in: Storage Devices | February 9, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD Hikvision E100N M.2 256 GB

Pada pembahasan review storage kali ini, kami akan mengulas kembali salah satu produk SSD (Solid State Drive) milik produsen kamera CCTV ternama asal China, yaitu Hikvision. Sebelumnya kami sempat mengulas SSD Hikvision dengan nama seri E100I dengan form factor 2.5”, dan kali ini kami akan membahas kembali SSD dari produsen yang sama namun dengan nama seri dan form factor yang berbeda. SSD milik Hikvision yang akan segera kami bahas kali ini hadir dengan nama seri E100N dan memiliki rancangan SFF (Small Form Factor) M.2 2280.

Sebelum kita membahas lebih jauh seputar spesifikasi dan juga performa dari SSD consumer milik produsen ternama CCTV asal China ini, berikut akan kami paparkan terlebih dahulu paket penjualan dari SSD Hikvision E100N berkapasitas 256 GB yang mampir ke meja pengujian kami ini. Berikut ulasan lengkapnya kami sajikan untuk Anda.

Paket Penjualan

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak belakang

Layaknya kemasan SSD dari beberapa produsen pada umumnya, Hikvision E100N dikemas cukup apik oleh sang produsen. Anda bisa menemukan beberapa informasi seputar SSD ini, seperti kapasitas, interface dan masa garansi dari SSD ini.

Kelengkapan penjualan

Terlihat dari gambar di atas, Hikvision E100N boleh dikatakan memiliki paket penjualan yang tergolong minim. Tidak ada buku panduan penggunaan dan juga kami tidak mendapati adanya dukungan tools dari SSD ini setelah kami mengunjungi situs resmi Hikvision.

SSD Hikvision E100N M.2

Hikvision E100N dengan SFF M.2 2280 yang hadir dengan bobot sekitar 5.4 gram ini tampil cukup polos di seluruh body-nya. Meskipun tidak dilengkapi dengan heatsink atau casing untuk mendinginkan kontroler serta NAND flash yang digunakan, SSD ini tampaknya memang lebih ditujukan untuk sistem PC yang memiliki desain ramping, seperti laptop atau mini PC yang telah dilengkapi dengan interface M.2.

Hadir dengan tampilan yang polos, Anda bisa melihat langsung wujud dari kontroler dan juga NAND flash yang digunakan pada SSD Hikvision E100N ini. SSD ini telah dilengkapi dengan kontroler Maxiotek MK8115 yang dipadankan dengan 3D NAND flash tipe TLC (Tri-Level-Cell).

Dengan spesifikasi yang dimiliki serta menggunakan protocol M.2 SATA III, SSD Hikvision E100N diklaim mampu menawarakan kecepatan sequential Read mencapai 500 MB/s dan 450 MB/s untuk kecepatan sequential Write. Sedangkan pada kecepatan Read/Write Random 4K mencapai 70.000/32.000 IOPS serta diklaim memiliki durabilitas TBW (Terabyte Written) mencapai 88 TB.

Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami peroleh pada SSD yang memiliki MTBF 1.5 juta jam ini? Langsung saja simak hasil pengujian yang kami lakukan pada halaman berikut.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES