in: Storage Devices | March 20, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: Samsung T3 SSD Portable 500GB

Berbicara soal produsen yang satu ini sepertinya memang tak pernah habis dalam membahas inovasi yang dilakukannya. Lihat saja jajaran produk smartphone milik Samsung yang sudah hadir di pasaran saat ini selalu hadir dengan inovasi baru dan lebih menarik. Tak kalah menariknya, produk storage berbasis NAND, SSD (Solid State Drive) yang ditawarkan Samsung juga mampu menarik minat masyarakat, khusus para enthusiast PC.

Pada 2016 lalu, Samsung sempat berinovasi dalam menghadirkan sebuah media penyimpanan SSD portable yang diberi nama Samsung T3 Portable. Perangkat tersebut tidak hanya berperan dalam menyimpan berbagai file, namun juga mampu menawarkan performa yang tinggi dalam melakukan proses transfer file. Tidak hanya itu, SSD Samsung T3 Portable ini ternyata memiliki peran penting lainnya juga. Penasaran soal fungsi apa saja yang dimiliki SSD portable dari Samsung ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Kemasan Samsung T3 Portable tampak depan
Kemasan Samsung T3 Portable tampak belakang
Paket penjualan Samsung T3 Portable

Samsung mengemas dengan apik dari SSD portable pertamanya ini. Baik dari tampilan depan maupun belakang, Anda akan mendapatkan beragam informasi seputar SSD eksternal dari Samsung ini. Mulai dari kapasitas yang dimiliki hingga performa dan beberapa fitur yang dimiliki. Pada paket penjualannya, Samsung menyertakan sebuah kabel konektor dan buku yang berisikan panduang penggunaan dan informasi seputar garansi yang dimiliki Samsung T3 Portable ini. Masa garansi yang ditawarkan Samsung pada SSD ekstarnalnya ini adalah 3 tahun.

SSD Samsung T3 Portable 500GB

Desain SSD Samsung T3 Portable ini cukup compact dengan dimensi ukuran sekitar 74(W) x 58(H) x 10.5(D) mm, sehingga tergolong memiliki ukuran cukup mungil. Bobot yang dimiliki SSD eksternal ini juga cukup ringan sekitar 51 gram. Meski memiliki desain yang compact, SSD eksternal ini juga memiliki desain yang tergolong cukup stylish dengan menggunakan bahan material logam yang ringan namun cukup kuat. Sang produsen pun ternyata merancang SSD portable miliknya ini tidak hanya mungil dan stylish, namun cukup tangguh. SSD ini mampu menahan benturan hingga 1500G. Di balik casing-nya tersebut dikabarkan bahwa SSD eksternal milik Samsung ini menggunakan SSD Samsung 850 EVO mSATA.

Soal performa yang ditawarkan, tentunya SSD eksternal milik Samsung ini mampu menawarkan performa transfer file yang cukup tinggi. Performa transfer yang ditawarkan SSD Samsung T3 Portable ini mencapai hingga 450 MB/s, 4x lebih cepat dibanding HDD eksternal. Performa yang dicapai tersebut berkat penggunaan konektor kabel dengan interface USB Type-C 3.1 Gen 1 to USB type-A. SSD eksternal yang bisa digunakan pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac dan Android ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan password protection (AES 256-bit hardware encryption). Mulai penasaran ingin tahu lebih jauh soal performa dari SSD Samsung T3 Portable ini? Berikut kami ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: