in: Storage Devices | March 5, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD WD Blue 3D NAND 1 TB

Sejak resmi mengakuisisi SanDisk tahun 2015 silam, WD (Western Digital) langsung menyatakan komitmennya untuk menghadapi persaingan storage berbasis NAND, yaitu SSD (Solid State Drive). Setelah mengumumkan beberapa jajaran SSD miliknya yang masuk ke dalam lini WD Blue, WD Green dan WD Black pada 2016 lalu, perusahaan storage ternama asal Amerika Serikat ini kini kembali menambah keluarga terbaru dari lini WD Blue Series. Yang membedakan SSD WD Blue terbaru ini dibanding sebelumnya, terletak pada penggunaan tipe chip yang digunakan, yaitu 3D NAND. Ingin tahu lebih lanjut seputar SSD WD Blue terbaru dengan chip 3D NAND ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda.

Paket Penjualan

Sebelum kita membahas soal SSD WD Blue terbaru dengan chip 3D NAND, berikut ini kami paparkan terlebih dahulu paket penjualan disajikan.

Box tampak depan
Box tampak belakang
Paket penjualan WD Blue 3D NAND

Kemasan yang tersaji dari lini SSD WD Blue terbaru ini masih mengusung desain yang sama dengan khas warna biru namun ukurannya menjadi lebih kecil. Pada bagian depan kemasannya, Anda dapat mengetahui beberapa informasi seputar SSD ini antara lain kapasitas yang dimiliki, masa garansi dan kecepatan Read/Write sequential yang ditawarkan. Pada paket penjualan yang tersaji, sang produsen menyertakan sebuah buku informasi mengenai garansi yang dimiliki SSD WD Blue 3D NAND ini. Selain itu, WD juga menyediakan software toolbox WD Dashboard dan Acronis True Image WD Edition Software yang dapat diunduh secara gratis melalui situs resmi WD. Software Acronis True Image WD Edition bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cloning, backup dan juga pengaturan data-data pada drive Anda.

SSD WD Blue 3D NAND 1 TB

Pada pertengahan 2017 lalu, WD resmi memperkenalkan keluarga terbaru dari lini SSD WD Blue yang kali ini telah dirancang berbeda dengan SSD WD Blue seri sebelumnya, karena dibekali dengan chip 3D NAND 64-layer. Penggunaan teknologi 3D NAND 64-layer pada SSD WD Blue ini diklaim mampu memberikan performa dan daya tahan yang sangat tinggi dibanding SSD yang masing mengusung 2D NAND. Selain itu, konsumsi daya yang dibutuhkan juga dianggap lebih rendah. Pihak WD menyatakan bahwa SSD terbaru andalannya ini ditargetkan untuk para konsumen yang membutuhkan performa tinggi pada PC mereka, khususnya para pelaku kreatif dan juga gamer.

Soal performa yang ditawarkan, SSD WD Blue 3D NAND berkapasitas 1 TB yang mampir ke meja pengujian kami ini sepertinya sedikit lebih unggul dibanding SSD WD Blue sebelumnya dengan menawarkan kecepatan Read sequential mencapai 560 MB/s dan 530 MB/s untuk sequential Write. Meskipun hanya berbeda pada penggunaan NAND, beberapa spesifikasi SSD WD Blue 3D NAND ini masih sama dengan SSD WD Blue pertama, di antaranya seperti kontroler Marvell 88SS1074 dan ketahanannya yang mencapai 400 TBW (untuk yang berkapasitas 1 TB).

Beberapa fitur esensial yang terbenam di SSD WD Blue 3D NAND telah tersemat di antaranya LDPC ECC yang dapat meminimalisir data error sehingga umur pakai dari SSD WD Blue ini menjadi lebih panjang serta tersedia fitur DEVSLP (Device Sleep) yang membuat SSD ini membutuhkan daya tidak terlalu besar, sehingga dapat menghemat daya baterai saat digunakan pada laptop. Sudah mulai penasaran dengan performa yang ditawarkan SSD Blue ini? Sebelum berpindah ke halaman pengujian, seperti biasa kami sajikan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan dalam menguji SSD ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES