in: Motherboard | April 20, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Colorful B360-HD Deluxe V20

Kesimpulan

Sebagai motherboard B360 yang memiliki konsep budget oriented, Colorful C.B360M-HD Deluxe V20 hadir dengan tampilan sederhana, tetapi tetap menawarkan fitur-fitur dasar yang dibutuhkan saat ini. Motherboard ini sendiri memiliki kelengkapan I/O Panel yang lebih cukup, seperti dengan tersedianya 2 buah USB 3.1 Gen. 1, 2 buah USB 3.0, dan 2 buah USB 2.0. Kemudian juga motherboard ini memiliki 1 buah M.2 PCIe x4 yang mendukung teknologi NVME.

Selain jumlah port USB yang cukup banyak, di I/O Panel tersedia display output yang terbilang cukup lengkap. Motherboard ini memiliki opsi HDMI, DVI-D, dan VGA. Opsi ini bisa dikatakan lebih dari cukup, dan bahkan opsi seperti ini pun cukup jarang tersedia di motherboard dari kelas di atas Colorful C.B360M-HD Deluxe V20 ini sekalipun.

Kami sangat menghargai bahwa untuk motherboard kelas menengah bawah seperti ini kami masih melihat motherboard dengan 4 buah SATA III 6 Gbps. Terlebih lagi, 2 di antaranya memiliki angle 90°. Dengan port seperti ini akan sangat mempermudah instalasi storage bebasiskan SATA di dalam casing.

Terdapat LED di motherboard ini, yang ditempatkan di bawah area PCB untuk audio

Hal yang menurut kami cukup disayangkan dari motherboard ini adalah tidak terdapat heatsink untuk VRM. Kami merasa bahwa dengan konfigurasi VRM 5 phase (4+1) ini Anda masih bisa menjalankan prosesor Core i5 dan Core i7 Coffee Lake di motherboard ini. Namun Anda harus benar-benar memperhatikan dan memastikan airflow yang terdapat pada casing Anda sangatlah baik. Karena jika pada casing Anda tidak memiliki airflow yang baik maka kondisi VRM pada motherboard tanpa heatsink ini akanlah sangat menghawatirkan dan mungkin akan memberikan efek negatif kepada performa PC Anda untuk jangka waktu ke depan. Melihat hal tersebut, kami sangat menyarankan Anda jika ingin menggunakan motherboard ini, gunakanlah HSF, bukan Watercooling AIO, agar membantu airflow di sekitar VRM ini.

Kemudian juga dari sisi audio, kami melihat bahwa motherboard ini menggunakan Realtek ALC662. Hal yang sangat disayangkan, untuk sebuah motherboard B360 masih menggunakan Audio Codec generasi lama. Namun dari berbagai kekurangan yang dimiliki motherboard ini, Anda masih akan mendapatkan seluruh fitur lain yang mungkin tidak semuanya dimiliki motherboard lain di kelasnya. Ya, kami memahami bahwa motherboard ini ditujukan untuk penggunaan sistem entry-level dengan budget terbatas, di kelas menengah bawah. Oleh karena itu, dari sedikit pembahasan ini, kami mencoba memberikan beberapa solusi bagi Anda yang ingin menggunakan motherboard ini.

Sistem Pengujian

  • Processor: Intel Core i5 8400
  • Graphics Card: GeForce GTX 1080 Founders Edition
  • Memory: 2x 4 GB HyperX Fury 3466 @ 2666 MHz
  • Storage: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Corsair CX550M 550 Watt
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Display: AOC i2267F-Wh
  • Input: Generic Keyboard & Mouse
  • OS: Windows 10 1709 FCU Update
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES