in: News | February 19, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Windows 10 Pro Hadirkan Mode “Ultimate Performance”

Selama ini, di sistem operasi Windows 10, secara standar pengguna mendapatkan tiga buah opsi Power Options, yaitu “Power Saver”, “Balanced”, dan “High Performance”. Hadirnya tiga opsi tersebut secara umum sudah bisa mengakomodasi kebutuhan sebagian besar pengguna PC dengan Windows 10. Namun, Microsoft tampanya merasa hadirnya tiga opsi itu aja masih belum cukup, dan mereka pun akan menghadirkan satu opsi lagi, yang ditujukan untuk siapa saja yang mencari performa tertinggi dari PC mereka, yang disebut sebagai “Ultimate Performance”.

Tanpa Fitur Penghematan Daya

Mode “Ultimate Performance” ini disebut Microsoft akan menawarkan performa maksimal yang absolut, dalam artian tidak ada fitur penghematan daya yang aktif. Sebelumnya, mode yang menawarkan performa paling tinggi, “High Performance”, disebut masih memiliki beberapa fitur efisiensi daya yang sedikit mengorbankan performa. Kini, fitur tersebut dinonaktifkan secara total oleh Microsoft di mode baru yang tampaknya akan dihadirkan di update besar berikutnya untuk Windows 10.

Microsoft menyebutkan bahwa mode ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pengguna PC yang ingin mendapatkan performa maksimal absolut dari PC mereka. Hal ini memang terkadang dibutuhkan, misalnya di PC yang digunakan oleh pekerja kreatif, seperti untuk 3D dan video editing, agar beban kerja seperti rendering dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Selain itu, mode ini mungkin juga akan membantu overclocker untuk mendapatkan performa lebih baik dari sekadar menggunakan konfigurasi “High Performance”.

Hanya untuk Windows 10 Pro Saja

Kemungkinan besar, mode “Ultimate Performance” ini akan hadir di Spring Creators Update untuk Windows 10, yang seharusnya akan mulai dibagikan sekitar bulan Maret – April 2018 ini. Mode ini disebut hanya akan tersedia untuk Windows 10 Pro saja. Selain itu, mode ini disebut juga mungkin hanya akan tersedia untuk PC yang tidak menggunakan baterai, dalam artian tidak akan tersedia untuk laptop.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES