in: News | March 11, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Bose Sediakan Dana USD 50 Juta Untuk Startup Yang Gunakan Teknologi AR Mereka

Siapa yang tidak kenal dengan Bose? Di dunia audio nama ini telah menjadi personifikasi dari perangkat high-end berkualitas tinggi. Bose selalu menjadi perusahaan yang berusaha berinovasi dan mendorong perkembangan teknologi.

Courtesy : CNET

Kali ini perusahaan asal Amerika Serikat ini mencoba terjun ke dunia Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang menampilkan pandangan dari dunia nyata tetapi hadir dengan informasi-informasi tambahan. Informasi tersebut dapat berupa visual maupun audio. Bose tentunya lebih memusatkan perhatiannya pada bagian audio dari AR.

Pada event South by Southwest, Bose memperkenal prototipe yang Bose AR. Perangkat ini hadir dalam bentuk kacamata yang didalamnya terdapat speaker kecil. Menggunakan informasi visual yang ditangkap kacamata, perangkat ini akan dapat memberikan informasi secara audio kepada pemakainya.

AR kit dari Bose yang tertanam didalam kacamata, dapat pula digunakan didalam headphone, helm atau perangkat lainnya untuk mendapatkan pengalaman AR yang lebih optimal. Perangkat AR ini juga akan dapat dikendalikan melalui kendali suara, head gesture dan simple touch gesture.

Prototipe pertama ini hadir dengan konektivitas bluetooth dan kompatibel dengan Siri dan Google Assistant. Sensor didalam kacamata yang melacak orientasi dari pengguna dan mengintegrasikan dengan perangkat iOS atau Android untuk melacak lokasi dan gerakan, yang kemudian akan dikirim ke aplikasi yang dapat menggunakan AR tersebut. Bose sendiri sudah mulai bekerjasama dengan ASICS Studio, Strava, TripAdvisor, TuneIn dan Yelp untuk menghadirkan konten untuk Bose AR.

Bose juga memberikan kesempatan bagi berbagai pihak untuk membuat aplikasi yang dapat memanfaat teknolgi AR ini. Mereka telah menyisihkan dana sebesar USD 50 Juta untuk mendanai perusahaan yang ingin bekerja dengan teknologi. Bose akan memberikan Software Development Kit (SDK) dan kacamata kepada pihak yang berminat.

Tags: