in: Motherboard | April 24, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte B360M AORUS Gaming 3

Gelombang kehadiran motherboard dengan chipset Intel 300 Series baru, yaitu H310, B360, dan H370, ke lab. pengujian kami kembali berlanjut. Kini, giliran produk dari Gigabyte dengan chipset Intel B360 yang akan kami bahas. Produk tersebut adalah Gigabyte B360M AORUS Gaming 3. Sesuai namanya, produk ini masuk ke dalam lini gaming, dan disiapkan untuk kelas harga yang tidak terlalu tinggi.

Sebelumnya, kami sudah membahas motherboard baru lain dari Gigabyte, H370 Aorus Gaming 3, yang merupakan motherboard dari kelas yang lebih tinggi, karena menggunakan chipset Intel H370. Motherboard yang kami bahas kali ini menggunakan chipset Intel B360 yang memiliki opsi konektivitas dan ekspansi di bawah yang ditawarkan H370. Walaupun begitu, sebagai produk dari lini “Gaming 3”, motherboard yang satu ini tentunya juga hadir dengan fitur-fitur esensial untuk gamer. Mari kita lihat bersama apa saja yang ditawarkan Gigabyte di motherboard yang satu ini:

Paket Penjualan

Gigabyte B360M Aorus Gaming 3 ini hadir dengan box bewarna hitam beraksen warna orange khas lini AORUS. Terdapat logo Aorus yang cukup besar di sisi depan. Desain box ini kurang lebih masih ama dengan motherboard H370 Aorus Gaming 3 yang sudah kami bahas sebelumnya. Hal yang membedakan keduanya adalah box motherboard B360 Aorus Gaming 3 ini menggunakan warna glossy/mengkilap, sementara box H370 Aorus Gaming 3 menggunakan warna doff. Informasi beberapa fitur utama motherboard juga disertakan di sisi belakang dari motherboard ini.

Isi dari paket penjualan Gigabyte B360M Aorus Gaming 3 ini kurang lebih sama dengan beberapa motherboard kelas menengah Gigabyte yang lain. Berikut ini adalah isi dari paket penjualan motherboard tersebut:

  • 2x Kabel SATA
  • I/O Shield
  • CD Aplikasi/Driver
  • Manual Book

Sederhana sekali. Gigabyte hanya menyertakan perlengkapan dasar untuk paket penjualan motherboard B360M Aorus Gaming 3 ini. Kelengkapan lain, yang umum dibutuhkan untuk penggunaan motherboard masa kini, seperti baut M.2, sudah terpasang ke motherboard.

Tampilan Fisik

Motherboard Gigabyte B360M Aorus Gaming 3 merupakan motherboard dengan ukuran M-ATX. Produk ini hadir dengan sedikit perubahan layout dan dari sisi striping color yang digunakan dibandingkan dengan pendahulunya Gigabyte B250M Gaming 3. Perubahan yang bisa langsung terlihat adalah striping color dengan sedikit aksen orange di heatsink VRM, sablon pada bewarna abu-abu pada PCB, dan desain baru untuk heatsink PCH. Gigabyte juga masih menyertakan RGB di motherboard ini, tetapi terbatas pada jalur isolasi area audio di PCB motherboard.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX dan 8 pin ATX-12v CPU. Peletakan konektor 8-pin menurut kami sudah berada pada posisi yang tepat. Sementara untuk konektor 24-pin, posisinya agak ke atas, sehingga bisa saja sedikit menganggu pemasangan di beberapa casing, terutama yang memiliki lubang cable management di posisi yang tidak sesuai dengan posisi konektor tersebut. VRM di motherboard ini dilindungi oleh heatsink VRM yang berukuran tidak terlalu besar, tetapi terbilang cukup kokoh.  Motherboard ini juga dilengkapi komponen VRM 6 phase. Dengan konfigurasi VRM 6 (4+2) phase ini, kami merasa ini sudah cukup untuk bisa mengakomodasi CPU 6-core Coffee Lake untuk seri non-K.

Terdapat 4 slot DIMM DDR4, yang mendukung memori DDR4 dengan kecepatan maksimal DDR4-2666. Kecepatan ini merupakan kecepatan standar tertinggi yang didukung resmi prosesor Intel Coffee Lake, terutama untuk seri Non-K. Kapasitas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis non-ECC Unbuffered DDR4. Keempat DIMM DDR4 ini tidak dilengkapi dengan Ultra Durable Memory Armor dan LED untuk RGB Fusion. Cukup dimengerti karena motherboard ini ditujukan untuk mengisi kelas ‘value oriented’.

Empat buah fan header 4-pin ditawarkan oleh motherboard ini. Terbilang cukup banyak untuk sebuah motherboard dengan ukuran M-ATX. Keempat fan header ini terdapat di area sisi-sisi motherboard, terbilang cukup mudah dijangkau. Seluruh fan header yang diberikan memungkinkan Anda memakai mode PWM untuk kipas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags: