in: News | March 8, 2018 | by: Irham

IBM Hadirkan Kelas Big Data di FEB UI

Tidak dipungkiri kecanggihan teknologi menjadi sangat berpengaruh dalam perkembangan jaman. Peningkatan skill individu dalam dunia teknolog tentunya menjadi sebuah keharusan agar kelak dapat bersaing di dunia profesional. IBM menghadirkan kelas big data bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitar Indonesia (FEB UI). Ini merupakan kelas Big Data pertama yang hadir di perguruan tinggi Indonesia.

Novan Adian, Country Manager Global Business Partner IBM Indonesia, mengatakan, “Kemitraan kami dengan FEB UI untuk membuka kelas Big Data dan Komputasi Kognitif pertama ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk membantu menyiapkan para pelajar dan generasi pemimpin masa depan Indonesia untuk dapat mengakselerasi perubahan yang dihadirkan oleh era komputasi terbaru.”

FEB UI dipilih karena akan IBM melihat saat ini pemintaan user dengan keahlian analisa big data akan banyak dibutuhkan di berbagai bidang bisnis. Pengambilan keputusan menggunakan analisa big data, bisa menentukan strategi dari sebuah perusahaan untuk memberikan produk dan layanan yang dibutuhkan.

IBM hadir dengan memberikan tools pengelolaan Big data untuk sekaligus memberikan edukasi secara langsung kepada “calon user. ”Teknologi menjadi tools, namun untuk membuat program, mengumpulkan data menjadi sesuatu yang berguna, tentu dibutuhkan user. Bagaimanapun canggihnya teknologi harus ada orang dibalik teknologi itu,” sambung Novan Adian.

“Kami merasa sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan data analytics sehingga kami berinisiatif mengadakan kerja sama dengan leader di industri IT seperti IBM. Pengembangan inisiatif ini kemudian diwujudkan dalam bentuk mata kuliah kerja sama yang berjudul Big Data dan Komputasi Kognitif, yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa FEB UI yang berminat,” ujar Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, Dr. Ancella A. Hermawan.

Ia juga menyebutkan bahwa mata kuliah ini berkembang dari keinginan Departemen Akuntansi FEB UI dalam meningkatkan kompetensi lulusan untuk beradaptasi dan berperan dalam dunia ekonomi digital yang telah banyak mengubah proses bisnis.

Pendaftaran kelas Big Data ini dibuka di bulan Februari dan rupanya cukup memiliki banyak peminat. Dari awal penyediaan kapasitas 100 mahasiswa, antusias pendaftar ternyata di luar ekspektasi sehingga di tambah kapasitas hingga 200 orang.

Pengajar kelas Big Data ini sendiri didatangkan langsung dari ekspertis berpengalaman. Sistem pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa yaitu dengan mengambil beberapa study kasus yang menajdi tren di lapangan, untuk kemudian melakukan praktikum bersama-sama mencari solusi dari permasalahan tersebut. Para mahasiswa yang mendaftar di kelas Big Dat pun sudah memiliki basic teori, sehingga mereka tidak mulai dari nol.

IBM juga tetap membuka peluang, untuk nantinya kelas Big Data hadir di bidang fakultas lainnya di berbagai Universitas. Karena Big Data memang bisa dimanfaatkan di berbagai bidang dalam mengambil keputusan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES