in: News | March 23, 2018 | by: Yufianto Gunawan

AMD & MSI Sambut Hadirnya APU Raven Ridge di Indonesia

Awal bulan Febuari 2018 lalu, AMD memperkenalkan duo APU pertama mereka untuk desktop yang dibangun berdasarkan arsitektur Zen, yaitu Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G. Kedua APU dari keluarga Raven Ridge tersebut hadir untuk platform berbasis soket AMD AM4, yang juga digunakan oleh prosesor Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7 yang dirilis tahun 2017 lalu. Menyambut hadirnya APU Raven Ridge tersebut, AMD bersama salah satu produsen motherboard ternama, MSI, menggelar sebuah acara untuk memperkenalkan duo APU baru itu beserta jajaran motherboard MSI yang mendukungnya.

APU Raven Ridge dan Motherboard AM4 dari MSI

Karena menggunakan soket AM4, APU Raven Ridge ini tentu saja bisa dijalankan di motherboard AM4 dengan basis chipset AMD 300 Series yang sudah ada selama ini. MSI tentu juga telah memiliki jajaran produk motherboard AM4 dengan chipset AMD 300 Series, yaitu chipset A320, B350, serta X370. Melalui sebuah acara yang digelar di daerah Mangga Dua, Jakarta, AMD dan MSI mengumumkan bahwa produk-produk dari jajaran motherboard AM4 MSI, baik dari lini Enthusiast Gaming, Performance Gaming, Arsenal Gaming, maupun Pro Series, sudah mendukung kedua APU baru tersebut.

Bapak Anes dari AMD menjelaskan apa itu APU Raven Ridge.

MSI, bersama distributor mereka untuk jajaran motherboard AMD, PT Alfa Artha Andhaya, menampilkan beberapa desktop dengan basis motherboard AM4 mereka serta APU Raven Ridge di acara tersebut. Desktop yang ditampilkan pun digunakan untuk menjalankan beberapa game dalam kondisi tanpa menggunakan graphics card diskrit. Hal itu memang dimungkinkan karena APU Raven Ridge mengusung integrated graphics berbasis arsitektur Vega. Performa yang ditawarkan Radeon Vega 8 di Ryzen 3 2200G dan Radeon RX Vega 11 di Ryzen 5 2400G memang bisa menjalankan berbagai game dengan baik, di resolusi hingga Full HD dan konfigurasi tertentu.

Bapak Paulus dari MSI menjelaskan produk motherboard AM4 mereka.

“Have You Memory Try It?”

Satu hal yang menarik yang dijelaskan oleh MSI di acara tersebut, terkait motherboard mereka dan APU AMD Raven Ridge, adalah “Memory Try It”. Fitur Memory Try It sendiri memang ditawarkan MSI sejak beberapa waktu lalu untuk membantu pengguna motherboard mereka mendapatkan konfigurasi RAM yang lebih baik dari standar ataupun AMP/XMP, tanpa pengguna harus mengetahui seluk beluk tweaking RAM. Pengguna hanya perlu memilih preset Memory Try It yang ada di BIOS untuk mencoba menjalankan RAM di kecepatan tinggi, dengan semua parameter utama penting di RAM diatur secara otomatis berdasarkan preset.

Ibu Erika dari PT AAA mendampingi peserta acara mencoba Memory Try It di motherboard MSI.

RAM dengan kecepatan tinggi sendiri memang menjadi hal yang penting bagi APU Raven Ridge, terutama bila pengguna tidak menggunakan graphics diskrit. Bandwidth besar yang ditawarkan DDR4 di kecepatan tinggi tentu akan membantu mendorong performa Radeon Vega di kedua APU Raven Ridge tersebut, bila dibandingkan dengan RAM berjalan di kecepatan standar, seperti DDR4-2133 atau DDR4-2400. Konfigurasi yang mudah ke kecepatan tinggi itu melalui Memory Try It akan jadi suatu hal yang sangat menguntungkan bagi pengguna, dan akan membantu mereka mendapatkan desktop berbasis APU AMD Raven Ridge yang optimal. Ini menjadi senjata tersendiri bagi MSI untuk meyakinkan pengguna memilih produk motherboard AM4 mereka untuk desktop berbasis APU Raven Ridge.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES