in: News | April 11, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) & X1 Yoga (Gen 3)

Lenovo Indonesia akhirnya memasukkan jajaran produk laptop bisnis generasi terbaru mereka untuk pasar lokal. Tidak tanggung-tanggung, Lenovo Indonesia memboyong tiga seri produk yang mencakup ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad X1 Yoga, dan ThinkPad X1 Tablet. Untuk saat ini kita memang masih menantikan kedatangan ThinkPad X1 Tablet tetapi untuk dua produk lainnya, akhirnya kami mendapatkan kesempatan untuk mencobanya secara langsung di kantor Lenovo Indonesia.

ThinkPad X1 Carbon

ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) – Laptop ThinkPad X1 akhirnya memasuki generasi produk ke enam di tahun 2018 kali ini. ThinkPad X1 menawarkan form factor layaknya laptop konvensional pada umumnya. Seperti pendahulunya, Lenovo menyediakan pilihan bahan serat karbon untuk bodi ThinkPad X1 (Gen 6) meskipun terbatas untuk bagian sisi belakang layar saja. Selebihnya bodi ThinkPad X1 (Gen 6) menggunakan bahan magnesium alloy.

Seperti laptop premium lainnya, Lenovo menipiskan bezel layar ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) yang tidak hanya membuat penampilan lebih mewah tetapi juga membuat ukuran bodi laptop layar 14 inci ini seperti laptop layar 13 inci.

Layar HDR (Kanan)

ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) kini menawarkan pilihan panel layar IPS HDR yang menawarkan tingkat kecerahan sangat tinggi hingga 500 nits. Tingkat resolusi layar adalah WQHD/2560×1440 piksel dengan tingkat color gamut 100% yang memungkinkan reproduksi warna lebih kaya. Tersedia pula pilihan panel IPS konvensional Full HD dengan kemampuan touchscreen dan non-touchscreen. Istimewanya, untuk layar touchscreen, Lenovo menggunakan panel khusus tanpa lapisan tambahan di atas permukaan layar seperti layar touchscreen konvensinal, sehingga membuat layar tetap tipis dan ringan.

Laptop bisnis selalu datang dengan fitur keamanan yang lengkap tidak terkecuali ThinkPad X1 Carbon (Gen 6). Salah satu fitur keamanan unggulan tersebut adalah ThinkShutter yang memiliki fungsi agar tidak ada orang yang dapat mengintip aktivitas pengguna ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) melalui kamera laptop. Cara menggunakannya pun sangat mudah dengan hanya menggeser penutup kamera laptop yang telah disediakan. Efektif dan sederhana bukan?!

Fitur keamanan lainnya adalah langsung ditanamkannya security token dalam bentuk hardware ke dalam ThinkPad X1 Carbon (Gen 6). Security token dapat digunakan sebagai alat autentikasi tambahan saat melakukan login ke layanan tertentu seperti GMail, Facebook, atau lainnya. Saat sebuah akun sudah terikat ke security token, meskipun username dan password diketahui, proses login tidak dapat dilakukan di komputer yang tidak memiliki security token. Pada generasi sebelumnya security token hadir dalam bentuk perangkat USB yang harus dicolokkan saat akan digunakan.

Keyboard, touchpad, serta trackpoint khas ThinkPad Series tetap dipertahankan pada ThinkPad X1 Carbon (Gen 6). Keyboard dilengkapi backlit dengan cahaya putih dengan sejumlah tingkat kecerahan.

ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) – Varian ini dikhususkan untuk pengguna yang menginginkan sebuah perangkat multi fungsi yang dapat difungsikan sebagai laptop konvensional dan juga tablet. Seperti halnya ThinkPad X1 Carbon (Gen 6), ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) juga menyediakan pilihan layar sentuh dengan panel layar IPS HDR yang menawarkan tingkat kecerahan sangat tinggi hingga 500 nits. Tingkat resolusi layar adalah WQHD/2560×1440 piksel dengan tingkat color gamut 100%.

Salah satu fitur menarik ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) adalah saat menjadi tablet, tombol keyboard akan masuk ke dalam bodi laptop dan menjadi sejajar dengan permukaan bodi yang membuatnya tidak dapat ditekan. Membuat penggunaan pada mode laptop lebih nyaman.

Layar sentuh ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) juga dapat dioperasikan dengan menggunakan stylus. Bodi laptop pun menyediakan “rumah” untuk menyimpan sekaligus melakukan pengisian daya untuk stylus.

Tidak hanya menawarkan fitur keamanan standar dengan menggunakan sidik jari untuk melakukan login Windows, ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) juga menawarkan fitur keamanan dengan pengenalan wajah dengan tersedianya kamera laptop yang dilengkapi sensor sinar inframerah. Menariknya lagi, kamera laptop ini dapat melakukan eye tracking dengan menggunakan aplikasi Glance dari Mirametrix. Salah satu contoh penggunaannya pengguna dapat memindahkan sebuah window dari layar satu ke layar lain dengan menggerakkan mata/kepala.

Kelengkapan konektor yang disediakan ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) dan ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) mencakup dua konektor Type-C USB Thunderbolt 3.0, dan dua konektor Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps).

Dapat ditemukan pula konektor Full Sized HDMI, Gigabit Ethernet, dan juga audio jack.

ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) dan ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) juga menyediakan memory card reader untuk microSD yang menyatu dengan SIM Card. Sayangnya untuk pasar Indonesia modul celular network tidak disertakan.

ThinkPad X1 Carbon (Gen 6) dan ThinkPad X1 Yoga (Gen 3) sama-sama ditenagai prosesor Intel Core i 8th Gen U-Series Kaby Lake-R dengan pilihan tipe Core i7 8550U atau Core i5 8250U. Tentu saja prosesor tersebut menawarkan performa komputasi jauh lebih tinggi dibandingkan pandahulunya berkat penambahan jumlah core prosesor dua kali lipat. Prosesor tersebut dipadukan dengan memori/RAM LPDDR3 2133 MHz pada konfigurasi dual channel. Media penyimpanan data pun menggunakan solusi SSD PCIe NVMe yang dikenal mampu menawarkan kecepatan berkali lipat lebih kencang dibandingkan SSD SATA konvensinal. Tentu SSD membuat sistem sangat gesit dan responsif saat digunakan dan membuat proses loading menjadi sangat cepat.

Seluruh varian laptop ThinkPad pun diklaim telah lolos standar militer MIL-STD hingga 12 Main Test dan 21 Sub Test sehingga siap digunakan dalam kondisi paling ekstrim sekalipun.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES