadukan dengan SSD PCIe 3.0 x4 yang menawarkan pembacaan dan penulisan data sangat cepat. Perpaduan komponen tersebut membuat Dell Inspiron Gaming 15 7577 terasa sangat responsif saat digunakan yang dibarengi cepatnya proses loading aplikasi editing dan game yang umumnya memiliki ukuran data besar. Penggunaan konfigurasi dual channel memory seharusnya akan membuat performa laptop gaming ini lebih optimal lagi.

GTX 1060 Max-Q – Layar 4K terasa kurang cocok dipasangkan dengan GTX 1060 Max-Q di skenario gaming pada Dell Inspiron Gaming 15 7577. Sebagian besar game yang kami ujikan sulit sekali menghasilkan tingkat frame rate tinggi saat menggunakan setting kualitas grafis “rata kanan”. Alhasil game menjadi sulit dinikmati meskipun kualitas visual terasa memukau di resolusi 4K dengan pengaturan seperti itu. Jalan keluarnya adalah menggunakan setting kualitas grafis di resolusi 4K atau menurunkan resolusi gambar untuk mendapatkan kualitas visual maksimal tanpa mengorbankan kenyamanan bermain.

GeForce GTX 1060 Max-Q memang akan lebih cocok untuk menangani skenario gaming di resolusi 1920 x 1080 piksel. Disitulah GTX 1060 Max-Q dapat memanjakan pengguna Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan menghadirkan kualitas visual maksimal dengan frame rate tinggi. GTX 1060 Max-Q pun didukung dengan kapasitas memori/VRAM 6 GB yang siap menangani game 3D paling rakus memori sekalipun. Graphics card tersebut juga membuat Dell Inspiron Gaming 15 7577 siap menangani konten VR (Virtual Reality) dengan sempurna.

Untunglah Dell Inspiron Gaming 15 7577 juga tersedia dalam varian dengan resolusi Full HD jika Anda tidak menginginkan penggunaan layar 4K. Hasil pengujian kami di halaman sebelumnya seharusnya cukup menggambarkan performa Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan layar 1920 x 1080 piksel.

Cooling Performance – Performa sistem pendingin Dell Inspiron Gaming 15 7577 terasa memuaskan di skenario gaming. Sulit sekali menemukan sistem pendingin laptop gaming yang dapat menahan temperatur graphics card sekelas GTX 1060 Max-Q agar tetap berada di bawah 65 °C dengan kecepatan kipas Auto. Pilihan menggunakan GTX 1060 Max-Q daripada GTX 1060 tampaknya menjadi langkah tepat bagi Dell yang membuat temperatur kerja laptop gaming ini tetap rendah dengan selisih performa tidak terlampau jauh. Sementara temperatur kerja prosesor juga tergolong cukup baik meskipun nyaris menyentuh angka 90 °C.

Power Consumption & Battery – Penggunaan daya listrik Dell Inspiron Gaming 15 7577 tergolong wajar dengan konfigurasi hardware seperti itu. Penggunaan daya listrik pun berada jauh di bawah kemampuan maksimal charger sehingga komponen tersebut tidak perlu berada pada kondisi load paling tinggi secara terus menerus. Daya tahan baterai pun tergolong baik mengingat kapasitas baterai dan komponen-komponen yang digunakan oleh Dell Inspiron Gaming 15 7577. Penempatan baterai yang jauh dari prosesor dan graphics card pun membuat baterai aman dari resiko buruk akibat paparan panas tinggi.

Overall – Sayang sekali saat ini kami belum menemukan harga pasti untuk varian Dell Inspiron Gaming 15 7577 yang kami uji. Akan tetapi untuk Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan 256 GB SSD+layar Full HD ditawarkan pada kisaran harga Rp. 21.399.000,- termasuk sistem operasi Windows 10. Varian Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan 512 GB SSD+layar Ultra HD, dugaan kami harganya masih akan berada di bawah 25 juta rupiah. Hal ini berdasarkan pantauan kami untuk varian 128 GB SSD+layar 4K yang masih berada di bawah 22 juta rupiah.

Jika gaming menjadi prioritas utama, Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan layar 4K memang terasa kurang menarik menurut pandangan kami. Di varian itu untuk mendapatkan kenyamanan maksimal selama memainkan game, pengguna perlu melakukan kompensasi pada kualitas visual dengan menurunkan resolusi ataupun setting grafis. Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan layar Full HD akan lebih cocok untuk mereka yang lebih serius di segmen gaming terlebih harganya yang sangat menarik untuk spesifikasi yang ditawarkan. Untunglah varian dengan layar Full HD juga menggunakan jenis panel IPS. Akan tetapi lain halnya jika layar 4K tersebut juga digunakan untuk skenario penggunaan lain seperti untuk kalangan content creator. Dell Inspiron Gaming 15 7577 dengan layar 4K akan cocok untuk mereka yang membutuhkan layar resolusi tinggi di bidang pekerjaannya. Layar 15,6 inci 4K juga memiliki kerapatan piksel lebih tinggi sehingga tampilan pada layar terasa lebih tajam.

Kelebihan

(+) Desain bodi memiliki bentuk yang unik

(+) Bodi dengan rangka magnesium alloy

(+) Harga menarik untuk spesifikasi yang ditawarkan

(+) Siap untuk komputasi berat dengan Core i7 7700HQ

(+) Kinerja gaming memuaskan dengan GTX 1060 Max-Q

(+) Kapasitas memori/VRAM 6 GB

(+) Temperatur kerja GTX 1060 Max-Q luar biasa rendah

(+) Kapasitas memori/RAM bawaan melimpah

(+) Dukungan kapasitas memori/RAM hingga 32 GB

(+) Slot M.2 dengan SSD NVMe PCIe 3.0 x4 untuk sistem operasi

(+) SSHD untuk secondary storage

(+) Dukungan kapasitas memori/RAM hingga 32 GB

(+) Layar IPS baik untuk varian 4K ataupun Full HD

(+) Keyboard dengan lampu backlit

(+) Tombol Power On/Off dengan fingerprint scanner

(+) Tiga port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)

(+) Konektivitas USB 3.1 Gen 2+Thunderbolt (40 Gbps)

(+) HDMI

(+) Wi-Fi ac

(+) Bluetooth V4.1

(+) Konsumsi daya listrik rendah

(+) Ventilasi mengarah ke belakang

(+) Area keyboard dan palmrest bebas paparan panas tinggi saat menjalankan game

(+) Kemudahan akses komponen internal hanya dengan melepas satu baut dan penutup

Kekurangan

(-) Seharusnya dapat menggunakan power adapter yang lebih kecil dan ringan

(-) Sudut meruncing pada sudut kanan dan kiri di sisi depan

(-) Layar 4K kurang cocok untuk skenario gaming dengan GTX 1060 Max-Q

(-) Hanya tersedia satu konektor display tambahan

(-) Rangka magnesium alloy membuat bobot berat

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES