in: News | March 26, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Seagate Luncurkan Hard Drive Enterprise Helium 14 TB

Kapasitas dan ketahanan adalah dua hal yang sangat vital bagi solusi media penyimpanan untuk kalangan Enterprise. Kecepatan memang penting, tetapi apa gunanya kecepatan apabila drive yang digunakan mempunyai umur yang pendek. Berbagai metode dikembangkan untuk mendapatkan keseimbangan dari ketiga elemen yang penting dalam sebuah media penyimpanan, kapasitas, ketahanan dan kecepatan.

Inovasi terbaru datang dengan cara mengisi hard drive dengan helium. Dengan metode ini membuat hard drive harus kedap udara karena akan diisi helium. Secara tidak langsung membuat hard drive bebas dari kotoran. Hard drive butuh “bernapas”, jika dulu dia bernafas udara (O2) sekarang dia menghirup helium. Keuntungannya antara lain adalah helium memiliki 1/7 densitas dari udara yang membuat piringan hard disk bekerja lebih halus. Bekerja lebih halus tentunya membuatnya berumur lebih panjang. Dan membuat piringan bisa bekerja lebih kencang. Piringan hard drive yang bisa bekerja dihelium lebih banyak, sehingga kapasitas menjadi lebih besar.

Oleh karena itu Seagate sebagai salah satu produsen terbesar hard drive untuk enterprise mengeluarkan produk terbarunya. Produk tersebut adalah ExosTM X14 enterprise drive. Drive menyajikan kapasitas lebih besar dalam form factor 3.5 inchi. Exos drive ini mengusung teknologi HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording). Teknologi melibatkan laser kecil memanaskan permukaan piringan hard drive ke suhu 400 derajat celcius selama beberapa detik. Metode ini memungkinkan kapasitas hard drive menampung data lebih banyak, sampai dengan 2TB per square inch.

Diperuntukan untuk data center, Exos X14 dilengkapi dengan fitur keamanan Seagate SecureTM untuk mengenkripsi semua data didalam drive tanpa ada penurunan performance. Produk ini menawarkan kombinasi yang tepat antara kecepatan, kapasitas dan ketahanan dalam satu paket yang luar biasa.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES