in: Highlights - Notebook / Laptop | February 12, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: MSI GE63VR 7RF RAIDER

The Notebook

Penampilan MSI GE63VR 7RF Raider memang terasa familiar. Lekukan bodi sekaligus komposisi warna black matte dengan elemen garis merahnya dengan cepat mengingatkan akan lini laptop gaming dari MSI. Permukaan sisi belakang layar dan area sekitar keyboard sekaligus touchpad dibuat dari bahan alumunium dengan permukaan metal brush finish yang membuat penampilan laptop gaming ini makin elegan.

Logo Dragon pada sisi belakang layar akan memancarkan cahaya putih saat laptop dihidupkan.

Saat dilihat dari atas, desain sisi belakang layar laptop mengingatkan kami akan moncong mobil balap F1

Ukuran bodi MSI GE63VR 7RF Raider adalah sebesar 38,3 x 26 cm untuk sisi panjang dan lebar. Termasuk wajar untuk laptop gaming dengan ukuran layar 15,6 inci.

Sementara tingkat ketebalan bodi MSI GE63VR 7RF Raider saat layar ditutup adalah sebesar 2,75 cm. Tidak terlampau tebal untuk laptop gaming dengan GTX 1070 di dalamnya meskipun bukan menjadi yang paling tipis untuk spesifikasi setara. Sedangkan dari segi berat, MSI GE63VR 7RF Raider memiliki bobot sekitar 2,4- 2,5 kg yang tergolong ringan untuk spesifikasi sekaligus bodi dengan ukuran seperti itu.

Salah satu keistimewaan MSI GE63VR 7RF Raider adalah penggunaan layar dengan tingkat refresh rate 120 Hz. Tingkat refresh rate seperti itu membuat game dengan tingkat frame rate 120 fps dapat menampilkan sepenuhnya seluruh frame pada layar laptop. Pada laptop gaming konvensional dengan layar 60 Hz, layar hanya dapat menampilkan 60 gambar per detik meskipun game mampu menghasilkan frame rate lebih dari 60 fps. Refresh rate setinggi itu semakin sempurna dengan tingkat response time 3 ms membuat tampilan bebas dari gejala image ghosting.

Walaupun begitu cukup disayangkan, spesifikasi refresh rate dan response time setinggi itu dikompensasi dengan penggunaan panel TN (Twisted Nematic). Penggunaan panel tersebut memang membuat kualitas reproduksi warna sekaligus viewing angle laptop gaming ini tidak sebaik produk sejenis lain yang menggunakan panel IPS. Untunglah sempitnya viewing angle layar memberikan privasi lebih dengan sulitnya melihat apa yang ditampilkan layar dari sisi samping. Penggunaan panel TN tampaknya juga mempertahankan response time serendah mungkin dan menekan harga jual.

MSI GE63VR 7RF Raider sendiri menggunakan layar LCD LED ukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD/1920 x 1080 piksel yang menghasilkan tingkat kepadatan piksel mencapai 141 PPI. Permukaan layar diberikan lapisan anti-glare sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

Pada sisi kiri MSI GE63VR 7RF Raider dapat ditemukan lubang kensington security lock, 1X RJ45 (Gigabit Ethernet), 1X HDMI, 1X mini Display Port, 1X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X Type-C USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps), headphone jack, dan microphone jack. Ventilasi pembuangan udara panas ditemukan pula pada sisi ini.

Sementara pada sisi kanan dapat ditemukan 1X DC-IN, 2X Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan slot memory card reader. Ventilasi pembuangan udara panas ternyata juga ditempatkan pada sisi ini.

Tiga port USB Type-A dilengkapi lampu LED yang memancarkan warna merah yang diklaim dapat membantu pengguna untuk menemukan port USB dalam kondisi gelap sekalipun.

MSI GE63VR 7RF Raider menggunakan keyboard dari produsen peripheral gaming ternama SteelSeries. Keyboard laptop gaming ini terasa menyenangkan dan nyaman saat kami gunakan. Tombol terasa kokoh dan empuk saat ditekan dengan jarak penekanan tombol hanya sejauh 1,9 mm saja. Ukuran setiap tombol juga dibuat besar dengan jarak mencukupi sehingga memudahkan selama penggunaan. Fitur anti-ghosting hingga 45 tombol juga dibenamkan disini sekaligus perubahan tempat tombol Windows untuk menghindari kesalahan tekan saat serius memainkan game.

Komponen touchpad dilengkapi tombol terpisah untuk melakukan klik kiri dan kanan. Tersedianya tombol konvensional klik kiri dan kanan membuat pengguna lebih mudah saat menggunakan fungsi tombol tersebut, seperti menggunakan mouse. Posisi touchpad ditempatkan agak ke kanan yang membuat area palmrest sebelah kiri menjadi lebih luas.

Keyboard MSI GE63VR 7RF Raider dilengkapi lampu backlit di setiap tombolnya yang tidak hanya memudahkan pengguna mengenali tombol dalam kondisi gelap tetapi juga membuat penampilan laptop ini lebih “keren”. Warna dan efek lampu backlit dapat diatur dengan menggunakan utility SteelSeries Engine.

Lampu backlit pada keyboard MSI GE63VR 7RF Raider juga memiliki fungsi menerangi tombol lain yang berkaitan dengan tombol Function saat tombol Fn ditekan.

MSI GE63VR 7RF Raider menyediakan tiga tombol operasional pada sisi samping kanan keyboard dengan fungsi Power On/Off (atas), berpindah profile pada utility SteelSeries Engine, dan mengaktifkan/menonaktifkan mode kecepatan kipas Cooler Boost (bawah).

Lampu indikator aktivitas sistem pada sisi depan tengah laptop.

Memang mengejutkan MSI memberikan perhatian lebih pada penampilan sisi bawah laptop yang mungkin akan jarang dipamerkan saat digunakan. Kami merasa desain pada sisi ini tampak lebih “”gahar” dibandingkan area lain pada MSI GE63VR 7RF Raider. Tampak laptop gaming ini memiliki lubang ventilasi udara masuk dalam jumlah masif dan ditempatkan secara tepat di sekitar area sistem pendingin.

Komponen internal MSI GE63VR 7RF Raider. Laptop gaming ini tampak menggunakan sistem pendingin dengan dua area pelepasan panas terpisah untuk komponen prosesor dan graphics card. Dua area pelepasan panas terpisah membuat beban kerja setiap sirip-sirip heatsink lebih ringan sehingga performa pendinginan menjadi lebih optimal. Sayang sekali MSI menempatkan baterai cukup dengan dengan sistem pendingin yang menghasilkan panas tinggi saat beroperasi. Meskipun pada penutup sisi bawah laptop terdapat “penghalang” untuk melindungi baterai, bukan tidak mungkin baterai masih dapat terkena paparan panas tinggi yang dapat memiliki efek buruk pada daya tahan baterai.

Sistem pendingin MSI GE63VR 7RF Raider dengan julukan Cooler Boost 5 dilengkapi tujuh buah heatpipe tembaga. Tampak dua heatpipe digunakan untuk mendinginkan chip CPU sementara empat heatpipe digunakan untuk mendinginkan chip GPU. Tampak satu heatpipe pendingin chip CPU juga digunakan untuk mendinginkan sebagian komponen VRM dan chip VRAM graphics card. Terdapat pula satu heatpipe lainnya yang dikhususkan untuk mendinginkan komponen VRM dan chip VRAM graphics card. Desain heatpipe seperti ini memang menguntungkan mengingat panas dari graphics card tidak ikut menghangatkan prosesor begitupula sebaliknya.

Area pendinginan untuk komponen prosesor tampak juga digunakan untuk melepaskan panas yang datang dari komponen graphics card. Tidak aneh pengujian temperatur pada skenario gaming menunjukkan hasil yang mengejutkan.

Area pendinginan ini dikhususkan sepenuhnya untuk mendinginkan graphics card. Dengan dua area pelepasan panas untuk graphics card tidak aneh jika hasil pengujian kami menunjukkan hasil yang memuaskan untuk komponen ini. Dua kipas blower akan membantu panas dapat dilepaskan dan dibuang dengan cepat ke udara bebas dari sirip-sirip heatsink. Laptop gaming ini membuang udara panas ke arah belakang sekaligus sisi kanan dan kiri yang memiliki potensi mengenai tangan saat menggunakan mouse.

MSI GE63VR 7RF Raider dilengkapi dua slot SO-DIMM tipe DDR4 dengan dukungan kapasitas satu keping memori/RAM hingga 16 GB dan kecepatan 2400 MHz. Varian ini hanya dilengkapi satu keping memory/RAM DDR4 @8 GB 2400 MHz. Tentu Anda dapat menambahkan keping kedua di slot yang belum diisi untuk konfigurasi dual channel.

Sementara tepat di sebelah slot memori/RAM adalah dua slot M.2 yang dapat mengakomodir SSD PCIe dengan protokol NVMe. Unit pengujian kami dilengkapi SSD SATA dari produsen Toshiba dengan kapasitas 256 GB. Memang cukup disayangkan MSI GE63VR 7RF Raider tidak langsung menggunakan SSD PCIe yang memiliki kecepatan lebih tinggi.

MSI GE63VR 7RF Raider menyediakan solusi storage lain dengan konektivitas SATA III 6 Gbps. Unit pengujian ini dilengkapi HDD 1 TB 7200 RPM dari produsen Hitachi. Tepat disebelah HDD adalah wireless card  Killer Wireless-AC 1435 yang mendukung konektivitas Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.1. Dan tepat di sebelahnya adalah chipset/PCH HM175.

MSI GE63VR 7RF Raider menghadirkan solusi audio dari produsen audio ternama Dynaudio dengan menghadirkan dua speaker dan dua woofer dengan diameter masif yang diklaim mampu menghasilkan suara lebih realistris, lebih berisi, dan lebih imersif. Komponen speaker tampak memakan area cukup luas di dalam bodi laptop.

Perangkat catu daya MSI GE63VR 7RF Raider yang mampu menyuplai daya listrik hingga 230 Watt.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags: