in: News | March 6, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Modder Berhasil Jalankan Coffee Lake Menggunakan Motherboard Chipset Seri 100/200

Salah satu pertanyaan besar para PC enthusiast adalah kenapa prosesor berbasis Coffee Lake tidak dapat dipasangkan pada motherboard yang menggunakan chipset seri 100/200. Untuk dapat menggunakan prosesor generasi kedelapan ini, pengguna harus menggunakan motherboard dengan chipset Z370 (pada saat berita ini ditulis, chipset series 300 lainnya belum hadir dipasaran). Chipset yang notabene high-end dan tentunya hanya terdapat di motherboard kelas atas. Tentunya yang paling jengkel adalah para pengguna model Z170 atau Z270 yang berharap masih dapat menggunakan motherboardnya untuk prosesor terbaru ini.

Alasan diberikan Intel adalah Coffee Lake memiliki kebutuhan kelistrikan yang berbeda karena mengusung core yang lebih tinggi. Banyak pihak yang tidak begitu percaya dengan pernyataan Intel ini. Beberapa fakta yang tidak mendukung pernyataan Intel. Fakta pertama adalah secara fisik socket LGA 1151 yang digunakan oleh chipset seri 100, 200 dan 300 identik. Kedua, apabila alasan intel adalah kebutuhan daya, apakah prosesor yang memiliki daya cukup rendah seperi Core i3 juga terpengaruh oleh kebutuhan daya tersebut? Jawaban Intel yang ambigu membuat banyak orang berspekulasi bahwa ketidak kompatibelan dari Coffee Lake dengan chipset seri sebelumnya hanyalah alasan yang dibuat Intel agar dapat menjual motherboard baru mereka.

Ternyata terbukti bahwa limitasi hardware yang digadang-gadang Intel hanyalah limitasi software belaka. Beberapa modder yang berasal dari forum Overclocker.net berhasil memodifikasi CPU microcode, iGPU UEFI GOP driver dan bagian tertentu dari bootstrap Management Engine yang ada di BIOS motherboard. Mereka berhasil membuat Coffee Lake berjalan di motherboard yang menggunakan chipset seri 100/200.

Modder yang bernama rootuser123, LittleHill, dsanke, elisw, Mov AX, dan 0xDEAD bukan hanya berhasil menjalankan prosesor baru di motherboard dengan chipset lama. Mereka juga berhasil mengatasi masalah stabilitas dan kompatibilitas yang terjadi.

Jika Anda ingin mencoba sendiri, mereka telah membuat guide yang bisa dilihat di sini

Perlu kami ingatkan bahwa modifikasi seperti ini mengandung resiko tersendiri dan hanya boleh dilakukan apabila Anda telah paham mengenai resiko tersebut. JagatReview tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi. Do it at your own risk!!!

Sumber: Techpowerup 

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES