in: News | March 20, 2018 | by: Yufianto Gunawan

25 Tahun Dell di Indonesia: Terus Bangun Momentum Positif

Tahun 2018 ini merupakan tahun di mana Dell EMC merayakan 25 tahun kehadiran mereka di Indonesia. Sepanjang 25 tahun itu, perusahaan dari AS tersebut telah meraih banyak sekali capaian positif, termasuk di tahun fiskal 2018 mereka yang baru saja berakhir. Kini, berbekal momentum positif di penghujung tahun fiskal 2018 tersebut, Dell EMC ingin terus meningkatkan kinerja mereka dan meraih lebih banyak lagi capaian positif mereka di Indonesia.

Mr. Tian Beng, Senior VP & GM, Channel, APJ, Dell EMC, saat menjelaskan capaian Dell EMC sepanjang FY18

Akhiri FY18 di Puncak di Beberapa Kategori

Perusahaan yang menawarkan solusi end-to-end untuk dunia IT ini mencatatkan capaian positif di akhir tahun fiskal 2018 mereka, di mana menurut informasi dari salah satu pengamat pasar, IDC, Dell EMC menjadi yang terdepan di Indonesia untuk penjualan produk di beberapa kategori, yaitu x86 Server (32.8%), Commercial Desktop (24.3%), Workstation (40.7%), dan Mobile Workstation (53.3%). Menurut Dell, kesuksesan tersebut tidak terlepas dari apa yang telah mereka lakukan selama ini, bersama dengan para rekan bisnis mereka. Salah satunya adalah melalui program kemitraan mereka yang diperkenalkan bulan Febuari 2017 lalu. Program tersebut memungkinkan Dell EMC bekerja sama dengan lebih erat dengan rekan bisnis mereka, yang memungkinkan mereka bekerja dengan lebih baik, berimbas positif ke prestasi secara keseluruhan.

Mencoba mempertahankan prestasi yang menempatkan mereka di puncak di beberapa kategori tersebut, Dell EMC mendengarkan masukan dari rekan bisnis mereka dan mencoba merumuskan beberapa hal yang akan mereka lakukan untuk tahun fiskal 2019 ini. Salah satu hal yang akan mereka lakukan adalah menaruh perhatian lebih untuk beberapa sektor industri vertikal, di antaranya kesehatan, ilmu pengetahuan, energi, video surveillance, serta pemerintahan pusat, daerah, dan pendidikan, di mana produk-produk mereka bisa mendukung sektor-sektor tersebut. Selain itu, Dell EMC juga akan menggiatkan pelatihan untuk solusi yang mereka tawarkan, serta menggelar aktivitas untuk perkenalan produk-produk mereka bersama rekan bisnis mereka.

Mr. Tian Beng dan Ms. Catherine Lian, Managing Director, Dell EMC Indonesia, saat berdiskusi dengan perwakilan media.

Kejar Pasar di Luar Jakarta

Selain mempertahankan apa yang mereka telah capai, Dell EMC juga memiliki beberapa rencana untuk meningkatkan lagi prestasi mereka, termasuk mengejar pasar di luar Jakarta. Seperti untuk produk-produk di kategori consumer, Dell EMC ingin mencoba masuk lebih dalam ke beberapa kota di luar Jakarta dan beberapa kota besar di mana posisi mereka sudah cukup kuat. Kota-kota yang diincar adalah kota besar di Kalimantan, Medan, Semarang, serta Makassar.

Dell EMC juga mencoba untuk mendengarkan masukan dari pengguna produk mereka, serta dari rekan bisnis, dan menggunakannya sebagai bahan pengambilan keputusan, seperti untuk perluasan jangkauan layanan perbaikan produk, dan lain sebagainya. Produk yang dipasarkan pun disesuaikan agar lebih sesuai dengan kebutuhan yang ada, sehingga membentuk lini produk yang kuat di Indonesia.

Perjalanan 25 Tahun di Indonesia

Terkait 25 tahun di Indonesia, Dell memang pertama kali membuka bisnis di Indonesia pada tahun 1993 lalu, bersama dengan rekanan mereka Adhisakti, yang hingga saat ini masih menjadi salah satu distributor produk mereka di Indonesia. Kemudian, pada tahun 2000, Dell membuka perwakilan resmi di Indonesia, dengan unit bisnis khusus untuk consumer dibuka pada tahun 2009 dan disusul unit bisnis commercial pada tahun 2009. Setelah merger Dell dan EMC pada tahun 2016 lalu, operasi mereka di Indonesia pun disatukan, sebagai Dell EMC Indonesia, yang mewakili perusahaan-perusahaan di bawah Dell Technologies untuk Indonesia, yaitu Dell, EMC, RSA, VMWare, Pivotal, SecureWorks, dan VirtuStream.

Tags: