in: Highlights - Storage Devices | March 28, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: WD My Passport SSD Portable 512 GB

WD memang langsung bergerak cepat menghadirkan SSD setelah resmi mengakuisisi SanDisk. Hal ini dilakukan demi mengejar ketertinggalan WD dari para pesaingnya. Tidak tanggung-tanggung, pada saat iu WD langsung menawarkan dua seri SSD pertamanya antara lain WD Green dan WD Blue sebagai tanda keseriusannya dalam menghadapi persaingan di pasar SSD. Dan kini WD kembali memperluas lagi koleksi media penyimpanannya dengan menghadirkan My Passport SSD Portable. Seperti apakah tampilan SSD eksternal dari produsen storage asal Amerika Serikat ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Kali ini kita akan membahas sebuah media penyimpanan portable dari WD berbasis SSD. Namun sebelum kita melangkah ke pembahasan tersebut, simak terlebih dahulu paket penjualan dari WD My Passport SSD Portable berikut ini.

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak belakang
Paket penjualan

WD My Passport SSD Portable

Resmi diperkenalkan pada 2017 lalu, My Passport SSD Portable menjadi keluarga terbaru dari jajaran storage eksternal milik WD yang masuk ke dalam My Passport Series. Akan tetapi, untuk media penyimpanan eksternal yang satu ini dirancang berbeda dari My Passport lainnya karena perangkat ini berbasiskan SSD di dalamnya. My Passport SSD Portable memiliki dimensi body yang cukup mungil dan kompak sekitar 45 x 90 x 10 mm. Dengan ukuran yang begitu mungil ini, sangat memudahkan bagi Anda untuk menyimpannya di mana saja, baik di saku celana sekali pun.

Meskipun My Passport SSD Portable memiliki ukuran yang mungil, sang produsen ternyata merancangnya dengan sangat apik sehingga perangkat ini memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap guncangan atau benturan.

Desain body dari My Passport SSD Portable pun ternyata dikemas menarik dengan tetap mengusung konsep desain yang sama dari My Passport Series. SSD eksternal milik WD ini mengkombinasikan dua warna di antaranya hitam dove dan silver dengan corak garis-garis melintang.

Soal performa, My Passport SSD Portable ini menjanjikan kecepatan transfer yang sangat cepat, yakni mencapai 515 MB/s. Performa yang diperolehnya itu berkat memanfaatkan interface USB 3.1 Gen 2 yang dimilikinya. Kabel yang dimiliki My Passport SSD Portable ini cukup unik, yaitu USB Type-C to Type-C. Namun WD menyediakan converter USB Type-C to Type-A.

WD My Passport SSD Portable saat terhubung ke smartphone via USB Type-C

WD juga telah melengkapi media penyimpanan eksternal mungilnya ini dengan dukungan software esensial miliknya seperti WD Discovery & Drive Utilities, WD Backup (Windows Only) dan WD Security. Melalui fitur keamanan WD Security, Anda bisa memproteksi My Passport SSD Portable ini dengan password agar tidak sembarang orang dapat mengakses data berharga yang ada di dalamnya. Sudah mulai penasaran dengan performa yang ditawarkan melalui pengujian yang kami lakukan? Langsung saja simak ke halaman berikutnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: