in: News | March 20, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo Indonesia Perbarui Lini ThinkPad dengan Prosesor Core i 8th Gen

Untuk Anda yang sudah melihat kehebatan prosesor laptop Core i 8th Gen “Kaby Lake-R” dan mengincar produk Lenovo ThinkPad, kini tiba saatnya untuk mewujudkan keinginan itu. Yap! Lenovo Indonesia akhirnya mengumumkan lini terbaru produk laptop ThinkPad yang ditenagai prosesor quad core hemat daya tersebut. Bintang utama peluncuran kali ini adalah lini ThinkPad X1 Series tetapi juga diramaikan oleh varian lain seperti ThinkPad E480, T480, T480S, L480, dan L380.

“Demografi tempat kerja yang terus berubah dan pengadopsian teknologi yang sangat cepat akan memicu perubahan mendasar di tempat kerja dan cara kerja,” ungkap Budi Janto, Country Manager, Lenovo Indonesia. “Hasil laporan IDC dan Lenovo beberapa waktu lalu menemukan bahwa generasi millenial di Asia, yang akan mengisi lebih dari 50% tenaga kerja di tahun 2020 nanti, akan mendorong transformasi di  empat kerja di seluruh Asia Pasifik, kecuali di Jepang. Keahlian generasi millenial akan teknologi, digabungkan dengan tekad perusahaan untuk meningkatkan daya saing, akan mendorong pengadopsian alat untuk mengakselerasi inovasi.” Tren inilah yang menjadi landasan Lenovo untuk terus memperbaharui produk komersilnya dengan berbagai fitur terbaru, seperti desain yang lebih ringan dan ramping, prosesor Intel Core generasi ke-8, serta fitur keamanan kamera dengan ThinkShutter Physical Webcam Cover.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon (Gen 6)

Di varian terbaru, laptop bisnis ini tidak hanya mempertahankan ciri khas pendahulunya pada penggunaan bahan serat karbon untuk bodi tetapi juga melakukan perubahan komponen prosesor dari Intel Core i 7th Gen U-Series menjadi Core i 8th Gen U-Series (Up to i7 8650U with vPro). Prosesor generasi terbaru itu membuat performa komputasi laptop bisnis ini meningkat jauh berkat peningkatan jumlah core sebanyak dua kali lipat. Tentu saja penggunaan bahan serat karbon membuat Lenovo dapat menciptakan bodi laptop ringan dan tipis tanpa mengorbankan faktor durabilitas.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon terbaru ini juga menawarkan keunggulan pada penggunaan layar 14 inci IPS HDR yang menawarkan tingkat kecerahan sangat tinggi hingga 500 nits untuk konfigurasi paling tinggi. Tingkat resolusi layar adalah WQHD/2560×1440 piksel dengan tingkat color gamut 100% yang memungkinkan reproduksi warna lebih kaya. Menariknya meskipun menggunakan layar 14 inci, Lenovo merancang bezel yang sangat tipis sehingga ukuran bodi mirip seperti bodi laptop 13 inci.

Laptop ini juga menawarkan fitur unggulan seperti ThinkShutter yang berfungsi sebagai penutup kamera untuk menghindari tindak mata-mata, sensor sidik jari, mikrofon dengan kemampuan mendeteksi suara di arah 360° hingga jarak 4 meter, konektivitas data super cepat dengan Thunderbolt 3, serta adanya aksesoris side mechanical dock terbaru dengan konektivitas Type-C USB. Daya tahan baterai diklaim Lenovo mencapai 15 jam dan berkat fitur Rapid Charge pengguna akan mendapatkan daya tahan baterai 12 jam dengan pengisian selama 1 jam saja.

Lenovo ThinkPad X1 Yoga (Gen 3)

Berbeda dengan varian sebelumnya, Lenovo ThinkPad X1 Yoga memiliki kemampuan ganda untuk dioperasikan sebagai laptop konvesional dan juga tablet. Menariknya saat menjadi tablet, Lenovo ini menyediakan mekanisme khusus yang membuat tombol keyboard rata dengan permukaan bodi sehingga lebih nyaman digunakan. Tentu saja tombol keyboard tidak aktif saat menjadi tablet.

Varian ThinkPad X1 yang satu ini juga ditenagai oleh prosesor Core i 8th Gen U-Series dengan unit pengolah grafis Intel UHD Graphics 620. Kapasitas memori/RAM LPDDR3 maksimal adalah 16 GB dan dilengkapi storage SSD NVMe dengan kapasitas hingga 1 TB. Lenovo ThinkPad X1 Yoga juga menawarkan penggunaan layar sentuh 14 inci IPS HDR WQHD yang menawarkan tingkat kecerahan sangat tinggi hingga 500 nits untuk konfigurasi paling tinggi. Laptop ini pun menyediakan sebuah stylus untuk pengoperasian selain menggunakan tangan. Fitur unggulan seperti ThinkShutter yang berfungsi sebagai penutup kamera untuk menghindari tindak mata-mata, sensor sidik jari, mikrofon dengan kemampuan mendeteksi suara di arah 360° hingga jarak 4 meter, konektivitas data super cepat dengan Thunderbolt 3 juga tersedia disini. Daya tahan baterai diklaim Lenovo mencapai 15 jam dan berkat fitur Rapid Charge pengguna akan mendapatkan daya tahan baterai 12 jam dengan pengisian selama 1 jam saja.

Lenovo ThinkPad X1 Tablet

Meskipun tergolong perangkat 2-in-1 seperti ThinkPad X1 Yoga, Lenovo ThinkPad X1 Tablet merupakan tablet dengan komponen keyboard yang dapat dilepas pasang. Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Tablet ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata dengan digunakannya prosesor Core i 8th Gen U-Series dan tersedia hingga varian Core i7 8650U. Tablet inipun menghadirkan unit pengolah grafis Intel UHD Graphics 620 yang dipadukan dengan memori/RAM LPDDR3 hingga 16 GB dan storage SSD NVMe hingga 1 TB. Layar sentuh yang digunakan memiliki ukuran 13 inci dengan resolusi masif 3000 x 2000 piksel dan dilengkapi permukaan Corning Gorilla Glass untuk ketahanan lebih baik. Tersedia perangkat stylus Lenovo Pen Pro dengan sensivitas tekanan hingga 4096 tingkat. Daya tahan ThinkPad X1 Tablet diklaim mencapai 9,5 jam dengan kapasitas baterai 45 Whr.

Lenovo ThinkPad X280

ThinkPad X280 ini juga ditenagai prosesor Intel Core i 7th Gen U-Series menjadi Core i 8th Gen U-Series (Up to i7 8650U with vPro) seperti tiga varian ThinkPad X1 lainnya. Laptop ini menggunakan layar 12,5 inci yang membuat bodi lebih ringkas dengan bobot hanya sekitar 1,13 kg dan ketebalan 17,4 mm. Seperti ThinkPad X1 Series, varian yang satu ini pun diklaim telah lolos standar militer MIL-STD hingga 12 Main Test dan 21 Sub Test sehingga siap digunakan dalam kondisi ekstrim sekalipun. Laptop ini menawarkan daya tahan hingga 13 jam dan kapasitas hingga 80% dapat diisi cepat dalam waktu 60 menit berkat terknologi Rapid Charge.

Other ThinkPad

Varian laptop Lenovo ThinkPad lain dengan prosesor Core i 8th Gen yang dipamerkan selama acara peluncuran.

Lenovo ThinkPad T480
Lenovo ThinkPad L380
Lenovo ThinkPad L280
Lenovo ThinkPad E480
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES