in: News | February 22, 2018 | by: Friska Suryawinata

Survei: Kepuasan Pengguna Smart Speaker Capai 89%

Walau harus diakui bahwa tren smart speaker, seperti Amazon Alexa misalnya, tidak heboh di Tanah Air, tetapi di luar negeri banyak yang menggunakan “asisten” virtual ini untuk membantu para pemakainya melakukan beragam hal, seperti melakukan pencarian hingga memutar musik.

Sebuah survei dari Gene Munster’s Loup Ventures mengenai tren smart speaker ini mengungkapkan bahwa setidaknya 1 dari 6 orang penduduk Amerika memiliki perangkat smart speaker tersebut. Dan laporan yang sama juga membahas bahwa terdapat tingkat kepuasan pemakaian hingga 89% bagi mereka yang memiliki perangkat-perangkat ini.

Para pengguna smart speaker ini menggunakan sang asisten tersebut lebih banyak untuk memutar musik, sementara sisanya adalah untuk menanyakan cuaca hingga pertanyaan-pertanyaan simpel lainnya. Mereka yang sungguhan menggunakan smart speaker ini sebagai kontrol rumah hanya berkisar 10-11% saja.

Smart Speaker ini sendiri masih didominasi oleh Amazon Echo dengan terdapat sebanyak 55% pengguna, dilanjutkan dengan Google Home dengan 23% dan Cortana dengan 15%. Apple Home memiliki tingkat yang paling kecil di 3%, tetapi perangkat mereka baru saja dirilis sehingga cukup wajar jika angka penjualannya masih tergolong rendah.

Tags: