in: Motherboard | April 20, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Colorful B360-HD Deluxe V20

Intel telah merilis tiga chipset baru mereka untuk platform berbasis prosesor Intel Core 8th Gen., awal April 2018 ini. Produsen motherboard pun cukup banyak mengeluarkan varian motherboard baru dengan ketiga chipset motherboard tersebut, yaitu H310, B360, dan H370. Salah satu yang bahkan sampai mengirimkan produk mereka ke lab. pengujian kami adalah Colorful.

Saat Intel Core 8th Gen pertama kali meluncur, Colorful juga sudah menawarkan motherboard mereka yang mendukungnya, dengan chipset Intel Z370, yaitu iGame Z370 Vulcan X V20, yang merupakan motherboard flagship miliki colorful. Namun, dengan munculnya tiga chipset terbaru dari Intel ini, Colorful merasa mereka juga harus merilis produk baru, dan lahirlah motherboard dengan chipset Intel B360 dengan nama C.B360M-HD Deluxe V20. Melihat tampilan motherboard ini, sangat terlihat bahwa motherboard ini merupakan motherboard yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan budget build.

Motherboard C.B360M-HD Deluxe V20 ini sendiri merupakan seri teratas untuk lini produk dengan chipset Intel B360 milik Colorful. Penasaran apa saja hal yang ditawarkan Colorful di motherboard tersebut? Ikuti pembahasan kami dalam artikel berikut ini!

Paket Penjualan

Colorful C.B360M-HD Deluxe V20 memiliki boks bewarna kombinasi hitam abu-abu. Tedapat juga tulisan BattleAX bewarna kuning di bagian depan. Sementara di bagian belakang box, mirip seperti boks motherboard pada umumnya, terdapat informasi terkiat beberapa fitur dari motherboard ini.

Untuk paket penjualan sendiri motherboard ini menawarkan paket penjualan yang minim, hal yang sangat wajar untuk sebuah motherboard budget oriented. Paket penjualan yang disertakan adalah:

  • I/O Shield
  • 2x Kabel SATA III 6 Gbps
  • CD Driver
  • Manual Book

Tampilan Fisik

Colorful C.B360M-HD Deluxe V20 ini hadir sebagai motherboard dengan form factor M-ATX (225 mm x 185 mm). PCB dari motherboard ini pun memiliki sablon putih logo kapak, sesuai dengan nama yang tertera pada box motherboard ini yaitu “BattleAX”. Motherboard ini memiliki PCB dengan warna hitam, dan hampir seluruh slot yang terdapat pada motherboard ini juga memiliki warna hitam.

Motherboard ini tidak dilengkapi dengan heatsink VRM. Hal ini sudah cukup sering terlihat, seperti di kebanyakan motherboard B250 yang beredar untuk kelas menengah ke bawah. Hal serupa tampaknya juga akan banyak kita lihat di jajaran motherboard Intel B360 dengan harga murah. Namun, di motherboard ini masih terdapat heatsink PCH yang berukuran kecil dan memiliki tulisan COLORFUL.

C.B360M-HD Deluxe V20 memiliki 2 slot DIMM DDR4 yang mendukung RAM dengan kecepatan maksimum DDR4-2666. Kecepatan ini merupakan kecepatan standar tertinggi yang didukung resmi prosesor Intel Coffee Lake, terutama untuk seri Non-K. Kapasitas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 32GB untuk konfigurasi 2 x 16GB, dengan jenis non-ECC Unbuffered DDR4.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki konektor 24-pin ATX dan 4 pin ATX-12V CPU. Peletakan 2 konektor ini berada di posisi yang dapat dikatakan sudah tepat untuk mempermudah instalasi di dalam casing. VRM di motherboard ini hadir dalam 5 phase dengan konfigurasi 4+1. Tanpa adanya heatsink VRM, motherboard ini sangatlah terlihat dibuat untuk mengejar budget build. Hal ini akan sedikit mengkhawatirkan bila pengguna menggunakan prosesor Intel Core 8th Gen yang memiliki 6 core, baik Core i5 ataupun Core i7. Kami sangat menyarankan jika Anda menggunakan prosesor tersebut, pastikan area VEM ini memiliki airflow yang baik, untuk menjaga suhu dari VRM motherboard ini.

Motherboard ini juga hanya menyediakan 2 buah fan header 4-pin. Keduanya diletakkan di bagian tengah motherboard dan tepat di sebelah kiri slot memori. Peletakan header fan ini terbilang cukup baik karena cukup mudah dijangkau oleh kabel fan dari pendingin prosesor, terutama untuk pengguna HSF.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags: