in: News | March 21, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hadirkan Program SSLC, Samsung Dukung Kemajuan Pendidikan Di Indonesia

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang terjadi dalam tahun terakhir ini membuat Samsung berinisiatif untuk membawa kemajuan teknologi yang ada ke sektor pendidikan di Indonesia. Sebagai bagian dari kampanye kepedulian terhadap dunia pendidikan Indonesia, Samsung berinisiasi menggelar program kelas berbasis teknologi yang diberi nama Samsung Smart Learning Class (SSLC).

Program pendidikan berteknologi modern ini bertemakan “Edukasi Awal Inspirasi”, telah dimulai di empat Sekolah Menengah Atas (SMA) Indonesia, di antaranya SMA Pangudi Luhur Jakarta, Brawijaya Smart School Malang, SMA Plus 17 Negeri Palembang dan SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar. Melalui program ini, Samsung mendukung sekolah dan guru untuk menciptakan proses belajar yang lebih menyenangkan dengan beberapa produk Samsung, seperti Samsung Galaxy Tab A with S Pen.

Tidak hanya perangkat tablet saja, Samsung juga turut melengkapi ruang kelas berbasis teknologi ini dengan beberapa produk andalannya, antara lain 2 unit Smart TV 55”, perangkat Gear VR (Virtual Reality) dan tentunya semua perangkat ini harus didukung dengan koneksi internet. Selain itu, Samsung juga turut melengkapi perangkat pendukung kelas pintar ini dengan beberapa konten kreatif yang interaktif dan ada ekstrakurikuler coding dari Samsung.

Konten-konten tersebut sudah disesuaikan dengan kurikulum dan dapat digunakan oleh guru maupun murid untuk mata pelajaran matematika dan sains. Agar mata pelajaran matematika dan sains tidak terlalu menegangkan, konten-konten digital e-learning dari Samsung tersebut juga telah dilengkapi dengan beragam ilustrasi yang interaktif dan menarik.

Peluncuran program SSLC ini juga sebagai bagian dari dukungan Samsung kepada pemerintah dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, yang mana pemerintah juga telah melakukan pelatihan untuk guru dalam memanfaatkan TIK (Teknologi dan Komunikasi) dalam proses belajar mengajar dan menerapkan penggunaan teknologi terutama untuk ujian nasional.

Menteri Pendidikan, Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P, yang turut hadir pada peresmian program SSLC Samsung yang berlangsung di Sekolah Pangudi Luhur, Jakarta, menyatakan, “Dengan hadirnya program SSLC sejalan dengan misi kami dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Penerapan teknologi sebagai media digital untuk siswa dan para pengajar dapat memiliki konten visual yang lebih menarik sekaligus membimbing siswa memiliki karakter yang kuat di tengah kemajuan teknologi”.

Program SSLC untuk keempat sekolah saat ini dapat menampung sekitar 30 murid dalam setiap sesinya dan siap untuk dioperasikan mulai Maren 2018. Selain fasilitas, Samsung juga menghadirkan ekstrakurikuler Coding Class yang akan dilakukan di dalam SSLC. Melihat tren digital saat ini, keterampilan coding akan semakin banyak dibutuhkan di berbagai industri. Dengan memberikan kesempatan para murid mempelajari coding sejak SMA tentunya akan membuka peluang baru untuk mereka ke depannya.

Tags: