in: News | March 6, 2018 | by: Bhisma Sidarto

Skor Coffee Lake Mobile Muncul Di Geekbench

Intel sedang mempersiapkan peluncuran prosesor generasi ke 8 untuk platform mobile. Mengikuti versi desktop, prosesor ini akan mengusung micro arsitektur yang dinamakan Coffee Lake. Prosesor mobile ini diperkirakan akan mengusung peningkatan jumlah core dan thread dan secara langsung meningkat performa dan tentunya dengan daya yang minim (mengingat ini prosesor mobile).

Prosesor yang hadir dalam benchmark Geekbench adalah Core i7-8750H. CPU ini memiliki enam core dengan dua belas thread. Base clock yang diusung adalah 2.2 GHz dengan turbo hingga 4.1 GHz. L3 cache yang diusung oleh prosesor ini adalah 9 MB dan semua ini dirangkum dalam prosesor yang mempunyai TDP 45 watt. Skor Geekbench yang diusung prosesor ini menunjukkan peningkatan 20% diatas pendahulunya Core i7-7700HQ dalam workload single-thread dan perbedaan 50% pada workload multi-thread. Kedua sistem dari Quanta yang mengusung prosesor baru ini mampu menghasilkan skor single-thread sebesar 4700 dan 5008, dengan skor multi-thread sebesar 17504 dan 20715. Sebuah sistem dari HP yang menggunakan 7700HQ menghasilkan skor 4980 untuk single-thread dan 19402 untuk multi-thread.

Arsitektur Coffee Lake masih merupakan penyempurnaan dari Kaby Lake. Seperti halnya pada prosesor dekstop, versi mobile dari prosesor ini kemungkinan besar akan mempunyai karakteristik yang sama. Peningkatan performa yang terjadi kemungkinan besar karena kenaikan jumlah core dan clock. Walaupun begitu melihat sebuah prosesor mobile mungusung enam core dengan dua belas thread dengan TDP hanya 45 Watt membuat kami menjadi penasaran bagaimana produsen notebook dan laptop mengintegrasi prosesor ini. Apakah kita akan melihat prosesor ini hanya muncul di laptop gaming? Atau akan mulai muncul laptop-laptop yang ditunjukkan untuk para konten kreator yang memang membutuhkan tenaga dari prosesor ini?

Sumber: Techpowerup

Tags: