in: Notebook / Laptop | March 26, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: AORUS X7 DT v7

Konsumsi Daya

Note: Total system power consumption (In Watts)

Dengan kemampuan perangkat catu daya menyuplai hingga 265 Watt, penggunaan daya Aorus X7 DT v7 memang mengejutkan bahkan dalam kondisi default. Pada skenario gaming tampak penggunaan daya hanya terpaut 7 Watt dari kapasitas maksimal power adapter Aorus X7 DT v7. Bahkan seluruh kemampuan charger Aorus X7 DT v7 terpakai dalam kondisi di overclock. Cukup mengejutkan memang jika kapasitas power adapter dapat digunakan seluruhnya. Umumnya konsumsi daya maksimal laptop akan berada beberapa puluh Watt di bawah kemampuan maksimal perangkat power adapter.

Battery Life

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 50% | Speaker Volume – 25 % | Airplane Mode – On (Video Playback) | WiFi On & Bluetooth Off (YouTube)

Default
Default

Masifnya kapasitas baterai Aorus X7 DT v7 dengan 94,24 Wh ternyata tidak banyak membantu memberikan waktu lebih panjang saat dioperasikan dengan tenaga baterai bahkan di skenario non-gaming. Di skenario non-gaming tampak Aorus X7 DT v7 dapat bertahan sekitar 2-3 jam dengan tenaga baterai. Cukup baik meskipun tidak terasa istimewa. Memang tidak aneh jika Aorus X7 DT v7 sangat rakus memakan daya baterai mengingat absennya fitur NVIDIA Optimus serta penggunaan prosesor dan graphics card kelas atas yang dipadukan dengan layar WQHD 120 Hz. Perlu diperhatikan pengujian di atas menggambarkan daya tahan baterai untuk aktivitas yang dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Untuk aktivitas yang dilakukan tidak secara terus menerus dengan memberikan jeda, daya tahan baterai seharusnya dapat bertahan lebih lama. Penggunaan sistem operasi, setting, dan aplikasi berbeda juga akan karakter penggunaan baterai akan berbeda. Akan tetapi cukup disayangkan proses pengisian batere memakan waktu lebih lama daripada saat menghabiskannya.

Sementara di skenario gaming penggunaan kapasitas baterai semasif itu tampak lebih terasa, Dengan spesifikasi hardware setinggi itu siapa menyangka daya tahan baterai dapat menyentuh angka nyaris 1,5 jam. Bahkan daya tahan baterai dapat diperpenjang hingga lebih dari 1,5 jam dengan mengaktifkan fitur Battery Boost.

Kesimpulan

Core i7 7820HK – Penggunaan tipe prosesor ini memang membuat sebuah laptop gaming terasa lebih istimewa. Dalam keadaan default performa Core i7 7820HK dapat dikatakan berbeda tipis dengan Core i7 7700HQ mengingat keduanya hanya dipisahkan clock speed sebesar 100 MHz. Akan tetapi dengan kemampuan istimewanya yang dapat di overclock, Core i7 7820HK yang sejatinya adalah prosesor laptop mampu menawarkan performa komputasi layaknya prosesor desktop. Pada pengujian kami, performa komputasi Core i7 7820HK meningkat sekitar 7% di atas kondisi default saat kami overclock ke titik maksimal dengan menggunakan utility Command & Control. Tidak terlalu signifikan memang tetapi untuk usaha overclocking dengan menggeser cara slider saja, kenaikan yang di dapatkan tergolong memuaskan. Kenaikan yang tidak signifikan juga tampaknya disebabkan gejala power throttling yang terus terjadi saat di overclock.

Kemampuan Core i7 7820HK dalam keadaan default sebenarnya sudah tergolong kencang. Dengan delapan buah thread dan kecepatan kerja 3,5 GHz saat empat core bekerja, Core i7 7820HK siap menangani komputasi berat baik di skenario gaming ataupun non-gaming. Cocok sekali untuk mereka yang berkutat di dunia 3D-modellingediting kelas profesional untuk gambar/video/audio, pembuatan animasi, CAD, dan masih banyak lagi. Performa Core i7 7820HK di Aorus X7 DT v7 pun terasa sangat optimal berkat konfigurasi dual channel dan penggunaan dua SSD PCIe NVMe sebagai storage utama tempat sistem operasi Windows. SSD pun membuat sistem menjadi lebih responsif sekaligus membuat proses loading aplikasi editing dan game menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan HDD.

GTX 1080 – Dibekali graphics card laptop paling kencang dimuka bumi saat ini, tidak aneh jika penampilan Aorus X7 DT v7 begitu memukau di skenario gaming. Game masa kini dapat dimainkan dengan nyaman berkat tingginya frame rate bahkan saat menggunakan resolusi native layar Aorus X7 DT v7, WQHD/2560 x 1440 piksel. Tingkat frame rate yang sangat tinggi di beberapa game pun sangat ideal saat dipadukan dengan layar 120 Hz yang membuat pengalaman memainkan game semakin sempurna dengan tampilan animasi pergerakan yang lebih mulus. Ditambah lagi dengan hadirnya teknologi NVIDIA G-SYNC yang mampu menghilangkan gejala image tearing, stuttering, dan input lag saat memainkan game. Masifnya kapasitas masif memori/VRAM GTX 1080 sebesat 8 GB pun membuat Aorus X7 DT v7 siap menangani game masa kini yang memakan banyak tempat di dalam chip GDDR5X. Dan tentu saja Aorus X7 DT v7 siap menjadi sistem untuk menampilkan konten VR (Virtual Reality) secara sempurna, yang dapat dibawa kemana saja dengan mudah.

Performa bawaan GTX 1080 pun masih ditingkatkan lagi dengan mudah cukup dengan menggeser slider pada utility Command & Control. Walaupun begitu dalam kondisi prosesor dan graphics di overclock, kami menemukan tidak semua game mendapatkan peningkatan performa, bahkan ada yang tetap sama atau malah sedikit turun.

Cooling Performance – Menjinakkan prosesor dan graphics card yang di overclock memang bukan pekerjaan mudah terlebih saat terjadi di laptop. Bahkan pekerjaan itu semakin menantang saat laptop menggunakan bodi tipis yang mempengaruhi ukuran sistem pendingin. Pada Aorus X7 DT v7, kami cukup terkejut dengan kemampuan sistem pendingin yang ada di dalamnya. Dengan temperatur kerja yang sangat tinggi saat kondisi di overclock, siapa menyangka jika kami tidak menemukan gejala ketidakstabilan atau mati secara tiba-tiba selama sesi pengujian Aorus X7 DT v7 berlangsung. Temperatur komponen graphics card memang tidak terlalu mengkhawatirkan tetapi lain halnya untuk prosesor yang dapat menyentuh angka di atas 90 °C. Saat melakukan komputasi berat, kami sarankan untuk selalu menggunakan kecepatan kipas 100%.

Overall – Laptop gaming Aorus X7 DT v7 dengan spesifikasi seperti tercantum di artikel ini dijual pada kisaran harga Rp. 64.999.000,- dengan menyertakan sistem operasi Windows 10. Dengan spesifikasi hardware setinggi itu dan fitur gaming mewah di dalamnya, tidak aneh jika laptop gaming ini memiliki harga jual setinggi itu. Harganya pun bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan laptop gaming merk lain dengan spesifikasi yang mirip.

Untuk Anda yang mencari laptop gaming dengan komponen prosesor dan graphics card paling kencang yang ada saat ini, Aorus X7 DT v7 akan menjadi salah satu pilihan menarik. Terlebih kemampuan setinggi itu disajikan dalam ukuran yang ramping dan bobot yang tidak terlampau berat. Laptop ini pun datang dengan sejumlah keunggulan yang mungkin sulit ditemukan pada merk lain dengan spesifikasi sejenis seperti tebal bodi hanya 2,54 cm, layar IPS 120 Hz dengan NVIDIA G-SYNC dan tingkat resolusi WQHD, keyboard khas Gigabyte/Aorus yang nyaman dipakai dengan tombol ukuran besar dan lampu backlit di setiap tombolnya, graphics card yang dapat di overclock, kecepatan kipas yang dapat diatur, dukungan NVIDIA Surround dengan tiga monitor, dan lainnya. Laptop gaming ini pun menghadirkan konektivitas transfer data super cepat dengan USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps), USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3.0 (40 Gbps), solusi jaringan dari Killer Networking, serta utility pendukung melimpah.

Kelebihan

(+) Cukup tipis untuk spesifikasi yang ditawarkan

(+) Bodi alumunium

(+) Siap untuk komputasi berat dengan Core i7 7820HK

(+) Kinerja gaming super kencang dengan GTX 1080 (non Max-Q)

(+) Prosesor dan graphics card dapat di overclock dengan mudah

(+) Temperatur kerja GTX 1080 tergolong rendah

(+) Kaki penyangga untuk sirkulasi udara lebih baik

(+) Kecepatan kipas dapat diatur

(+) Kapasitas memori/RAM bawaan besar

(+) Mendukung kapasitas memori/RAM hingga 64 GB

(+) Layar WQHD (2560×1440) 120 Hz dengan NVIDIA G-SYNC

(+) SSD PCIe NVMe

(+) Tiga port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)

(+) Satu port USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps)

(+) Satu port USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3.0 (40 Gbps)

(+) Keyboard dengan per-key RGB

(+) HDMI

(+) Display Port

(+) Mendukung NVIDIA Surround dengan tiga monitor

(+) Solusi jaringan dari Killer Networking

(+) Speaker dilengkapi dua subwoofer

(+) ESS SABRE Hi-Fi Audio DAC

(+) Area sisi kiri keyboard aman dari paparan panas tinggi saat menjalankan game

(+) Utility pendukung melimpah dengan fungsi lengkap

(+) Charger laptop sangat ringan dan ramping untuk kemampuannya

(+) Charger laptop dilengkapi port USB untuk pengisian daya

Kekurangan

(-) Temperatur prosesor tinggi

(-) Gejala power throttling prosesor saat di overclock membuat performa kurang maksimal

(-) Masih menggunakan panel TN untuk varian layar WQHD

(-) Ventilasi samping menimbulkan resiko paparan panas pada tangan saat menggunakan mouse

(-) Posisi tombol macro menyebabkan sering terjadi kesalahan tekan saat memainkan game

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES