in: News | March 19, 2018 | by: Bhisma Sidarto

ProGrade Nyatakan Akan Adopsi CFExpress, Tidak XQD

Mungkin Anda sudah mendengar nama ProGrade Digital. Perusahaan ini dibangun oleh mantan personel dari Lexar. Dengan membawa segudang pengalaman, perusahaan ini berusaha menghadirkan produk-produk terpercaya yang dapat diandalkan para profesional.

Dikabarkan bahwa perusahaan yang bergerak dibidang memory card ini tidak akan memproduksi XQD card dan akan langsung memproduksi media yang mengusung CFexpress. Standard XQD sendiri diperkenalkan pada tahun 2010 ini, mengusung PCI Express sebagai data transfer interfacenya. Kecepatan yang diusung XQD sendiri berkisar diangka 1 Gbit/s (125 MB/s) sampai 4Gbit/s(500 MB/S). Kapasitas yang mampu diusung sampai 2 TB. XQD version 2.0 diperkenalkan pada Juni 2012, mengusung interface PCI Express 3.0 dan kecepatan transfer hingga 8 Gbit/s (1000 MB/s). Sayangnya standard XQD tidak banyak diadopsi produsen. Hanya Sony (pada kamera broadcast mereka) dan Nikon ( D4, D4s, D5, D850 dan D500)yang mengadopsi teknologi ini. Akhirnya pada 7 September 2016, CompactFlash Association (CFA) mengumumkan penerus dari standard XQD yaitu CFexpress.

Sebagai penerus Lexar (satu-satunya produsen yang membuat XQD selain Sny), banyak pihak bertanya apakah ProGrade akan juga memproduksi XQD? Wes Brewer sebagai CEO dari ProGrade dengan tegas menyatakan bahwa mereka tidak akan memproduksi XQD dan akan mengadopsi standard CFexpress. Alasannya langkah ini adalah dengan mengadopsi CFexpress, ProGrade juga menjamin backward compatibity dengan XQD. CFexpress ternyata kompatibel dengan slot XQD tetapi hanya jika produsen dari kamera mengupgrade firmwarenya. Mengadopsi standard CFexpress juga lebih menguntungkan karena standard ini telah meggunakan dua jalur PCIe dan mendukung protokol NVMe yang menjamin kecepatan dua kali dari XQD.

Sebelum kartu yang menggunakan standard CFexpress, kamera-kamera yang menggunakan XQD harus mengandalkan kartu buatan Sony. Tanpa ada alternatif, kemungkinan besar kartu-kartu XQD akan dijual dengan harga yang cukup tinggi. Tentunya pengguna kamera dengan slot XQD bahwa CFexpress cepat dan produsen kamera seperti Nikon dan Sony memberikan upgrade firmware agak kompatibel dengan CFexpress.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES