in: News | March 29, 2018 | by: Friska Suryawinata

Google Akuisisi Tenor, Salah Satu Platform GIF Terbesar


Bukan jadi hal yang asing lagi jika dalam melakukan percakapan di internet, menggunakan GIF terkadang bisa memberikan impact yang lebih mendalam ketimbang menggunakan stiker atau emoji biasa. Beberapa platform media sosial dan chatting sekarang pun banyak yang mengijinkan pengguna untuk menggunakan GIF dalam percakapan mereka, seperti misalnya WhatsApp.

Tidak lama ini, pihak Google telah mengakuisisi platform GIF yang populer untuk Android, iOS atau PC desktop. Akuisisi ini dilakukan atas alasan bahwa perkembangan pencarian gambar semakin meningkat, dan pencarian GIF pun turut meningkat dengan setidaknya terdapat jutaan orang mencari GIF setiap harinya. Google juga menyatakan dalam rilis resminya bahwa ketika mereka memulai Google Images, awalnya dikembangkan untuk memudahkan pengguna untuk mencari foto yang tersebar di seluruh web. Karena web dan perangkat mobile semakin berkembang, membuat pengguna memiliki cara berbeda dalam melakukan pencarian di Google Images.

“Sebagian pengguna sekarang menggunakan Google Images untuk mencari lebih dari sekedar informasi akan topik tertentu, sekaligus membantu mereka dalam berkomunikasi atau mengekspresikan diri,” tulis Google, “Kami terus mengembangkan Google Images untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna, dan hari ini kami membawa GIF lebih dekat dengan mengakuisisi Tenor.”

Dengan mengakuisisi Tenor, maka pengguna Google bisa lebih mudah untuk mencari GIF yang mampu mengekspresikan dirinya lebih tepat, dan pencarian GIF ini bisa lebih efektif melalui Google Images dan produk Google lain yang bisa menggunakan GIF seperti misalnya GBoard.

Google juga mengkonfirmasikan bahwa akuisisi ini bukan berupa penggabungan antar dua perusahaan, tetapi Tenor akan tetap berdiri sendiri sebagai perusahaan terpisah dari Google yang akan berjalan di bawah pantauan Google. Pihak Google sendiri mengatakan akan melakukan investasi dalam teknologi yang dimiliki oleh Tenor, sekaligus membangun relasi dengan konten dan partner API.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES