in: Highlights - Notebook / Laptop | February 12, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: MSI GE63VR 7RF RAIDER

Konsumsi Daya

Shift – Sport

Note: Total system power consumption (In Watts)

Konsumsi daya listrik MSI GE63VR 7RF Raider mencatatkan angka tertinggi di 205 Watt di pengujian kami. Tergolong wajar untuk spesifikasi yang ditawarkan. Masih tersisa ruang gerak mencukupi sebelum menyentuh angka 230 Watt jika pengguna ingin meng-overclock graphics card dengan menggunakan utility Dragon Center.

Battery Life

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 50% | Speaker Volume – 25 % | Airplane Mode – On (Video Playback) | WiFi On & Bluetooth Off (YouTube)

Dengan kapasitas baterai 51 Wh, daya tahan baterai MSI GE63VR 7RF Raider masih tergolong memuaskan terlebih ia menggunakan layar 120 Hz dan kami uji di tingkat kecerahan layar 50%. Perlu diperhatikan pengujian di atas menggambarkan daya tahan baterai untuk aktivitas yang dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Untuk aktivitas yang dilakukan tidak secara terus menerus dengan memberikan jeda, daya tahan baterai seharusnya dapat bertahan lebih lama. Penggunaan sistem operasi dan aplikasi berbeda juga akan karakter penggunaan baterai akan berbeda.

Sementara daya tahan baterai MSI GE63VR 7RF Raider di skenario gaming tampak tidak terlalu mengecewakan meskipun tergolong singkat. Dengan kapasitas baterai 51 Wh dan GTX 1070 sekaligus layar 120 Hz di dalamnya, tidak aneh jika laptop gaming ini dengan cepat menguras isi baterai. Terlebih ia kami uji dengan tingkat kecerahan layar 50% yang cukup memakan banyak listrik juga.

Kesimpulan

Core i7 7700HQ – Performa komputasi prosesor yang populer digunakan di laptop gaming tersebut memang tidak perlu diragukan lagi. Dilengkapi delapan buah thread dengan kecepatan kerja 3,4 GHz saat empat core bekerja, Core i7 7700HQ siap menangani komputasi berat baik di skenario gaming ataupun non-gaming. Cocok sekali untuk mereka yang berkutat di dunia 3D-modellingediting kelas profesional untuk gambar/video/audio, pembuatan animasi, CAD, dan masih banyak lagi. Performa Core i7 7700HQ di MSI GE63VR 7RF Raider pun terasa optimal berkat konfigurasi dual channel dan penggunaan SSD sebagai storage utama tempat sistem operasi Windows. SSD pun membuat sistem menjadi lebih responsif sekaligus membuat proses loading aplikasi editing dan game menjadi lebih cepat dibandingkang menggunakan HDD.

GTX 1070 – Di resolusi layar Full HD yang dimiliki MSI GE63VR 7RF Raider, GeForce GTX 1070 sukses menampilkan performa luar biasa. Game keluaran terbaru sekalipun dapat dijalankan dengan lancar di tingkat kualitas visual maksimal yang membuat gamer mendapatkan pengalaman terbaik saat memainkan game. Kapasitas masif memori/VRAM 8 GB pun membuat MSI GE63VR 7RF Raider siap menangani game masa kini yang memakan banyak tempat di dalam chip GDDR5. Tidak ketinggalan, layar 120 Hz pun membuat pengalaman memainkan game semakin sempurna dengan tampilan animasi pergerakan yang lebih mulus. Memang tidak semua game dapat mencapai frame rate di atas 60 fps dengan setting kualitas grafis “rata kanan”. Menurunkan setting kualitas grafis beberapa tingkat sepertinya dapat membantu mencapai frame rate di atas 60 fps. Dan tentu saja penggunaan GTX 1070 membuat MSI GE63VR 7RF Raider siap sebagai sistem untuk menampilkan konten VR (Virtual Reality) secara sempurna. Performa bawaan GTX 1070 pun masih ditingkatkan lagi dengan meng-overclock secara manual dengan utility Dragon Center.

Cooling Performance – Desain sistem pendingin Cooler Boost 5 dimana satu area pelepasan panas digunakan untuk mendinginkan komponen prosesor dan graphics card membuat temperatur kerja Core i7 7700HQ begitu tinggi di skenario gaming. Bahkan pada kecepatan kipas Auto temperatur Core i7 7700HQ menyentuh angka di atas 90 °C yang tergolong sangat tinggi. Untunglah kondisi tersebut dapat di atasi dengan menggunakan mode kecepatan kipas Cooler Boost di 100 %. Untunglah di skenario non-gaming temperatur kerja prosesor relatif lebih aman bahkan pada kecepatan kipas Auto. Desain sistem pendingin Cooler Boost 5 memang sangat menguntungkan komponen graphics card dengan dua area pelepasan panas yang membuat temperatur kerja graphics card kelas high end seperti GTX 1070 tetap berada di bawah 80 °C.

 

Overall – Laptop gaming MSI GE63VR 7RF Raider dijual pada kisaran harga Rp. 29.999.000,- dengan menyertakan sistem operasi Windows 10. Untuk sebuah laptop gaming dengan spesifikasi hardware setinggi itu, harga yang ditawarkan MSI GE63VR 7RF Raider memang tergolong menarik. Tidak banyak laptop gaming yang menawarkan spesifikasi serupa dengan harga tidak lebih dari 30 juta. Memang ada kompensasi pada penggunaan panel TN untuk layar 120 Hz. Akan tetapi jika tingkat refresh rate dan response time lebih diprioritaskan, kualitas reproduksi warna layar MSI GE63VR 7RF Raider masih tergolong baik untuk sebuah panel TN. Laptop gaming ini juga datang dengan sejumlah keunggulan lainnya seperti keyboard buatan SteelSeries dengan backlit RGB yang dapat dikostumisasi warna sekaligus efeknya, konektivitas USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) sekaligus USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps) untuk transfer data besar dengan cepat, solusi jaringan dari Killer Networking, utility pendukung melimpah, dan lainnya.

Kelebihan

(+) Harga menarik untuk spesifikasi yang ditawarkan

(+) Siap untuk komputasi berat dengan Core i7 7700HQ

(+) Kinerja gaming sangat memuaskan dengan GTX 1070

(+) Mode Shift – Turbo untuk performa graphics card lebih tinggi lagi

(+) Temperatur kerja GTX 1070 rendah

(+) Pengaturan kecepatan kipas

(+) Tombol khusus untuk mengaktifkan kecepatan kipas Cooler Boost (100 %)

(+) Kapasitas memori/RAM bawaan melimpah

(+) Dukungan kapasitas memori/RAM hingga 32 GB

(+) Layar 120 Hz

(+) SSD untuk sistem operasi

(+) Tersedia dua slot M.2 PCIe 3.0

(+) Keyboard SteelSeries dengan lampu backlit yang dapat dikostumisasi warna dan efeknya

(+) Tiga port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)

(+) Satu port USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps)

(+) HDMI

(+) Mini Display Port

(+) Solusi jaringan dari Killer Networking

(+) Konsumsi daya listrik rendah

(+) Area tombol ASDW aman dari paparan panas tinggi saat menjalankan game

(+) Utility pendukung melimpah

Kekurangan

(-) Temperatur tinggi menyebabkan gejala thermal throttling pada prosesor di skenario gaming dengan kecepatan kipas Auto

(-) Baterai ditempatkan di dekat komponen yang menghasilkan panas tinggi

(-) Ventilasi samping menimbulkan resiko paparan panas tinggi pada tangan saat menggunakan mouse

(-) Panel TN kurang cocok untuk mereka yang membutuhkan akurasi warna tinggi

(-) Masih menggunakan SSD M.2 SATA III 6 Gbps

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags: