in: Audio | March 1, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Headphone: Beoplay H4 Over-Ear

Bang & Olufsen atau biasa dikenal dengan singkatan B&O, bukanlah merek yang asing di antara jajaran para penyedia produk audio terkemuka di dunia. Produsen terkemuka asal Denmark yang kini sudah berumur 93 tahun selalu fokus dalam menghadirkan beragam produk audio mereka, seperti speaker, headphone, earphone dan lain sebagainya. Tidak hanya memiliki pengalaman dan juga para insinyur andal dalam menghadirkan produk dengan kualitas suara tinggi, B&O juga dikenal memiliki jajaran produk audio dengan desain unik dengan berkelas.

Pada Februari 2017 lalu, B&O memperkenalkan lini keluarga terbaru dari Beoplay Series, yakni Beoplay H4. Produk yang berupa headphone dan mengusung desain Over-ear ini tampaknya hadir sebagai jawaban dari B&O dalam menghadapi persaingan headphone yang dilengkapi teknologi konektivitas wireless sebagai konektivitasnya, berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau. Mau tahu lebih lengkap soal headphone terbaru dari B&O ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Spesifikasi Beoplay H4:

Frequency Response: 20 – 20.000 Hz

Driver Type: Dynamic

Drive Size: 40mm

Color: Sand Grey

Konektivitas: Bluetooth 4.2 / audio jack 3,5mm

Battery: Lithium-ion 600 mAh rechargeable

Paket Penjualan

Sebelum kita memasuki pembahasan desain dan performa dari headphone Beoplay H4, berikut ini kami tampilkan terlebih dahulu apa saja yang akan Anda dapatkan dalam paket penjualan dari headphone ini.

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak belakang

Kelengkapan penjualan Beoplay H4

Kemasan yang disajikan untuk headphone Beoplay H4 ini terlihat tampil cukup besar. Sang produsen cukup apik dalam mendesain kemasan Beoplay H4 dengan beragam informasi yang tertera seputar headphone B&O ini, baik di bagian depan dan juga belakang di kemasannya. Di bagian belakang Anda akan menemukan tutorial cara menghubungkan Beoplay H4 ini ke perangkat pintar Anda, baik smartphone maupun tablet yang tentunya memiliki konektivitas Bluetooth. Dalam paket penjualannya, kami menemukan satu buah kabel audio jack 3.5mm sepanjang 1.25m dan buku petunjuk penggunaan. Sebenarnya dalam paket penjualan headphone ini, B&O juga turut menyertakan satu buah kabel USB untuk charge baterai pada headphone ini. Akan tetapi, kami tidak mendapatkannya pada produk yang kami pinjam ini.

Desain

Kini kita memasuki pembahasan desain dari Beoplay H4. Pada awal kami menerima headphone ini, kesan pertama yang kami dapat adalah desain yang terlihat tampak sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya, B&O tampak masih piawai dalam merancang Beoplay H4 ini dengan memberikan balutan warna-warna menarik sehingga terlihat tetap stylish. B&O menyediakan enam warna menarik pada Beoplay H4 ini antara lain Black, Violet, Charcoal Grey, Tangerine, Sand Grey dan Vapour. Selain menyediakan warna menarik, bahan material yang digunakan Beoplay H4 juga tampaknya menjadi perhatian para desainer B&O, seperti penggunaan kulit domba pada ear pad dan alumunium stainless steel pada headband. Kabel yang terpasang pada headband dan terhubung ke headphone dibalut dengan bahan yang terlihat mirip seperti tali sepatu, sehingga terlihat cukup kuat dalam melindungi kabel tersebut.

 

Dengan pemilihan bahan material yang berkualitas tinggi, Beoplay H4 memiliki bobot sekitar 235 gram. Terasa cukup ringan, headphone ini tergolong cukup asyik untuk dibawa bepergian ke mana saja, karena selain mudah disimpan di dalam tas, bobot dari headphone ini juga tidak akan terlalu membebankan Anda selama dalam perjalanan. Dengan ear cup yang dapat diputar, kami pun tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika menyimpan headphone ini ke dalam tas untuk dibawa bepergian. Hanya saja kami cukup menyayangkan, pihak B&O tidak menyertakan pouch atau kantong khusus, sehingga kami pun cukup khawatir dan berhati-hati saat membawanya bepergian dan menyimpannya di dalam tas.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: