in: Storage Devices | February 21, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: Samsung 960 EVO M.2  1 TB

Pada pertengahan September 2016 lalu, Samsung resmi memperkenalkan dua SSD M.2 flagship andalannya antara lain 960 PRO dan 960 EVO yang dilengkapi dengan protokol NVMe (Non Volatile Memory Express). Kedua SSD dari Samsung tersebut hadir di tengah makin menjamurnya SSD serupa yang ditawarkan oleh beberapa produsen terkemuka. Oleh karena itu, Samsung menghadirkan 960 EVO yang diklaim lebih ditujukan untuk kalangan pengguna yang ingin merasakan sensasi performa dari SSD berteknologi canggih dengan harga lebih terjangkau. Penasaran seperti apa performa yang ditawarkan Samsung SSD 960 EVO yang mampir ke meja pengujian kami ini? Berikut ulasan lengkapnya kami sajikan untuk Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak belakang
Paket penjualan SSD Samsung 960 EVO 1 TB hanya terdiri dari satu unit SSD dan buku petunjuk manual penggunaan.

 

Dalam paket penjualan yang tersaji memang terlihat sederhana. Samsung hanya menyertakan buku panduan penggunaan dari SSD Samsung 960 EVO ini. Namun bila Anda mengunjungi situs resmi dari Samsung, Anda akan mendapatkan beberapa pendukung dari SSD ini, mulai dari driver NVMe dan Magician Software yang dapat Anda andalkan untuk memantau perkembangan SSD ini saat digunakan.

Samsung 960 EVO 1 TB

Spesifikasi antara SSD Samsung 960 PRO dan 960 EVO terletak pada penggunaan tipe chip V-NAND yang digunakan, dimana 960 EVO menggunakan V-NAND tipe TLC. Dengan penggunaan chip tersebut, tentunya SSD ini hadir sebagai varian ekonomis dari SSD 960 Series. Samsung 960 EVO yang memiliki form factor M.2 2280 menggunakan antarmuka PCI Express 3.0 x4 (theoretical bandwidth 3940 MB/s) dan tentunya telah dilengkapi dengan protokol NVMe. Keunggulan dari SSD ini juga terletak dari teknologi Dynamic Thermal Guard yang diusungnya. Teknologi ini mampu untuk mempertahankan performa maksimal bahkan pada saat kondisi ekstrim sehingga mampu mencegah terjadinya overheating saat beroperasi.

Untuk urusan performa, perpaduan antara chip V-NAND TLC dan kontroler Samsung Polaris membuat Samsung SSD 960 EVO ini diklaim mampu menawarkan kecepatan sequential read hingga 3,200 MB/s dan kecepatan sequential write hingga 1,900 MB/s. Sementara itu untuk durabilitas Samsung SSD 960 EVO diklaim memiliki daya tahan hingga 400 TBW (Terabytes Written) untuk varian 1 TB yang hadir di meja pengujian kami ini. Sedangkan untuk pilihan kapasitasnya, Samsung SSD 960 EVO tersedia dalam 3 varian ukuran di antaranya 250 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Beberapa feature esensial seperti TRIM, Garbace Collection, Device Sleep dan Enkripsi AES 256-bit juga telah disematkan pada Samsung 960 EVO ini. Mulai penasaran dengan performa pada SSD yang memiliki MTBF 1.5 juta jam ini? Berikut hasil pengujiannya kami hadirkan untuk Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: