in: News | March 5, 2018 | by: Bhisma Sidarto

KingSpec Perkenalkan Z1 SSD Eksternal

Kebutuhan akan media penyimpanan yang cepat, awet dan portable makin lama semakin besar. Hard disk eksternal terlalu rentan terhadap goncangan dan kecepatannya pun terlalu lambat jika diandalkan sebagai drive untuk bekerja. USB flash drive menawarkan ketahanan atas goncangan tetapi kecepatannya hanya dapat diandalkan sebagai media penyimpanan saja. Solusi yang paling baik untuk drive yang awet dan cepat adalah SSD eksternal. Bekerja layaknya USB flash drive (keduanya sama menggunakan NAND flash memory, tetapi dengan kualitas yang berbeda), SSD eksternal menjadi tahan akan goncangan dan memiliki kecepatan yang cukup cepat untuk digunakan sebagai drive kerja. Sampai beberapa waktu yang lalu SSD eksternal terhambat oleh kecepatan dari USB. Dengan hadirnya standard USB 3.1 membuat kerja eksternal SSD menjadi lebih maksimal.

Pengguna sudah mulai merasakan gunanya mempunyai sebuah SSD tetapi dalam portable. Baru beberapa brand storage ternama yang memiliki varian SSD eksternal yang portable. Kingspec hadir untuk mencoba memenuhi permintaan tersebut dengan menghadirkan lini Z1 portable SSD.

Z1 ini sebetulnya adalah sebuah drive M.2 NVMe yang dipasangkan casing eksternal dari diberikan adaptor dari USB 3.1 ke M.2 PCie. Untuk produk ini, perusahaan asal Tiongkok ini menggunakan SLC NAND flash yang merupakan tipe tercepat dan tentunya termahal. Sebuah pilihan menarik, mengingat ini adalah sebuah solusi penyimpanan eksternal.

Z1 hadir dalam dua kapasitas, 128 GB dan 256 GB. Varian 128 GB menawarkan kecepatan sequential read di 700-800 MB/s dan write 550-600 MB/s. Tentunya varian 256 GB menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dengan klaim kecepatan read di 720-850 MB/s dan write di 620-750 MB/s. Untuk kecepatan 4K random-access QD64 diklaim di 33000 IOPS untuk read dan 42000 IOPS untuk write untuk kedua varian.

Saat ini Kingspec belum mengumumkan harga resmi untuk kedua produk tersebut.

Tags: