in: News | February 1, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Samsung Resmi Hadirkan Monitor Gaming Layar Lebar CHG90 Di Indonesia

Samsung Electronic Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran monitor terbaru yang ditujukan untuk segmen gaming, yaitu Samsung CHG90. Monitor ini sebenarnya sempat diumumkan kehadirannya pada Juni 2017 lalu, namun baru kali ini Samsung resmi menghadirkan monitor gaming barunya ini di pasar Indonesia.

Berbekal dengan beberapa dukungan dan fitur untuk kebutuhan para gamer, Samsung CHG90 dilengkapi dengan layar lebar berukuran 49″ dengan rasio layar 32:9 dan resolusi 3840 x 1080 double Full HD (DFHD). Selain berbekal rasio yang sangat lebar, layar yang digunakan pada monitor ini memiliki desain lengkung dengan kelengkungan curvature 1800R dengan view angle lebar 178 derajat. Dengan tingkat kelengkungan layar yang dimiliki, Samsung CHG90 dipastikan mampu memberikan kenyamanan penggunaan, terutama dalam memperoleh sudut pandang yang lebih luas saat bermain game.

Albert Susilo, selaku Head of Monitor Business, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung CHG90 sendiri merupakan monitor yang dibekali dengan panel QLED yang saat ini tengah menjadi andalan Samsung pada beberapa produk mereka, baik itu monitor dan juga televisi mereka. Panel jenis VA (Vertical Allignment) yang digunakan pada monitor Samsung ini diklaim akan mampu mendukung kebutuhan gamer karena memiliki response time yang sangat cepat, yaitu 1 ms. Selain itu, refresh rate yang ditawarkan monitor juga cukup tinggi yakni mencapai 144Hz.

Curvature 1800R

Albert Susilo, selaku Head of Monitor Business, Samsung Electronics Indonesia, menyampaikan bahwa kebutuhan tiap para gamer saat ini mungkin bisa dikatakan sudah semakin beragam. “Samsung mencoba menawarkan monitor gaming CHG90 ini untuk para gamer profesional di Indonesia dengan beberapa keunggulannya seperti penggunaan panel VA untuk memberikan response time dan refresh rate yang tinggi serta layar lengkung dengan tingkat curvature 1800R yang mampu memberikan kenyamanan lebih saat digunakan bahkan mengurangi kelelahan pada mata“, ujar Albert.

Tersedia gantungan headset di belakang monitor

Monitor gaming terbaru dari Samsung ini telah didukung dengan fitur adaptive sync FreeSync 2 yang tentunya memungkinkan monitor ini memiliki tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card besutan AMD. Selain itu, fitur HDR (High Dynamic Range) yang tersemat di Samsung CHG90 diklaim mampu menyajikan kualitas gambar dengan tingkat akurasi warna yang akurat tajam.

Meskipun memiliki rasio layar 32:9, pihak Samsung mengklaim bahwa saat ini sudah ada beberapa game yang mendukung rasio layar tersebut di antaranya seperti CS:GO, DOTA 2, Batman: Arkham Knight, Battlefield 1 dan GTA V. Soal konektivitasnya, Samsung CHG90 memiliki beberapa port esensial di antaranya seperti 2x port HDMI, satu port DP dan mini DP, 2x port USB 3.0 dan audio jack 3.5mm. Mengenai kehadirannya, monitor Samsung CHG90 yang hanya tersedia dalam pilihan layar berukuran 49″ ini sudah tersedia di pasaran. Soal harga, Samsung membanderol monitor gaming barunya ini dengan harga sekitar Rp. 20 juta.

Tags: