in: News | March 12, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Apple Siapkan Macbook Entry Level

Beredar kabar bahwa Apple bersiap akan meluncurkan Macbook terbaru mereka pada akhir catur wulan kedua tahun ini. Macbook baru ini akan ditujukan untuk kelas entry-level. Rumor menyebutkan bahwa kemungkinan harganya akan sama dengan Macbook Air saat ini.

Belum ada spesifikasi jelas mengenai Macbook baru ini. Beberapa fakta yang muncul adalah untuk Macbook baru ini Apple bertujuan untuk memotong biaya dengan mencari supplier baru untuk panel LCD yang digunakan. Awalnya mereka mencari supply di China, akhirnya kemungkinan panel tersebut akan di LG yang berbasis di Korea. Panel yang diusung akan berukuran 13.3 inchi dan mempunyai resolusi sebesar 2560×1600. LG akan mulai mengirimkan panel tersebut pada bulan April dan produksi untuk Macbook baru ini akan dimulai akhir Mei atau awal Juni. Perakitan akan dilakukan oleh dua pihak. Pihak pertama adalah Quanta Computers yang akan menangani 70% dari produksi Macbook baru ini. Selebihnya akan ditangani oleh Foxconn Electronics (Hon Hai Precision Industry).

Cukup menarik bahwa Apple mulai berpikiran untuk menurun harga dari Macbook mereka dan memberikan opsi yang lebih bersaing dengan laptop produksi brand lain. Tentunya salah satu masalah yang selalu diutarakan oleh pencinta Apple mengenai Macbook adalah upgrade cycle mereka yang kadang terlalu lama. Ini membuat pengguna Macbook terpaksa menggunakan spesifikasi yang lebih tua untuk menangani aplikasi-aplikasi baru. Apple memang melakukan optimalisasi software untuk hardware yang mereka miliki, tetapi sampai batas tertentu hanya upgrade hardware yang akan dapat mengobati kekecewaan pencinta Macbook kepada Apple.

Sumber: Digitimes

Tags: