in: Motherboard | April 24, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte B360M AORUS Gaming 3

Beralih ke sisi slot ekspansi. Motherboard ini memiliki slot ekspansi yang lebih dari cukup untuk motherboard Micro ATX. Terdapat 2 slot PCIe x16 Gen. 3, dengan konfigurasi x16 untuk slot pertama dan x4 untuk slot ke-2. Ada juga 1 slot PCIe x1. Untuk slot PCIe x16 teratas, Gigabyte memberikan PCIe Metal Shielding untuk memperkokoh slot PCIe untuk membantu menahan bobot graphics card berukuran besar dan berat.

Motherboard ini juga dilengkapi dengan tiga slot M.2, di mana salah satunya merupakan slot yang khusus ditujukan untuk modul WiFi. Sayangnya, di motherboard ini modul WiFi tersebut tidak disertakan, pengguna harus membelinya secara terpisah. Sementara dua slot M.2 yang lain bisa digunakan untuk menampung SSD, dengan slot pertama hanya mendukung mode PCIe (x2/x4) dan mendukung modul dengan panjang hingga 110 mm, sementara slot kedua mendukung mode PCIe (x2) dan SATA, dengan panjang hingga 80 mm. Tidak ada Ultra Durable Armor untuk M.2 di motherboard ini, dan hal itu terbilang wajar karena memang motherboard ini ditujukan untuk kelas harga yang tidak terlalu tinggi.

Sementara untuk konektor storage SATA, terdapat 6 port SATA III 6Gbps. Cukup disayangkan, semua konektor ini didesain menghadap ke atas, tidak ada yang memiliki angle 90°. Konektor dengan angle 90° bisa jadi akan membantu untuk perakitan ke dalam casing.

Di bagian panel I/O, motherboard ini menawarkan berbagai jenis konektor, yaitu:

  • 1x USB 3.1 Gen 2 Type A (Port warna merah)
  • 3x USB 3.1 Gen 1
  • 2x USB 2.0
  • 1x DVI-D Out
  • 1x HDMI Out
  • 1x Gigabit Ethernet
  • 1x PS/2 Combo
  • 1x set konektor audio 7.1 channel

Untuk solusi audio, sangat disayangkan Gigabyte/Aorus tidak meberikan sistem AMP-UP Audio pada motherboard ini. Chip codec yang diberikan pada motherboard ini adalah Realtek ALC892. Kami sangat mengharapkan bahwa sebagai motherboard Gaming, B360M Aorus Gaming 3 ini setidaknya menawarkan Realtek ALC1220. Bisa jadi hal ini dilakukan untuk semakin menekan harga jual dari motherboard ini.

Motherboard B360M Aorus Gaming 3 juga menawarkan fitur dual BIOS. Fitur ini akan mengijinkan sistem untuk tetap berjalan jika BIOS utama tidak dapat bekerja lagi atau rusak. Tersedia juga 4 buah Debug LED di kanan bawah motherboard, yang berfungsi sebagai penanda bila ada masalah saat proses booting. Motherboard ini juga tidak memiliki onboard button. Hal yang sangatlah wajar untuk sebuah motherboard ber-chipset B series.

Sisi belakang motherboard ini tampak polos. Hanya ada marking angka 4 di bagian pojok kanan bawah, yang menunjukan bahwa motherboard ini memiliki PCB 4 layer. Kembali, ini adalah hal yang sangat wajar untuk sebuah motherboard dengan chipset B Series.

GIGABYTE B360M AORUS Gaming 3
CPU Support 8th Gen Intel CoreTM / PentiumTM Gold / Celeron ® Processor
CPU Socket LGA 1151
Chipset Intel B360
Graphics Interface 2x PCIe 3.0 x16 slot
Display Interface HDMI & DVI-D
Memory Type Dual Channel DDR4
Memory DIMM 4 DIMMS
Expansion Slot 1x PCIe 3.0 x1
SATA/M.2 6 SATA III / 2 M.2 for SSD
Audio ALC892
Form Factor M-ATX
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES